5 Kesalahan di Game yang Tak Terlupakan, Ada yang Menghina Agama!

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 06 Desember 2020, 21:00
Apapun akan dilakukan biar suatu game laku, namun kumpulan game ini justru melakukan kesalahan yang tidak bisa dimaafkan. Kok bisa? Simak di sini!

Untuk membuat suatu game terkenal dan disukai banyak orang memang tidak mudah. Para developer dan tim pemasarannya harus memutar otak agar game tersebut laku.

Namun, apa jadinya kalau strategi yang seharusnya membuat game tersebut laris malah menjadi bumerang?

Entah itu adalah poster yang rasis, konten game yang kontroversial, ada-ada saja yang dilakukan tim pemasaran game berikut biar laku, namun justru membuat penggemarnya kesal.

Dilansir dari What Culture, berikut adalah 5 kesalahan game yang tak terlupakan bagi pemainnya hingga saat ini.

Kumpulan Kesalahan di Game yang Tak Terlupakan

Berikut adalah daftar kesalahan di game yang tak terlupakan saking kontroversialnya. Bahkan ada yang mengotori satu kota, sampai menghina agama!

1. Menaruh Iklan Game di Kuburan

Masih ingat dengan Acclaim? Perusahaan yang dulunya memiliki lisensi untuk game fighting Mortal Kombat, game WWE dan lainnya seakan-akan menghilang begitu saja.

Apa yang sebenarnya terjadi? Ternyata mereka dituntut karena melakukan kesalahan marketing yang keterlaluan. Mereka menaruh iklan game Shadowman 2nd Coming di kuburan sungguhan!

ADVERTISEMENT

Selain mengeksploitasi orang yang sudah meninggal untuk mendapatkan keuntungan, mereka juga membuat geram kerabat orang tersebut! Untungnya, iklan-iklan tersebut segera ditarik.

2. Bug Assassin's Creed

Bagi para veteran gamer PC, pasti sudah tidak asing dengan game open world Assassin's Creed.

Saat pertama kali dirilis, Assassin's Creed bagaikan udara segar dari Ubisoft yang berhasil menarik perhatian banyak pemain.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi sekuelnya yaitu Unity. Para pemain yang memiliki ekspektasi tinggi justru dikecewakan dengan banyak bug seperti karakter tanpa wajah di Assassin's Creed: Unity!

3. Menghina Agama di Hitman Absolution

Game yang mengandung kekerasan biasanya sudah biasa ditemukan. Namun, khusus untuk Hitman: Absolution, game ini sulit dimaafkan karena memiliki unsur kekerasan yang dipadu dengan penghinaan agama.

Di trailernya, ada adegan di mana Agent 47 membunuh sekumpulan wanita yang mengenakan pakaian religius. Selain itu, pakaian tersebut dimodifikasi sedemikian mungkin hingga ketat.

Tentunya, kedua unsur tersebut sukses membuat game ini mendapat kritikan pedas karena sexism, kekerasan dan penghinaan agama. Tidak heran kalau seri game ini terpaksa di-reboot.

4. Menyebabkan Kerusakan Lingkungan

Bagaimana suatu game bisa menyebabkan kerusakan lingkungan? Kasus ini terjadi pada perusahaan game THQ di Amerika Serikat.

Bukannya membuat orang-orang heboh dan ingin membeli game mereka, justru strategi marketing THQ dengan melepaskan 99 balon merah merepotkan seluruh penduduk San Fransisco.

Untungnya, sisa balon-balon tersebut bisa dibersihkan tanpa sisa. Hanya saja, prosesnya membutuhkan waktu yang lama yaitu hingga enam bulan!

5. Poster yang Rasis

Mungkin hal ini merupakan hal yang tidak disengajai oleh Sony, namun poster untuk perilisan konsol PSP versi putih ini memicu kemarahan masyarakat.

Seperti yang bisa dilihat di gambar, ada foto seorang wanita berkulit putih dengan pose yang lebih dominan di atas wanita berkulit gelap.

Hal ini langsung mendapat reaksi negatif ke Sony dari banyak orang, namun ternyata hal ini tidak mempengaruhi keuntungan penjualan PSP.

Akhir Kata

Kesalahan yang ada pada game di atas berakibat fatal. Walaupun akhirnya game tersebut diubah, ditarik ataupun mendapatkan reboot, namun semoga hal-hal tersebut menjadl pelajaran bagi para developer game lain.

Jadi, bagaimana menurutmu? Kesalahan game apa yang paling membuat kesal? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!

Baca artikel mengenai Game atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT

Viral Parodi Film Dewasa Cyberpunk 2077 Penuh Adegan Panas, Padahal Belum Rilis

Cara Menghilangkan Nama di Among Us, 100% WORKS!

Build Nasus Wild Rift Terbaik dan Terlengkap, Auto Bantai Musuh!

LoL Wild Rift Tier List Terbaru dan Paling Akurat, Jangan Salah Pilih Champion!

7 Combo Sinergi Magic Chess Mobile Legends Terbaik, Bikin Menang Terus!

Download Idle Arks MOD APK Terbaru 2021, Unlimited Wood & Money!

undefined
Kembali Keatas