Terungkap! 10 Asal Usul Sebenarnya Nama Teknologi Populer

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 07 October 2018, 19:00
Pernahkah kamu penasaran dan mencari tahu asal usul nama teknologi yang kamu gunakan sehari-hari? Berikut ini 10 asal usul nama teknologi yang populer digunakan.

Teknologi memang gak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, terutama di era modern ini.

Nyaris semua aktivitas kita kini menggunakan perangkat teknologi, seperti smartphone untuk berkomunikasi atau laptop untuk mengerjakan tugas kuliah.

BACA JUGA

    10 Asal Usul Nama Teknologi yang Kini Populer

    Tapi, pernahkah kamu memperhatikan nama-nama teknologi dan mencari tahu asal usulnya? Kenapa ada yang dinamakan bluetooth atau Windows?

    Berikut ini 10 asal usul nama teknologi yang kini populer digunakan manusia.

    1. Bluetooth

    Sumber foto: Sumber: Time

    Nama jaringan tanpa kabel yang seringkali kita gunakan untuk saling bertukar informasi ternyata berasal dari julukan seorang raja?

    Harald Gormsson yang merupakan seorang raja di daerah Skandinavia memiliki julukan Bluetooth karena salah satu gigi matinya yang berwarna biru.

    2. Windows

    Enggak perlu susah-susah membayangkan asal-muasal nama Windows pada OS buatan Microsoft ini.

    Bukan dari nama seorang raja seperti bluetooth atau kejadian unik semisal pegawai Microsoft tersangkut di jendela, pemberian nama Windows sesimpel berasal dari tampilan interface komputer zaman dulu yang terdiri dari pilar atau sekat yang tampak seperti jendela.

    ADVERTISEMENT

    3. Javascript

    Sebelum memutuskan memberi nama Java, teknologi yang satu ini sejatinya bernama Mochascript.

    Enggak ada hubungannya sama Pulau Jawa, nama Java dipilih berdasarkan jenis kopi favorit para programmer penciptanya dan dirasa cukup komersil.

    4. Mozilla

    Nama Mozilla yang sering kita lihat sehari-hari pada browser Mozilla Firefox ternyata berasal dari gabungan dua monster legendaris yaitu Mozaic-Killer dan Godzilla, yang jika digabungkan menjadi Mozilla.

    5. Hotmail

    Nama ini adalah hasil kolaborasi pemikiran Jack Smith dan Sabeer Bhatia. Mereka yang ingin memberi embel-embel "mail" di belakang nama produk teknologi tersebut kemudian mendapati nama Hotmail yang juga diartikan sebagai kepanjangan "HTML".

    6. Fedora

    Produk teknologi Red Hat ternyata juga mengambil inspirasi untuk nama dari logo Red Hat. Fedora sendiri adalah jenis topi yang digunakan oleh pria di logo Red Hat.

    7. Corel

    Dr. Michael Cowpland adalah orang yang pertama kali memberikan nama Corel. Enggak memiliki arti atau kisah khusus, kata "Corel" ternyata merupakan singkatan dari COwpland REsearch Laboratory yang merupakan tempatnya bekerja.

    8. Adobe

    Kamu termasuk pengguna setia Photoshop atau software Adobe lainnya, tapi Enggak tau asal-usul nama Adobe itu sendiri?

    Nama ini ternyata diambil dari "Adobe Creek" yang merupakan sebuah sungai yang terletak di belakang rumah sang pembuat, John Warnock.

    9. Ubuntu

    Percaya gak percaya, nama salah satu produk teknologi Linux ini ternyata berasal dari sebuah kata Afrika. Ubuntu dalam bahasa Afrika memiliki arti "kemanusiaan untuk semua" atau "saya dibentuk oleh semua".

    10. Firewall

    Kamu pasti sering mendengar istilah yang satu ini, bukan? Kali ini, giliran kamu yang bertugas untuk mencari tahu asal-usul nama firewall dan sampaikan jawaban kamu melalui kolom komentar.

    Sulit menemukannya, kamu bisa mencarinya di artikel lainnya YouTube channel JalanTikus ya!

    Akhir Kata

    Itulah 10 asal-usul nama teknologi yang kini populer dan banyak digunakan manusia dalam aktivitas sehari-hari. Mana dari sepuluh nama teknologi di atas yang paling kamu gak sangka-sangka asal-usulnya?

    Atau ada nama teknologi lain yang asal usulnya juga gak kalah menarik? Bagikan di kolom komentar ya.

    Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

    ARTIKEL TERKAIT

    Cius dan Pake Emoji? Ini 20 Teknologi dengan Nama Paling Aneh

    APPS TERKAIT
    Sweet Selfie Candy New Name 2.20.323
    Apps Ufoto
    Ant Renamer 2.12.0
    Apps Antoine Potten
    Rons Renamer 2016.04.05.2050
    Apps Ron's Place Apps
    Noknok - Reveal contact names 3.5.5
    Apps Noknok Ltd
    Kembali Keatas