Xiaomi vs Samsung: Merek Smartphone Mana yang Lebih Populer & Unggul?

Ditulis oleh Jaka - Senin, 18 Juli 2022, 22:00
Galau memilih antara smartphone Xiaomi dan Samsung? Tenang, simak perbandingan Xiaomi vs Samsung 2022 di sini untuk menambah prefernsi kamu!

Xiaomi vs Samsung kerap menjadi topik perdebatan panas dalam beberapa tahun terakir, terutama pada sektor smartphone. Kedua perusahaan ini pun tak jarang dibandingkan oleh para konsumen, geng.

Xiaomi dan Samsung memang masuk ke dalam jajaran merek smartphone terbaik di dunia. Berdasarkan data Statcounter GlobalStats per Mei 2022, Samsung meraih market share terbanyak di dunia dan Xiaomi diurutan ketiga.

Kedua pabrikan ini sama-sama rajin mengeluarkan model ponsel terbaru setiap tahunnya. Model Redmi dari Xiaomi dan Galaxy A dari Samsung menjadi ponsel favorit para pengguna Android di Tanah Air.

Secara personal, kamu mungkin memiliki standar dan preferensi sendiri terhadap dua produsen ini. Namun bagi kamu yang ingin menambah preferensi tersebut, simak perbandingan Xiaomi vs Samsung 2022 berikut ini!

Spesifikasi Xiaomi vs Samsung

Sumber foto: IST - Xiaomi vs Samsung

Berbicara aspek spesifikasi, keduanya sama-sama punya banyak model HP yang bisa memuaskan para konsumen. Namun harus diakui, Xiaomi jadi nama merek yang muncul ketika kamu memiliki dana pas-pasan tapi tetap tidak mengabaikan performa.

Bermodal uang Rp2 jutaan misalnya, pada merek Xiaomi kamu sudah bisa mendapatkan HP yang dibekali prosesor Snapdragon 636 atau Snapdragon 660. Sementara dengan kisaran harga sama, kamu akan mendapat HP Samsung Snapdragon 425.

Untuk mengetahui gambaran spesifikasinya, berikut Jaka tampilkan detail informasi kedua produsen ini. Sebagai perbandingannya, Jaka mengambil dua HP dengan harga Rp3 jutaan dari Xiaomi dan Samsung.

ADVERTISEMENT
Spesifikasi Redmi Note 10 Pro Galaxy A32 5G
Chipset Snapdragon 732G (8 nm) Dimensity 720 (7 nm)
Layar AMOLED TFT LCD
RAM 6/8GB 4/6/8GB
Memori Internal 64/128GB 64/128GB
Kamera Utama 108 MP 48 MP
OS Android 11 Android 11
Baterai 5.020 mAh 5.000 mAh
Harga Rp3.499.000 (6/64GB) Rp3.499.000 (6/128GB)

Kamera Xiaomi vs Samsung

Sumber foto: NextPit - Xiaomi vs Samsung

Di sektor ini, Samsung cukup mendapat banyak pujian karena punya inovasi lebih baik ketimbang Xiaomi. Dalam beberapa tahun terakhir, Samsung hampir selalu menyertakan kamera dengan kualitas yang tetap oke meski dalam kondisi minim cahaya.

Pada 2018, Samsung melakukan gebrakan dengan meluncurkan HP pertama yang dibekali aperture lensa bisa diubah-ubah. Galaxy S9 adalah ponsel pertama dengan kamera utama yang punya dua aperture sekaligus.

Sementara bagi Xiaomi, mereka secara khsusus kerap menghadirkan teknologi kamera berkualitas super pada model "Ultra". HP kelas flagship dari Xiaomi sering dibekali pengaturan kamera dengan hasil memukau.

Mi 11 Ultra misalnya, menyuguhkan sensor wide Samsung ISOCELL berkekuatan 50 MP. Ya, menarik persaingan Xiaomi vs Samsung camera, karena Xiaomi masih menggunakan komponen vital dari pabrikan lain, terlebih kompetitor mereka.

Layar Xiaomi vs Samsung

Sumber foto: Eraspace - Xiaomi vs Samsung

Selain performa jeroan perangkat, layar menjadi bagian yang tak kalah penting sekarang ini karena bisa semakin mendukung pengalaman hiburan dan gaming. Di sektor ini, Samsung lebih baik karena kebanyakan modelnya sudah menggunakan layar Super AMOLED.

Sementara Xiaomi, rata-rata smartphone dari China ini masih menggunakan panel layar IPS LCD. Buat kamu yang belum mengetahui keunggulan layar Super AMOLED ketimbang IPS LCD, berikut detailnya.

Desain Xiaomi vs Samsung

Sumber foto: IST - Xiaomi vs Samsung

Sebenarnya, untuk sektor ini masing-masing dari kalian pasti memiliki selera dan preferensi yang berbeda-beda. Desain atau tampilan sebuah ponsel sejatintya lebih melibatkan aspek subjektif yang kental.

Xiaomi memiliki keunikannya sendiri dengan beberapa desain smartphone flagship yang berbeda dari model buatan merek populer lainnya. Salah satu yang paling menonjol adalah Xiaomi Mi Mix, dengan tampilan bezelless pertama sebelum tren desain ini populer seperti sekarang.

Sementara Samsung memiliki ciri khas yang terlihat jelas pada lini smartphone flagship-nya. Dimulai dari Galaxy S6 Edge, hingga kini HP Samsung kelas ini hadir dengan desain fisik pinggiran lengkung yang memberi nilai tambah pada aspek estetik.

Kepopuleran Xiaomi vs Samsung

Sumber foto: SamMobile - Xiaomi vs Samsung

Tak seperti Xiaomi vs Apple, persaingan Xiaomi menghadapi Samsung dalam beberapa tahun terakhir lebih terlihat nyata. Terbukti, baik Xiaomi dan Samsung selalu berada diposisi tiga besar dalam hal raihan market share global.

Sebenarnya, kedua merek ini memiliki jangkuan luas yang membuatnya sama-sama sangat populer di seluruh dunia. Namun untuk Xiaomi, nama pabrikan ini sudah menjadi sinonim dari smartphone terjangkau dengan spek yang unggul.

Di sisi lain, Samsung adalah pabrikan yang lebih dulu hadir di industri elektronik bahkan sebelum era smartphone tiba. Faktor ini membuat produsen asal Korea Selatan ini lebih populer secara umum.

Keduanya pun kini sedang bersaing ketat berkat melimpahnya model smartphone yang mereka luncurkan dengan segmentasi mulai dari low-end hingga high-end. Jadi, tak heran jika keduanya menjadi top of mind ketika berbicara HP Android saat ini.

Harga Xiaomi vs Samsung

Sumber foto: Android Authority - Xiaomi vs Samsung

Jaka sempat singgung beberapa kali, dari aspek ini Xiaomi lebih banyak memiliki model HP yang dibanderol dengan harga terjangkau. Menariknya, meski harga terjangkau, kamu bisa mendapatkan spek relatif unggul dibanding merek lain yang ada di kelasnya.

Sementara Samsung, meski sudah mulai memperbanyak model HP Android murah di pasaran, harus diakui spek yang dibawanya belum bisa bersaing dengan Xiaomi pada rentang harga sama.

Tak hanya saat dihadapkan dengan Samsung, Xiaomi saat ini memang menjadi merek yang lebih unggul ketika berbicara soal harga kompetitif. Dengan kisaran harga yang sama di kelasnya, kamu bisa mendapatkan HP spek lebih tinggi jika memilih Xiaomi.

Jadi, meski kedua HP ini punya spesifikasi yang kurang lebih sama, Xiaomi lebih unggul karena punya spesifikasi lebih tinggi. Tak heran, jika banyak pengguna ponsel entry-level lebih memilih Xiaomi daripada Samsung yang akan lebih menonjol pada segmen menengah ke atas.

Xiaomi vs Samsung: Mana yang Lebih Unggul di 2022?

Xiaomi vs Samsung sales tentunya dapat memengaruhi keberhasilan dari merek ponsel ini di pasaran. Hanya saja, terkadang perilaku konsumen sulit untuk diprediksi sehingga kerap menimbulkan anomali saat model tertentu dirilis.

Secara umum, keduanya punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu memiliki dana terbatas, akan lebih bijak untuk memilih Xiaomi karena tetap akan mendapatkan spek unggul di kelasnya.

Sebaliknya, jika memiliki dana lebih, Samsung bisa jadi pilihan utama karena merek ini menawarkan penggunaan jangka panjang yang lebih baik. Usia perangkat yang awet ini bisa menjadi faktor penting kamu dalam menentukan merek ponsel.

Dari segi performa, khususnya gaming, HP Xiaomi memiliki keunggulan karena dengan harga terjangkau kamu sudah bisa mendapatkan model yang kuat untuk aktivitas ini.

Namun dari segi layar, HP Samsung lebih baik berkat dukungan teknologi layar Super AMOLED yang lebih merata pada model-modelnya. Penggunaan panel layar ini bisa membuat konsumsi daya jauh lebih hemat.

Alhasil, kedua merek smartphone ini pun memiliki pasar atau segmentasinya masing-masing. Mana yang lebih baik? Pertanyaan ini tentunya hanya bisa dijawab oleh kamu, sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Akhir Kata

Perjalanan Xiaomi vs Samsung tampaknya tidak akan berakhir dalam waktu dekat, karena kedua merek ini sudah berhasil mengambil hati banyak konsumen. Baik di pasar global maupun Tanah Air, keduanya pun terus bersaing ketat.

Jadi, tidak ada jawaban definitif terkait opsi terbaik di antara Xiaomi dan Samsung. Semua tergantung pada selera, kebutuhan, preferensi, dan fitur yang ingin kamu dapatkan dari sebuah smartphone Android, geng.

Baca juga artikel POCO X3 Pro, OPPO A96, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar HP Terbaru Juli 2020 & Harga Resminya , Bagus Semua!

20 HP Android Murah Spek Dewa Terbaik & Terbaru 2022, Harga Mulai Rp1 Jutaan!

15 HP Terbaik 2021 Paling Populer, Mulai 1 Jutaan Doang!

35+ HP Gaming Murah Terbaik & Terbaru Tahun 2022, Mulai Rp1 Jutaan!

15 HP Samsung RAM 4GB Terbaik & Terbaru 2021, Mulai 1 Jutaan!

19 HP Samsung Terbaik & Terbaru 2022 Harga 2 Jutaan, Layar Sudah Super AMOLED!

undefined
Kembali Keatas