5 Virus Komputer Paling Berbahaya Yang Pernah Ada

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 25 Desember 2014, 09:54
Sejak pertama kali jadi konsumsi umum, ada satu hal yang seperti tak bisa lepas dari dunia computer. Fenomena itu adalah virus.

Sejak pertama kali jadi konsumsi umum, ada satu hal yang seperti tak bisa lepas dari dunia computer. Fenomena itu adalah virus. Sebuah program malware yang bisa menduplikasi dan kemudian merusak hard drive. Seringkali virus-virus yang ada ini dibuat iseng dan menyebar begitu saja tanpa tujuan. Lalu, tiba-tiba menghilang dan berhenti merusak komputer.

Gosipnya sih dulu ye, virus ini dibuat dari perusahaan komputernya sendiri agar pengguna komputer jadi sering benerin komputer. Gak tau deh, gossip ini bener apa nggak. Sekarang sih udah agak jarang ya, jadi ini semacam nostalgia lagi, dimana virus komputer ngeganggu kerjaan kamu. Ini dia virus komputer paling berbahaya yang pernah ada:

Mydoom

Apakah Mydoom? Sebuah worm yang menyebar melalui email. Pertama kali dideteksi pada 2004 dan pada masanya merupakan virus yang paling cepat menyebar.

Gimana cara kerjanya? Mydoom bersembunyi sebagai sebuah email error yang dilengkapi dengan attachment. Ketika attachmentnya di klik, barulah virusnya berjalan dan mengambil data si korban dan kemudian menyebar ke buku alamat si korban.

Sobig.F

Apakah Sobig.F? Worm dan Trojan yang merusak komputer dengan Microsoft Word di tahun 2003.

Gimana cara kerjanya? Sama dengan Mydoom, berawal dari email dengan attachment di dalamnya.

ILOVEYOU

Apakah ILOVEYOU? Salah satu virus paling heboh pada masanya. Pertama kali tampil di Filipina dan membuat kocar kacir perusahaan besar di seluruh dunia.

Gimana cara kerjanya? Beredar melalui email dengan subject "ILOVEYOU" dan attachment "LOVE-LETTER-FOR-YOU.txt.vbs". Ketika penerima email mengklik file tersebut, virus menjalar dan mengubah file seperti JPG, DOC dan lainnya.

Code Red

Apakah Code Red? Worm yang menyerang kelemahan yang dimiliki OS Windows.

Gimana cara kerjanya? Worm ini menyerang secara acak 100 IP Adress sekaligus dan kemudian menyebar bahkan sampai merusak situs. Situs pemerintahan Amerika Serikat juga dirusak oleh virus ini.

Slammer

Apakah Slammer? Internet worm yang memperlambat traffic internet dan mengakibatkan internet host tak bekerja Gimana cara kerjanya? Menyerang server dengan menduplikasi ukuran virusnya setiap 8,5 detik. Menyerang IP address secara acak dan gak tanggung tanggung sistem kayak ATM Bank of America dan pusat nuklir di Ohio.

Nah, itu dia virus-virus paling berbahaya yang pernah ada. Untungnya sekarang udah jarang ya virus-virus gokil kayak di atas. Ada lagi yang pernah menjangkiti komputer kamu? Coba share di komen.

Artikel MBDC Lainnya:

AVG Free Edition (x86) 2015.0.5751 (32-bit)
Apps Antivirus & Security
DOWNLOAD
undefined
Kembali Keatas