24 Game Pokemon Terbaik dan Terlaris, Cocok Dimainkan Saat Santai!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 24 Agustus 2022, 18:45
Gemas sama karakter Pokemon? Nih, coba main game Pokemon terbaik dan terlaris tahun ini! Ada game unu untuk HP Android dan konsol Nintendo (GB, GBA, NDS, 3DS), dijamin lengkap!

Game Pokemon nggak pernah gagal mengambil perhatian semua orang. Tidak hanya para pecinta animenya, tapi juga gamers yang dari awal nggak mengikuti cerita kartun ini.

Game monster saku ini terinspirasi dari anime dengan judul sama karya Junichi Masuda. Karena kepopulerannya, game-game Pokemon terus dirilis dari tahun ke tahun.

Terbaru, game Nintendo Switch Pokemon Scarlet dan Pokemon Violet akan rilis 18 November mendatang. Nah, sambil menunggu game barunya, kamu bisa memainkan beberapa game Pokemon seru yang Jaka rekomendasikan di bawah ini!

1. Pokemon GO

Sumber foto: Nintendo - Pokemon GO

Tembus 100 juta unduhan di Google Play Store, Pokemon GO bisa dinobatkan menjadi game Pokemon Android online terlaris saat ini.

Pokemon GO memadukan unsur Augmented Reality (AR) sehingga bisa menggabungkan dunia virtual dengan kehidupan nyata. Tugasmu ialah berjelajah untuk mendapatkan berbagai koleksi Pokemon.

Kamu bisa mencari di lingkunganmu, mendatangi PokeStop, hingga bertarung lewat menu Gym Battle. Semakin sering jalan, semakin banyak koleksi Pokemonmu

Detail Pokemon GO
Developer Niantic, Inc.
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 98MB (belum termasuk data in-game)
Download 100.000.000+
Rating 4.2/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon GO di Google Play<<<

ADVERTISEMENT

2. Pokemon Masters EX

Sumber foto: Nintendo - Pokemon GO

Pokemon Masters EX dikembangkan oleh developer DeNA dan pertama kali dirilis secara global pada 29 Agustus 2019 untuk perangkat Android maupun iOS.

Game ber-genre role-playing game (RPG) ini memiliki format pertandingan 3 vs 3. Kamu harus melawan tim musuh dengan skill Pokemon yang kamu miliki untuk jadi pemenangnya.

Di game Pokemon Android ini kamu bisa memainkan karakter kamu bersama Pikachu. Ada juga karakter trainer lain dengan Pokemon khas mereka, seperti Misty dengan Staryu atau Brock dengan Onix. Yuk, coba download!

Detail Pokemon Masters EX
Developer DeNA Co., Ltd.
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 82MB (belum termasuk data in-game)
Download 5.000.000+
Rating 4.2/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon Masters EX<<<

Pokemon Master 1.7.1
Games RPG
DOWNLOAD

3. Pokemon TCG Online

Sumber foto: Nintendo - Pokemon TCG Online

Selain game konsol dan anime, Pokemon juga diadaptasi menjadi game kartu alias trading card game (TCG).

Buat kamu yang sudah bosan bermain kartu fisik, kamu bisa mencoba alternatif dengan bermain game Pokemon TCG Online. Di game ini kamu bisa mengoleksi kartu dengan membeli booster, mengatur deck, dan menantang pemain lainnya untuk mendapatkan hadiah, loh.

Game ini cocok banget untuk kamu penggemar kartu fisik. Tentunya, dengan karakter Pokemon, permainanmu akan semakin menyenangkan. Cobain untuk mengisi waktu luang, yuk!

Detail Pokemon TCG Online
Developer The Pokemon Company International
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 69MB (belum termasuk data in-game)
Download 1.000.000+
Rating 4.1/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon TCG Online<<<

Pokemon TCG Online Latest Version
Games Kartu Dire Wolf Digital LLC
DOWNLOAD

4. Pokemon Duel

Sumber foto: Nintendo - Pokemon Duel

Selanjutnya, ada Pokemon Duel yang punya gameplay mirip catur jawa. Di game ini, kamu bisa menggunakan bidak, berpindah tempat berdasarkan jalur, dan menyerang bidak lawan.

Pokemon Duel ini termasukgame ber-genre strategi yang mengharuskan kamu untuk membangun deck terkuat untuk dapat menghabisi semua musuh. Tantang dirimu dengan game ini, geng.

Detail Pokemon Duel
Developer The Pokemon Company
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 81MB (belum termasuk data in-game)
Download 10.000.000+
Rating 3.9/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon Duel<<<

Pokemon Duel 3.0.0
Games Strategi The Pokemon Company
DOWNLOAD

5. Pokemon Shuffle Mobile

Sumber foto: Nintendo - Pokemon Shuffle Mobile

Game lain yang bisa kamu coba adalah Pokemon Shuffle Mobile. Game ini termasuk ke dalamgame puzzle yang mirip seperti Candy Crush.

Bedanya, di sini kamu menggunakan karakter Pokemon, seperti Pikachu, Bulbasaur, Charmander, dan lainnya. Tugasmu cukup mencocokkan Pokemon yang sama dan kamu akan mendapatkan poin.

Ada berbagai level yang harus kamu lewati untuk bisa jadi pemenang. Tiap level tentu memiliki tantangannya masing-masing, tapi tetap bisa dilalui dengan menyenangkan. Yuk, coba download!

Detail Pokemon Shuffle Mobile
Developer The Pokemon Company
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 74MB (belum termasuk data in-game)
Download 10.000.000+
Rating 4.5/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon Shuffle Mobile<<<

Pokemon Shuffle Mobile 1.13.0
Games
DOWNLOAD

6. Pokemon Quest

Sumber foto: Nintendo - Pokemon Quest

Pokemon Quest dikembangkan oleh Game Freak dan didistribusikan pada tahun 2018 untuk telepon seluler. Game ini sudah berhasil mencetak lebih dari 7,5 juta download pada minggu pertama setelah diluncurkan.

Grafisnya hampir mirip seperti Minecraft dengan gaya voxelnya. Kamu bisa membangun apapun yang kamu mau dengan balok-balok dan kotak-kotak yang tersedia.

Game ini ringan karena misinya tidak begitu sulit, namun tetap bisa dinikmati. Silakan download game Pokemon Android 2022 ini secara gratis melalui link di bawah.

Detail Pokemon Quest
Developer The Pokemon Company
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 162MB(belum termasuk data in-game)
Download 10.000.000+
Rating 4.5/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon Quest<<<

7. Pokemon Cafe ReMix

Sumber foto: Nintendo - Pokemon Cafe ReMix

Kalau kamu gemar bermain game ala kafe, Jaka sarankan kamu untuk mencoba Pokemon Cafe ReMix. Game ini dirilis Juni 2020 lalu dan merupakan salah satu game Pokemon terbaik.

Kamu bertugas sebagai pemilik kafe yang harus sigap memecahkan puzzle demi bisa membuat makanan dan minuman lezat untuk pelangganmu.

Game ini juga punya grafis 3D yang menggemaskan, dijamin bikin kamu terhibur selama memainkannya!

Detail Pokemon Cafe ReMix
Developer The Pokemon Company
OS Minimal Android 6 ke atas
Ukuran 213MB (belum termasuk data in-game)
Download 5.000.000+
Rating 4.6/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon Cafe ReMix<<<

8. Pokemon UNITE

Sumber foto: Nintendo - Pokemon UNITE

Pokemon UNITE dirilis tahun 2021 oleh Pokemon Company dan dikembangkan oleh TiMi Studio. Di game ini, kamu akan membentuk tim berisi 5 monster lucu yang akan melawan monster lainnya.

Dua tim ini akan bertarung di pulau Aeos. Nah, nanti tim dengan poin terbanyak akan menang. Ada 30 jenis monster imut yang bisa kamu temukan.

Kamu bebas menentukan monster mana saja yang jadi anggota timmu. Bahkan, ada monster liar dengan kekuatan langka yang bisa kamu tangkap, loh.

Detail Pokemon UNITE
Developer The Pokemon Company
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 387MB (belum termasuk data in-game)
Download 10.000.000+
Rating 4.3/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon UNITE<<<

9. Pokemon Playhouse

Sumber foto: Nintendo - Pokemon Playhouse

Rekomendasi selanjutnya sebenarnya cocok buat anak usia 3 sampai 5 tahun, sih. Tapi, Pokemon Playhouse bisa kamu mainkan untuk mengisi waktu luang karena gameplaynya sederhana dan menyenangkan.

Kamu harus merawat lebih dari 50 monster saku lucu dengan baik. Jadi, game ini mirip kayak Tamagotchi gitu, geng. Monster-monster ini akan menjelajah banyak tempat seperti playground luar ruangan, gedung, dan lain-lain.

Tiap perawatan yang dilakukan ke monster ini membantu anak-anak untuk mengasah skill logika berpikir, memori visual, dan rasa tanggung jawab. Makanya cocok banget dimainkan anak-anak.

Detail Pokemon Playhouse
Developer The Pokemon Company
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran bervariasi tergantung perangkat
Download 5.000.000+
Rating 3.2/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon Playhouse<<<

10. Pokemon Smile

Sumber foto: Nintendo - Pokemon Smile

Sama seperti Pokemon Playhouse, Pokemon Smile juga disarankan untuk anak-anak usia 3 sampai 5 tahun. Di game ini, pemain harus membersihkan gigi monster saku lucu sampai plaknya hilang.

Tentu saja, tujuan game ini adalah melatih anak-anak untuk menggosok gigi dengan rutin. Setelah menyelesaikan misi, pemain bisa mengkoleksi Pokemon tersebut.

Ternyata, game Pokemon Android offline ini populer karena didownload lebih dari 1 juta kali di Google Play Store! Tertarik mencobanya?

Detail Pokemon Smile
Developer The Pokemon Company
OS Minimal Android 6 ke atas
Ukuran 108MB (belum termasuk data in-game)
Download 1.000.000+
Rating 4.5/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon Smile<<<

11. Pokemon Magikarp Jump

Sumber foto: Nintendo - Pokemon Magikarp Jump

Pokemon: Magikarp Jump dikembangkan oleh Select Button dan dirilis oleh The Pokemon Company pada Mei 2017. Game Android dan iOS ini juga punya gameplay sederhana seperti game Pokemon lainnya.

Kamu akan menangkap Magikarp dan melatihnya untuk memenangkan berbagai liga Magikarp. Supaya menang, ikanmu harus memiliki Jump Power yang tinggi.

Jump Power bisa ditingkatkan dengan melatih Magikarpmu secara rutin. Kamu juga bisa memberikan makanan berkualitas tinggi. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Detail Pokemon Magikarp Jump
Developer The Pokemon Company
OS Minimal Android 5 ke atas
Ukuran 98MB(belum termasuk data in-game)
Download 10.000.000+
Rating 4.7/5.0 (Google Play)

>>>Download Pokemon Magikarp Jump<<<

12. Pokemon Red/Green/Blue

Sumber foto: gloomwire.com - Pokemon Red/Green/Blue

Sebagai serial pertama, Pokemon Red/Green/Blue bisa menghasilkan pendapatan yang fantastis dengan melakukan penjualan hingga 31.38 juta kopi.

Dirilis untuk konsol GameBoy, game ini masih menggunakan format warna hitam-putih. Tugasmu sederhana, yaitu mengumpulkan ratusan Pokemon ke dalam Pokedex untuk dilatih jadi monster terkuat di seluruh daratan Kanto.

Meski terdengar simple, nyatanya kamu nggak bisa dengan mudah langsung mendapatkan Pokemon yang kamu inginkan. Oh ya, perbedaan antara versi Red/Green/Blue ini terletak pada warna Pokemonnya, geng. Kalau kamu download Pokemon Red, kamu hanya bisa memainkan Pokemon berwarna merah saja. Yuk, cobain!

Detail Pokemon Red/Green/Blue
Developer The Pokemon Company
Ukuran 11MB

13. Pokemon Gold and Silver

Sumber foto: usgamer.com - Pokemon Gold and Silver

Melanjutkan kesuksesan, seri kedua yakni Pokemon Gold and Silver juga mendapatkan penjualan hingga 23.10 juta kopi di seluruh dunia.

Sama seperti game sebelumnya, tugasmu di sini adalah menangkap lebih dari 100 Pokemon untuk dilatih, termasuk beberapa Pokemon legendaris seperti Ho-oh dan Lugia.

Pokemon Gold/Silver sudah dirilis untuk konsol GameBoy Color (GBC) dengan grafis warna 8-bit.

Detail Pokemon Gold and Silver
Developer The Pokemon Company
Ukuran 8MB

14. Pokemon Diamond and Pearl

Sumber foto: gamesradar.com - Pokemon Diamond and Pearl

Pokemon Diamond and Pearl merupakan game Pokemon NDS pertama yang dirilis dengan penambahan fitur untuk memaksimalkan layar sentuhnya.

Jika dulu untuk bertukar Pokemon kamu harus menggunakan kabel, di versi ini kamu bisa memanfaatkan fitur WiFi Connection pada NDS, loh. Pokemon Diamond/Pearl mampu mencatatkan penjualan hingga 17.67 juta kopi di seluruh dunia.

Detail Pokemon Diamond and Pearl
Developer The Pokemon Company
Ukuran 58MB

15. Pokemon X and Y

Sumber foto: youtube.com - Pokemon X and Y

Hadir untuk konsol Nintendo 3DS, Pokemon X and Y membuat para fans terkesima dengan membawa keindahan grafis 3D poligonal untuk serial game ini.

Dengan fitur tersebut membuat game Pokemon X and Y mendapatkan pendapatan hingga 16.37 juta kopi penjualan, geng.

Berbeda dibanding pendahulunya, pada game Pokemon terbaik ini tersedia fitur kustomisasi avatar yang lebih kompleks. Sehingga kamu bisa atur karakter trainer sesukamu!

Detail Pokemon X and Y
Developer The Pokemon Company
Ukuran 1.7GB

16. Pokemon Ruby and Sapphire

Sumber foto: hardcoregamer.com - Pokemon Ruby and Sapphire

Generasi ketiga dari Pokemon ini hadir untuk konsol portable GameBoy Advance (GBA) dengan judul Pokemon Ruby and Sapphire.

Game Pokemon GBA ini lebih menonjol pada segi grafis yang lebih karya warna, hingga hadirnya mekanisme Double Battle yang lebih seru. Pokemon Ruby/Sapphire pun mampu mendapatkan penjualan hingga 16.22 juta kopi, loh.

Detail Pokemon Ruby and Sapphire
Developer The Pokemon Company
Ukuran 10MB

17. Pokemon Sun and Moon

Sumber foto: metro.co.uk - Pokemon Sun and Moon

Sebagai bentuk penghargaan 20 tahun franchise Pokemon lahir, Pokemon Sun and Moon cukup memberikan perubahan signifikan dalam game Pokemon terbaik ini.

Setidaknya ada tiga fitur yang jadi highlight utama, yakni Battle Style, Battle Royale, dan Z-Moves untuk mengeluarkan serangan spesial jika jiwa Pokemon denganmu sudah menyatu. Pokemon Sun/Moon juga mendapatkan penjualan 16.14 juta kopi hingga saat ini.

Detail Pokemon Sun and Moon
Developer The Pokemon Company
Ukuran 1,8GB

18. Pokemon Black and White

Sumber foto: noobfeed.com - Pokemon Black and White

Sekuel game Pokemon terlaris berikutnya ada Pokemon Black and White yang dirilis pada 2010 silam.

Game Pokemon terbaik untuk konsol Nintendo DS ini sayangnya belum mampu mengalahkan seri sebelumnya dengan hanya mendapatkan penjualan 15.64 juta kopi.

Memang secara grafis belum banyak ubahan yang dibawa. Namun ada gameplay baru di mana ada sistem Rotation Battle untuk dapat menukar Pokemon saat kamu bertarung.

Detail Pokemon Black and White
Developer The Pokemon Company
Ukuran 128MB

19. Pokemon Yellow: Special Pikachu Edition

Sumber foto: youtube.com - Pokemon Yellow

Berbarengan seri perdananya, ada juga game Pokemon edisi khusus yang dirilis pada Pokemon Yellow: Special Pikachu Edition yang sukses terjual 14.64 juta kopi.

Secara gameplay, game ini sama seperti dengan seri Pokemon Red/Green/Blue untuk konsol GameBoy. Bedanya di sini kamu akan mendapatkan Pokemon starter, yakni Pikachu. Game Pokemon terlaris ini cocok banget buat kamu fanboy Pokemon tipe listrik menggemaskan yang satu ini.

Detail Pokemon Yellow: Special Pikachu Edition
Developer The Pokemon Company
Ukuran 500KB

20. Pokemon Omega Ruby and Alpha Sapphire

Sumber foto: sharkpuppet.com - Pokemon Omega Ruby and Alpha Sapphire

Kemudian, ada Pokemon Omega Ruby and Alpha Sapphire yang merupakan edisi remake yang kini hadir pada konsol Nintendo 3DS dan sukses terjual 14.17 juta kopi.

Berbeda dengan seri pendulunya, selain mengalami peningkatan grafis banyak pula fitur baru yang hadir seperti Mega Evolution, loh. Yuk, coba download game yang satu ini.

Detail Pokemon Omega Ruby and Alpha Sapphire
Developer The Pokemon Company
Ukuran 1,8GB

21. Pokemon Heart Gold and Soul Silver

Sumber foto: destructoid.com - Pokemon Heart Gold and Soul Silver

Sama seperti seri sebelumnya, Pokemon Heart Gold and Soul Silver adalah versi remake yang hadir untuk konsol Nintendo DS (NDS).

Game Pokemon terbaik ini cocok buat nostalgia main game jadul yang dulu menggunakan grafis 8-bit. Gameplaynya sama, namun hadir dengan grafis lebih baik dan fitur touchscreen.

Detail Pokemon Heart Gold and Soul Silver
Developer The Pokemon Company
Ukuran 256MB

22. Pokemon Brilliant Diamond and Pokemon Shining Pearl

Sumber foto: destructoid.com - Pokemon Brilliant Diamond and Pokemon Shining Pearl

Game Pokemon untuk Nintendo Switch masih terus diproduksi karena kepopulerannya, loh. Seperti Pokemon Brilliant Diamond and Pokemon Shining Pearl yang dirilis 19 November 2021 lalu.

Kamu bisa memilih Turtwig, Chimcar, atau Piplup sebagai Pokemon pertamamu. Mulailah berpetualang di wilayah Sinnoh dengan keindahan alam dan mitos-mitosnya! Kamu bahkan bisa bertemu dengan Pokemon legendaris Dialga atau Palkia, loh.

Detail Pokemon Brilliant Diamond and Pokemon Shining Pearl
Developer The Pokemon Company
Ukuran 6,7GB
Tanggal rilis 19 November 2021

23. Pokemon Legends: Arceus

Sumber foto: destructoid.com - Pokemon Legends: Arceus

Pokemon Legends: Arceus dikembangkan oleh GAME FREAK untuk konsol Nintendo Switch. Di game ini, kamu akan memulai petualanganmu di wilayah Hisui, yang di masa depan dikenal sebagai Sinnoh.

Untuk memulai gamenya, kamu harus belajar cara menangkap Pokemon. Kamu harus mempelajari karakteristiknya, bersembunyi, menyasar Poke Ball, dan membiarkannya terbang.

Detail Pokemon Legends: Arceus
Developer The Pokemon Company
Ukuran 13GB
Tanggal rilis 28 January 2022

24. Pokemon Scarlet and Pokemon Violet

Sumber foto: destructoid.com - Pokemon Scarlet and Pokemon Violet

Sama seperti Pokemon Legends: Arceus, game ini dikembangkan oleh GAME FREAK dan menjadi game terbaru dari seri RPG Pokemon. Tapi, game ini baru akan dirilis 18 November mendatang.

Nantinya, kamu bisa memilih satu diantara 3 Pokemon yang tersedia, yaitu Sprigatito, Fire Croc, dan Quaxly untuk memulai permainan. Game ini tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, hingga China tradisional!

Detail Pokemon Legends: Arceus
Developer The Pokemon Company
Ukuran 10GB
Tanggal rilis 18 November 2022

24 Game Pokemon Terbaik dan Terlaris Versi JalanTikus

Oke, geng, setelah penjelasan panjang lebar di atas, Jaka akan merinci game Pokemon terbaik dan terlaris yang bisa kamu mainkan di saat waktu luang. Yuk, simak daftarnya di bawah!

  1. Pokemon GO
  2. Pokemon Masters EX
  3. Pokemon TCG Online
  4. Pokemon Duel
  5. Pokemon Shuffle Mobile
  6. Pokemon Quest
  7. Pokemon Cafe ReMix
  8. Pokemon UNITE
  9. Pokemon Playhouse
  10. Pokemon Smile
  11. Pokemon Magikarp Jump
  12. Pokemon Red/Green/Blue
  13. Pokemon Gold and Silver
  14. Pokemon Diamond and Pearl
  15. Pokemon X and Y
  16. Pokemon Ruby and Sapphire
  17. Pokemon Sun and Moon
  18. Pokemon Black and White
  19. Pokemon Yellow: Special Pikachu Edition
  20. Pokemon Omega Ruby and Alpha Sapphire
  21. Pokemon Heart Gold and Soul Silver
  22. Pokemon Brilliant Diamond and Pokemon Shining Pearl
  23. Pokemon Legends: Arceus
  24. Pokemon Scarlet and Pokemon Violet

Video: Game yang Mengandung Unsur Illuminati, Pokemon Termasuk?

Akhir Kata

Demikian rekomendasi game Pokemon yang bisa kamu coba, geng. Kamu bisa pilih main main game genre apapun karena semuanya lengkap tersedia di artikel ini.

Ada sekitar 11 game yang bisa dimainkan di HP Android dan 10 game yang bisa kamu mainkan dengan emulator Nintendo DS. Semuanya sama-sama seru dan menantang!

Sebelum mendownload, pastikan perangkatmu punya kapasitas penyimpanan yang cukup, ya, supaya mainnya nggak ngelag. Selamat mencoba!

Baca juga artikel Tips, Games, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

undefined
Kembali Keatas