Sampai Ratusan Triliun! Ini 10 Akuisisi Termahal yang Pernah Dilakukan Oleh Google

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 13 Oktober 2017, 17:00
paling populer sehingga banyak yang mengetahuinya baik anak kecil hingga dewasa pasti pernah mengunjungi Google.

Siapa sih yang tidak tahu Google? Google merupakan situs mesin pencari paling populer sehingga banyak yang mengetahuinya baik anak kecil hingga dewasa pasti pernah mengunjungi Google.

Seperti yang sudah kita ketahui, Google merupakan salah satu situs terbesar, maka dari itu tidak jarang Google dianggap sebagai sang raja internet. Google pun memiliki banyak aplikasi seperti Gmail, Adsense, Admob, Google plus, dan masih banyak lagi. Nah di sini Jaka akan mencoba mengulas seberapa hebat Google dalam mengambil alis perusahaan, berikut adalah ulasan tentang akuisisi termahal yang pernah dilakukan Google!

BACA JUGA
  • 4 Trik Rahasia Google Play Store yang Pasti Belum Kamu Ketahui
  • 10 Trik Rahasia Google Search Yang Bikin Browsing Makin Seru (Part 1)
  • 5 Fungsi Rahasia Google Assistant Ini Pasti Belum Kamu Ketahui

Bikin Merinding! Ini Dia 10 Akuisisi Termahal yang Pernah Dilakukan Oleh Mbah Google

1. Apigee - Rp 8,3 triliun

Apigee adalah perusahaan terbesar dan bisa dikatakan masih terkait dengan software, hanya saja perusahaan ini berbeda, Apigee ini adalah perusahaan yang berbasis Silicon Valley mereka menyediakan API serta software analisis prediktif. Perusahan ini pernah diakuisisi google senilai Rp 8,3 triliun, gila bener ya mbah google.

2. Postini - Rp 8,3 triliun

Perusahan Postini ini sudah menjadi milik google sajak tahun 2017, Postini adalah layanan surat elektronik atau email keamanan sebuah situs serta pengarsipan yang dimiliki oleh google. Perusahan ini mempunyai nilai akuisisi yang terbilang besar juga yakni mencapai Rp 8,3 triliun jadi sama seperti Apigee.

3. ITA Software - Rp 9,3 triliun

Yang ketiga adalah ITA Software google juga telah mengakuisisi perusahaan ITA Software ini pada beberapa tahun lalu, nilai akuisisinya bukan lah main main yakni mencapai Rp 9,3 trilliun.

4. AdMob - Rp 10 triliun

AdMob dahulunya juga bukan milik google, AdMob ini adalah perusahaan periklanan mobile, perusahaan ini pada awalnya didirikan oleh seseorang yakni Omar Hamoui. AdMob sudah lama menjadi milik google dan pada saat itu diakuisisi senilai Rp 10 triliun, berarti jika kita lihat jumlah uang tersebut mencapai 10 mobil truk.

5. HTC - Rp 15 triliun

HTC merupakan perusahaan asal taiwan, saat ini HTC telah menjadi milik google, bisa dibilang baru atau belum lama diambil alih, google mengakuisisi HTC dengan harga fantastis! yakni senilai Rp 15 triliun.

6. Waze - Rp 17 triliun

Waze merupakan salah satu pesaing berat google maps, karena google selalu tersaingi dan muncul ketidakpuasan pada akhirnya google mengakuisisi Waze yang merupakan pesaing beratnya. Sejak tahun 2013 Waze sudah menjadi milik google yang diakuisisi sebesar Rp 17 triliun.

7. YouTube - Rp 21 triliun

YouTube merupakan layanan sharing video terpopuler yang tidak mungkin asing di telinga orang seluruh dunia, apalagi saat ini youtube sering sekali mengubah nasib hidup seseorang. Saat ini banyak sekali youtuber sukses yang mampu menghasilkan uang hanya dengan meng upload video, hal ini membuat youtube menjadi semakin dikenal. Nilai akuisisinya pun tidak main-main, YouTube telah diakuisisi sebesar Rp 21 triliun.

8. Double Click - Rp 41 triliun

Double Click adalah penyedia layanan penayangan periklanan yang ada di internet pada situs-situs tertentu. Merek-merek terkenal semacam apple dan microsoft mereka juga berlangganan pada layanan Double Click ini. Google mengeluarkan uang dengan nilai sangat tinggi untuk membeli Double Click yakni mencapai Rp 41 triliun.

9. Nest Labs - Rp 42 triliun

Nest Labs adalah salah satu perusahaan terbesar juga, produsen thermostat pintar terprogram yang mampu mengatur suatu tingkat pemanasan seperti deteksi atap, juga system keamanan lain. Untuk memiliki Nest Labs google mengakuisisi dengan nilai super besar hingga Rp 42 triliun.

10. Motorola - Rp 166 triliun

Sudah pasti semua orang tau tentang perusahaaan terbesar Motorola, Motorola ini telah diakuisisi google pada tahun 2011 dengan nilai super fantastis di mana memiliki nilai pembelian mencapai Rp 166 triliun, meskipun pada akhirnya Motorola dijual kembali oleh google namun pembelian Motorola menjadi sejarah terbesar mbah google dalam mengakuisisi perusahaaan.

Itulah ulasan tentang 10 akuisisi terbesar yang pernah dilakukan google. Melihat pengeluaran google dalam mengambil alih bisa dibilang cukup fantastis! Coba deh kamu bayangin gimana rasanya kalau kamu punya google dan apa yang akan kamu akuisisi?

ARTIKEL TERKAIT

5 Smartphone dengan Kamera 13MP Harga Murah, Mulai 800 Ribuan Loh!

8 Alasan Mengapa iPhone dan OS Lainnya Gak Akan Bisa Ngalahin Android

5 Smartphone Resolusi Kamera Tertinggi di Dunia, Sampai 100 Megapiksel!

11 Hoax Terbesar Video Game yang Merajalela di Seluruh Dunia

Cara Browsing Tanpa Koneksi Internet di Google Chrome Android

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
undefined
Kembali Keatas