5 Ajaran Sesat Berbasis Teknologi Ini Lebih Parah dari Kerajaan Ubur-Ubur

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Thursday, 16 August 2018, 09:00
Heboh dengan berbagai ajaran sesat atau agama baru yang kontroversial selama ini di Indonesia? Jangan kaget! Jaka akan kasih tau kamu 5 ajaran sesat berbasis teknologi yang pernah mengguncangkan dunia.

Teknologi gak bisa dipungkiri adalah salah satu aspek paling berpengaruh di kehidupan saat ini, terutama di era yang serba canggih. Bahkan, dari teknologi bisa lahir ajaran sesat hingga agama baru yang juga terbilang sesat lho!

Kali ini, Jaka akan kasih tau kamu lima ajaran sesat berbasis teknologi yang bikin heboh dunia.

BACA JUGA
  • Jangan Ditiru! Ini 5 Ajaran Sesat yang Ada di Video Game

5 Ajaran Sesat Berbasis Teknologi

Baru-baru ini sedang populer sebuah ajaran sesat di Indonesia yang dikenal dengan nama Kerajaan Ubur-Ubur. Ternyata, selama ini sudah banyak banget ajaran sesat yang menghebohkan dunia, bahkan yang berbasis alias berlandaskan pada teknologi lho! Lima aliran alias ajaran di bawah ini adalah contohnya. Cekidot!

1. Way of The Future

Anthony Levandowski adalah seorang mantan pegawai Google yang 'membelot' dan mendirikan sekaligus menjadi CEO dari sebuah ajaran baru yang diberi nama The Way of The Future. Inti dari kepercayaan ini adalah para penganutnya diajak untuk percaya dan menyembah Artificial Intelligence (AI) sebagai Tuhan.

Sumber foto: Edgy Labs

Aliran ini punya misi memberikan pengertian pada manusia supaya mereka gak takut sama AI. Aliran ini juga mengajarkan manusia untuk bisa hidup berdampingan dengan AI di masa depan. Ajaran ini sulit dipercaya mengingat Levandowski sendiri pernah dipecat Google lantaran membocorkan salah satu rahasia perusahaan ke Uber.

2. Cargo Cult

Aliran yang satu ini terbilang cukup populer karena dianut di berbagai daerah terpencil dunia. Cargo Cult, aliran yang muncul pasca Perang Dunia II. Berawal dari pihak militer yang sering menjatuhkan bahan makanan lewat pesawat kargo, penduduk asli yang kala itu masih sangat primitif kemudian menganggap pesawat kargo sebagai Tuhan, yang selalu mengirimkan bantuan.

Sumber foto: Skeptical Agile

Hingga kini masih banyak daerah yang penduduk aslinya menganut agama ini lho.! Bahkan ternyata, mereka kerap melakukan ritual aneh dengan bertujuan memanggil pesawat kargo untuk mengirimkan bahan makanan dan bantuan lainnya pada mereka.

Tiga ajaran berikutnya lebih bikin tercengang lagi! Cek di halaman selanjutnya..

ADVERTISEMENT

3. Scientology

Meski banyak dihujat, aliran ini ternyata banyak dianut public figure lho! Sebut aja nama-nama besar Hollywood semisal Will Smith dan Tom Cruise. Mereka menganut agama yang diciptakan pada tahun 1952 oleh seorang bernama Ron Hubbard.

Sumber foto: Scientology

Scientology sendiri punya misi untuk membebaskan jiwa manusia yang disebut titan dengan menggunakan metode hipnosis. Kepercayaan pada titan dan metode yang digunakan tersebut jadi satu hal yang dipuja para penganutnya. Metode yang bertujuan membuang kenangan buruk di masa lalu tersebut diyakini menjadikan hidup mereka lebih baik.

4. Googlism

Sesuai namanya, aliran yang satu ini menjadikan Google sebagai Tuhannya. Matt MacPherson adalah dalang dibalik munculnya aliran Googlism. Dia menemukan sembilan alasan yang membuat Google layak menjadi Tuhan sebut aja karena Google tahu segalanya, Google ada di mana-mana, Google bisa dilihat dan berbagai alasan pendukung lainnya.

Selama ini mayoritas orang memang akan bertanya pada Google soal apapun yang mereka ingin tahu. Tapi kalau sampai menjadikannya Tuhan?! Belakangan diketahui, aliran ini ternyata adalah parodi untuk menyindir orang-orang yang menganggap teknologi, termasuk Google lebih besar dari Tuhan yang notabene menciptakan mereka.

5. Angkasa Nauli

Angkasa Nauli adalah aliran atau agama lokal yang baru berdiri pada tahun 2017 di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Diciptakan oleh seorang dosen Universitas Mataram yang mulai meragukan agama asalnya, kemudian membuat sebuah agama yang menyembah angkasa luar.

Anehnya, dosen tersebut mengaku sebagai Tuhan dalam agamanya itu. Jika dia Tuhan, kenapa yang disembah harus angkasa luar? Lantas kenapa bukan dia sendiri yang katanya Tuhan disembah? Terbilang unik sekali ya manusia yang satu ini.

Akhir Kata

Itulah lima ajaran sesat alias agama baru yang dibuat dengan berbasis teknologi. Mana dari lima ajaran sesat di atas yang menurut kamu paling aneh dan gak masuk akal? Atau kamu pernah mendengar ajaran lain yang gak kalah absurd? Jangan lupa sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Internet Explorer 11.0 Windows 7
Apps Microsoft Corporation
Internet Download Manager 6.38 Build 2
Apps Tonec Inc.
Comodo Internet Security 8.4.0.5068
Apps Comodo
Internet Booster for Android 1.8
Apps TRUAPPS
Kembali Keatas