7 Cara Memanfaatkan Smartphone Android Jadul yang Tak Terpakai

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 03 Desember 2014, 11:40
Berikut adalah 7 cara memanfaatkan smartphone jadul agar lebih berguna untuk kegiatan sehari-hari.

Seberapa sering kamu membeli smartphone baru? Jawabnya bisa dua tahun sekali, setahun sekali, atau bahkan enam bulan sekali. Banyaknya model smartphone yang dirilis seringkali menjadi godaan ampuh bagi kita untuk segera membelinya.

Setelah membeli smartphone baru, biasanya smartphone lama akan dijual untuk menambal kekurangan dana membeli smartphone baru tadi. Namun, bagaimana jadinya jika smartphone yang kita gunakan adalah smartphone keluaran tiga tahun lalu yang notabene sudah tidak laku dijual?

Daripada hanya menyimpannya di dalam lemari, berikut adalah 7 cara memanfaatkan smartphone jadul agar lebih berguna untuk kegiatan sehari-hari:

Telepon WiFi

Kamu tak perlu menggunakan SIM card pada smartphone jadul yang kamu miliki. Di era serba WiFi seperti sekarang ini, kamu bisa menjadikannya sebagai alat komunikasi berbasis WiFi dengan meng-install aplikasi seperti Skype, WhatsApp, dan BBM. Tanpa SIM card, baterai smartphone juga jadi lebih irit.

Remote control

Biasanya, smartphone jadul masih memiliki port infrared. Nah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai remote control TV di rumah. Aplikasinya bisa kamu download langsung dari Google Play Store.

Pencatat resep masakan

Masih dengan memanfaatkan WiFi, kamu bisa tempatkan smartphone jadulmu di dapur, buat holder atau gantung di tembok. Fungsinya tak lain sebagai "contekan" daftar menu untuk memasak aneka jenis masakan.

GPS

Perangkat GPS murni dijual seharga Rp 1 juta hingga Rp 3 juta, namun kamu bisa menjadikan smartphone jadul sebagai perangkat GPS dengan meng-install aplikasi GPS yang bisa bekerja dengan sistem offline. Kamu bisa men-download peta lokasinya terlebih dahulu sehingga bisa menggunakannya tanpa koneksi internet.

Gameboy

Banyak orang yang menjadikan smartphone sebagai perangkat untuk bermain game kasual sekaligus alat komunikasi. Jika punya smartphone jadul yang tak terpakai, mengapa kamu tak menjadikannya sebagai "gameboy" untuk memainkan game-game kasual yang ada di Google Play Store.

ADVERTISEMENT

Media player

Dahulu kita mengenal Walkman yang fungsinya hanya untuk mendengarkan musik. Dengan smartphone jadul, kamu tak hanya bisa mendengarkan musik, namun juga bisa menonton video meski layarnya tak terlalu besar.

Jam weker

Zaman sekarang sudah sulit mencari jam weker, kecuali di hotel. Jika kamu punya smartphone jadul yang tak terpakai, menjadikannya sebagai jam weker untuk alarm mungkin jauh lebih berguna daripada hanya menyimpannya di dalam lemari.

Artikel Menarik Lainnya:

undefined
Kembali Keatas