Pengen Jadi Game Maker? 5 Bahasa Pemrograman Ini Wajib Kamu Kuasai

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 03 July 2017, 16:00
Kali ini Jaka akan membahas mengenai bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat game. Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Saat ini permainan video atau game adalah salah satu hiburan paling asyik untuk dimainkan. Hampir semua orang dari berbagai rentang usia menyukai game, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, di balik serunya sebuah game, tahukah kamu kalau ada proses rumit dalam pembuatannya?

Salah satu proses rumit tersebut adalah proses coding yang mengharuskan sang pengembang menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu. Saat ini ada puluhan bahasa pemrograman. Namun, tahukah kamu bahasa pemrograman apa saja yang biasa digunakan untuk membuat game? Nah, kali ini Jaka akan membahas mengenai bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat game. Berikut ini pembahasan selengkapnya.

BACA JUGA
  • Ingin Jadi Hacker? Ini Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Pelajari

Pengen Jadi Game Maker? 5 Bahasa Pemrograman Ini Wajib Kamu Kuasai

1. C++

C++ masih menjadi bahasa pemrograman yang paling populer yang digunakan untuk membuat game. Alasannya karena hampir semua platform mendukung penggunaan bahasa pemrograman yang satu ini, mulai dari PC, smartphone, sampai dengan konsol.

Ditambah lagi dengan banyaknya game engine yang memang mendukung penggunaan bahasa C++ sebagai bahasa utama pengembangan game. Beberapa game engine populer seperti Unreal dan Unity mendukung C++.

2. Java

Sudah menjadi rahasia umum di kalangan pengembang game bahwa Java adalah salah satu bahasa pemrograman favorit untuk membuat game. Bahkan di mata kuliah, Java sering digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk membuat game.

Alasannya adalah karena Java bisa berjalan di banyak platform, mulai dari PC sampai dengan smartphone. Selain itu, Java juga merupakan bahasa yang relatif lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.

3. Objective C

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini game dapat berjalan di banyak perangkat, termasuk perangkat smartphone. Dan salah satu perangkat smartphone yang paling banyak digunakan adalah iPhone dan iPad.

Dengan populernya penggunaan iPhone dan iPad, hal tersebut membuat para pengembang game memanfaatkannya untuk membuat game untuk iPhone. Dan game untuk iPhone biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman Objective C. Jadi, bisa dikatakan Objective C adalah salah satu bahasa yang banyak digunakan untuk membuat game.

ADVERTISEMENT

4. C Sharp

C# (dibaca: C Sharp) juga merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer digunakan para pengembang untuk membuat game. Banyak game engine yang mendukung penggunaan bahasa ini, antara lain adalah Unity. C# juga banyak digunakan untuk mengembangkan game untuk konsol XBOX.

5. JavaScript

JavaScript bisa dinobatkan sebagai salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia. Dari statistik yang dibuat oleh GitHbub, JavaScript berhasil menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para pengembang.

Selain untuk membuat website, JavaScript juga banyak digunakan untuk membuat game. JavaScript biasanya digunakan untuk membuat game berbasis web. Selain itu, game engine seperti Unity juga mendukung penggunaan JavaScript untuk mengembangkan game untuk banyak platform.

Nah, itu dia 5 bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membuat game. Kira-kira game favorit kamu dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman apa ya? Apa kamu tahu? Silakan share di kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT

Dress Up Diary Berikan Hadiah Keren di Indonesia Games Championship 2017

Daftar Harga Paket Internet XL Terlengkap 2022, dari Kuota Terbaru Sampai Unlimited

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Kembali Keatas