9 Game Burik Sepanjang Masa, Baru Semenit Langsung Uninstall!

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Thursday, 21 July 2022, 10:00
Game burik sepanjang sejarah berikut ini bakal merusak kebahagiaan kamu setelah dimainkan. Penasaran apa game burik versi Jaka? Yuk, simak!

Seiring kemajuan teknologi, para pengembang game berlomba-lomba untuk menciptakan game terbaik bagi para pemain. Meski demikian, masih banyak game burik dengan kualitas grafis jelek yang membuat matamu tidak nyaman saat memainkannya.

Sebagai pencinta game, kamu tentunya juga tidak ingin memainkan game dengan visual buruk atau gameplay yang begitu-itu saja. Apalagi jika plot atau cerita yang melatari gamenya terasa klise, buru-buru deh uninstall.

Belum lagi jika sering terjadi bug saat bermain game, pasti itu mengganggu kenyamananmu. Ini kemungkinan disebabkan para pengembang game tidak melakukan update untuk memperbaiki berbagai bug di dalamnya.

Buat kamu yang penasaran game burik apa saja yang sebaiknya tidak kamu mainkan, tenang. Di artikel ini Jaka bakal kasih daftar game burik dengan kualitas di bawah standar. Simak terus ya, geng!

1. Runescape

Runescape adalah sebuah game MMORPG yang dikembangkan Jagex dan dirilis tahun 2001 tampil dengan grafis yang begitu buruk. Visual yang begitu buruk itu membuat game satu ini sangat tidak nyaman untuk dimainkan.

Selain itu, visualisasi karakter sampai tempat yang ditampilkan dalam Runescape terlalu mengganggu untuk para pemain karena animasinya kaku. Ditambah lagi, kontrol yang belum menggunakan analog seringkali menyulitkan para pemain untuk menggerakkan karakter.

Untungnya, gameplay yang keren sedikit menutupi keburukan grafis dari game yang satu ini. Meski demikian, beberapa pengguna mengeluhkan gameplay game ini yang tidak mobile friendly. Adanya pembatasan jumlah login juga membuat pemain kurang leluasa.

ADVERTISEMENT
Detail Runescape
Developer Jagex Games Studio
OS Minimum Android 8 ke atas
Ukuran 98,2MB
Download 1.000.000.000+
Rating 3.2/5.0 (Google Play)

Download Runescape di sini

2. Froggy Jump

Froggy Jump adalah game yang dikembangkan Invictus Games dengan gameplay yang tidak begitu menarik. Selain itu, sistem kontrol yang kompleks membuat para pemainnya kesulitan untuk memainkannya. Beberapa pemain akhirnya memilih menyerah.

Tidak hanya itu, kualitas grafik game ini juga begitu ala kadarnya. Pastinya buat kamu yang suka game dengan grafik HD bakalan tersiksa saat memainkan game petualangan satu ini.

Beberapa pengguna juga mengeluhkan sistem reward yang tidak konsisten. Saat pemain mendapatkan diamond, mereka mengaku kehilangan beberapa di antaranya meskipun tidak pernah memakainya. Ini tentunya menjadi error yang harus dituntaskan oleh pengembang game satu ini.

Detail Froggy Jump
Developer Invictus Games Ltd
OS Minimum Android 2.3 ke atas
Ukuran 26,76MB
Download 1.000.000.000+
Rating 4.0/5.0 (Google Play)

Download Froggy Jump di sini

3. Fruit Slice

Game ini sebenarnya cukup bagus. Jeleknya game ini adalah karena menjiplak game lain, yakni Fruit Ninja. Pengembang Abstract Game Studio ini memang meniru persis game potong buah yang sudah ada sebelumnya.

Gameplay yang dimainkan game Fruit Slice ini sama persis dengan Fruit Ninja. Kamu tidak akan melihat perbedaan di antara keduanya. Sistem reward yang diberikan juga hampir sama. Pastinya langkah menjiplak ini menunjukkan tidak adanya kreativitas di pihak pengembang game.

Meski meniru, tetapi game Fruit Slice ini kualitas grafiknya dinilai di bawah pendahulunya. Ini menjadi satu kelemahan yang dikeluhkan beberapa pemain. Selain itu, iklan dalam game ini juga dinilai terlalu banyak sehingga mengganggu para pemain.

Detail Fruit Slice
Developer Abstract Game Studio
OS Minimum Android 4.1 ke atas
Ukuran 34,46MB
Download 10.000.000.000+
Rating 4.1/5.0 (Google Play)

Download Fruit Slice di sini

4. Mahjong

Siapa yang tidak kenal game Mahjong. Game teka-teki ini memang sangat populer sejak diluncurkan. Meski demikian, beberapa pemain mengeluhkan beberapa aspek dari game ini yang membuatnya tidak begitu menarik dan menantang untuk dimainkan.

Meski permainannya begitu menghibur, tetapi level permainan Mahjong kurang begitu menantang. Pasalnya pengembang tidak menambahkan level lebih lanjut untuk dapat dimainkan. Alhasil, para pemain merasa game ini menjadi terlalu mudah.

Beberapa pengguna tidak nyaman dengan banyaknya iklan dalam game Mahjong. Mungkin karena penggunanya begitu banyak, makanya game ini menerapkan banyak iklan untuk pemasukan. Tetapi langkah itu membuat beberapa pemainnya merasa terganggu.

Detail Mahjong
Developer CanaryDroid
OS Minimum Android 4.0 ke atas
Ukuran 11,98MB
Download 10.000.000.000+
Rating 4.7/5.0 (Google Play)

Download Mahjong di sini

5. Line Let's Gets Rich

Line Let's Get Rich adalah game yang dikembangkan perusahaan terkenal, Line Corporation yang juga membuat aplikasi percakapan. Ketika awal game ini diluncurkan, sambutan pengguna begitu antusias. Bahkan hingga sekarang game ini sudah dimainkan 10 juta pemain lebih.

Seiring berjalannya waktu, game ini mendapatkan banyak kritik, mulai dari sistem yang tidak fair hingga iklan yang sering macet. Pemain juga mengeluhkan beberapa karakter yang di bawah ekspektasi.

Game ini dirasa tidak fair bagi pemain yang baru menggunakannya. Itu karena dalam melakukan match making game ini menggantungkan pada jumlah trofi yang didapat. Sedangkan jumlah trofi yang ditetapkan tidak ditentukan.

Detail Line Let's Get Rich
Developer Line Corporation
OS Minimum Android 4.1 ke atas
Ukuran 78MB
Download 50.000.000.000+
Rating 3,9/5.0 (Google Play)

Download Line Let's Get Rich di sini

6. F1 Mobile Racing

Game lain yang juga dirasa kurang menarik adalah F1 Mobile Racing. Game balapan satu ini dirasa tidak fair dan adanya bug dalam memainkannya. Ini pastinya bakal mengganggu kenyamanan kamu dalam bermain game.

Sebagian pengguna menyesalkan tidak adanya penalti bagi lawan AI yang keluar dari lintasan. Lalu, iklan yang muncul seringkali macet dan tidak bisa tuntas sehingga mengganggu. Ditambah lagi, harga yang ditetapkan untuk melakukan kustomisasi dirasa terlalu mahal.

Dengan jaringan internet lancar, pengguna masih kecewa karena terjadi rekoneksi berulang kali sehingga susah untuk masuk dalam mode-mode di dalam game. Cara untuk mendapatkan koin gratis juga dirasa cukup susah. Dengan semua alasan itu, game ini dianggap kurang menarik.

Detail F1 Mobile Racing
Developer Electronic Arts
OS Minimum Android 5 ke atas
Ukuran 1,2 GB
Download 10.000.000.000+
Rating 3.5/5.0 (Google Play)

Download F1 Mobile Racing di sini

7. Match Attax

Game burik selanjutnya adalah Match Attax. Game sepak bola satu ini memiliki beberapa kekurangan yang sering menjadi sasaran kritik pemain. Kekurangan itu mulai dari banyaknya bug, server error hingga formasi yang tidak bisa diterapkan.

Setelah dilakukan update, banyak pemain yang tidak bisa memasuki game lagi. Selain itu, loading game ini terbilang lama sehingga banyak pemain yang tidak sabar. Ada juga pemain yang masuk ke game dan akhirnya dipaksa keluar lagi.

Karena seringnya pemain yang tidak bisa log in dan memainkan game ini, rating di Playstorenya terbilang rendah, yakni 3,6. Dengan begitu, game ini dirasa jauh di bawah game sepak bola lainnya seperti FIFA atau PES.

Detail Match Attax
Developer Topps Euro Limited
OS Minimum Android 4.4 ke atas
Ukuran 100MB
Download 1.000.000.000+
Rating 3.6/5.0 (Google Play)

Download Match Attax di sini

8. Total Conquest

Game strategi satu ini begitu buruk dalam soal grafis. Buat kamu yang suka game dengan grafis yang tinggi, game satu ini tidak masuk dalam radar.

Selain itu, dalam game besutan Gameloft ini ada banyak bug yang terjadi, utamanya saat iklan. Pemain sering mengalami freeze saat iklan sedang berjalan. Ini tentunya sangat tidak nyaman bagi para pemain.

Beberapa efek seperti suara dan musik seringkali hilang saat bermain. Dari segi tampilan juga kurang ciamik untuk sebagian pengguna. Sepertinya Gameloft mesti meningkatkan kualitas grafis dan gameplay-nya untuk memanjakan para pemainnya.

Detail Total Conquest
Developer Gameloft SE
OS Minimum Android 4.1 ke atas
Ukuran 30MB
Download 10.000.000.000+
Rating 3.7/5.0 (Google Play)

Download Total Conquest di sini

8. Garena Free Fire

Free Fire jadi game yang sangat populer hari ini. Sebelum setenar sekarang, Free Fire pada awalnya bisa dikategorikan game burik. Ini karena kualitas grafisnya di bawah rata-rata. Pastinya buat kamu sering main FF tidak akan betah jika grafis game ini sejelek dulu.

Seiring berjalannya waktu Garena sering melakukan update. Selain memperbaiki kualitas grafis, Garena juga meningkatkan gameplay agar lebih menarik.

Beberapa bug yang mengganggu kenyamanan bermain juga diatasi dalam versi terbarunya. Kini Free Fire jadi game favorit utamanya bagi anak-anak. Grafisnya juga sudah jauh lebih baik.

Detail Free Fire
Developer Garena
OS Minimum Android 4.1 ke atas
Ukuran 356MB
Download 107.000.000.000+
Rating 4.1/5.0 (Google Play)

Download Free Fire di sini

Daftar Game Burik:

  1. Runescape
  2. Froggy Jump
  3. Fruit Slice
  4. Mahjong
  5. Line Let's Gets Rich
  6. F1 Mobile Racing
  7. Match Attax
  8. Total Conquest

Bonus: 20+ Game Android Terbaik 2022 + Link Download, Gak Kalah Sama Game Konsol!

Sumber foto: Game Burik

Nah, tidak cuma ulas soal game burik, Jaka juga bakal kasih rekomendasi game terbaik. Game Android terbaik kini memang banyak bermunculan dan tentunya diiringi dengan peningkatan kualitas yang cukup signifikan, seperti visual yang makin nyata layaknya film dan enggak bikin bosan.

Apalagi, kini berbagai game android juga menyesuaikan dengan spesifikasi HP yang juga makin canggih. Berbagai genre game, seperti petualangan, RPG, FPS, dan sebagainya.

Tentunya dengan kualitas grafis terbaik, jajaran game di bawah ini bakal memberikan kamu pengalaman bermain yang seru sekaligus mendebarkan. Daftar game terbaik versi Jaka bisa kamu simak di artikel di bawah ini:

20+ Game Android Terbaik 2022 + Link Download, Gak Kalah Sama Game Konsol!
Sedang mencari Game Android terbaik 2023? Simak rekomendasi game terbaik Android 2023 dengan grafis HD dan gameplay seru di sini.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa game burik yang diulas oleh Jaka. Selain dari sisi grafis, beberapa game burik di atas juga kualitas gameplay dan tampilannya rendah. Kira-kira game buruk apalagi yang bikin kamu kesel saat memainkannya?

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Grienda

ARTIKEL TERKAIT

15+ Game Multiplayer Offline Android Terbaik 2023, Mabar Seru Hemat Kuota!

7 Game Mirip Auto Chess untuk Android, Semuanya Cuma Niru Dota?

10 Game Kapal Perang Terbaik di Android, Gratis dan Realistis!

10 Game Arcade Terbaik untuk Android & iOS, Bisa Dimainkan Secara Online dan Offline

Kembali Keatas