Berapa Ukuran Layar Smartphone yang Paling Nyaman Untuk Digunakan?

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 26 April 2016, 18:00
Bukan hanya spesifikasi dapur pacu yang saling beradu, ukuran layar smartphone pun semakin beragam. Lantas, berapa ukuran layar smartphone yang paling sesuai?

Semakin banyaknya smartphone baru yang diproduksi oleh vendor setiap waktunya, membuat pilihan saat akan membeli smartphone baru pun semakin mudah. Menariknya vendor dengan cerdik bukan hanya menawarkan spesifikasi hardware atau software memukau, namun juga desain yang cantik dengan ukuran layar yang beragam.

Karena ukuran layar yang beragam, gadget pun mulai beragam namanya, ada yang menyebut smartphone, phablet, juga tablet. Tapi sebenarnya, berapa sih ukuran layar smartphone yang paling ideal untuk digunakan?

BACA JUGA
  • Berapa Besar Kapasitas Baterai Smartphone yang Kita Butuhkan?
  • Seberapa Besar Sih Memori Internal yang Kamu Butuhkan Untuk Sebuah Smartphone?
  • Pilih Mana, Android dengan Baterai Removable atau Non-removable?

Kelebihan dan Kekurangan Layar Smartphone yang Beragam

Tidak bisa dipungkiri, akhir-akhir ini hampir semua vendor memproduksi smartphone yang dibekali dengan layar luas. Bahkan iPhone yang dulunya konsisten dengan layar 4 inci pun ikut menghadirkan iPhone 6 yang dibekali layar seluas 4,7 inci dan 5,5 inci. "Bigger is always better", masihkah ungkapan ini berlaku?

1. Layar 4 - 4,5 inci

Bagi kamu yang suka aktivitas mobile, layar smartphone dengan luas 4 inci hingga 4,5 inci adalah pilihan yang tepat. Soalnya dengan layarnya yang terbilang kecil, membuat dimensi smartphonenya pun menjadi kecil.

Ukuran Layar Kelebihan Kekurangan
4 - 4,5 inci Dimensi jadi kecil

Pas dalam genggaman

Mudah mengetik dengan satu tangan
Layar terlalu kecil untuk nonton video atau main game

Kurang nyaman untuk membuat atau membaca dokumen

Layar 4,7 - 5,2 inci

Seiring tingkat ketergantungan smartphone yang semakin tinggi, smartphone dengan ukuran layar 4,7 hingga 5,2 inci cocok untuk menemani kamu kemanapun. Dengan ukurannya yang pas di kantong celana, membuatnya bisa dibawa kemanapun tanpa harus merasa ringkih. Di pasaran, smartphone dengan ukuran layar 4,7 hingga 5,2 inci ini bisa kamu temukan dengan mudah. Dengan ukuran segini kamu bisa mengetik dengan satu tangan tanpa harus menggunakan mode-mode khusus.

Ukuran Layar Kelebihan Kekurangan
4,7 - 5,2 inci Pas di kantong celana

Mudah mengetik dengan satu tangan

Nyaman membuat dan membaca dokumen
Terasa kurang puas untuk nonton video atau main game

Layar 5,5 - 6,5 inci

Untuk yang suka main game atau nonton video, ukuran smartphone (biasanya disebut phablet) dengan layar seluas 5,5 hingga 6,5 inci ini sangatlah pas. Sebagai pengingat, layar 6,4 inci ini diusung oleh Sony Xperia Z Ultra.

[gadget]930[/gadget]

Ukuran Layar Kelebihan Kekurangan
5,5 - 6,5 inci Nyaman digunakan nonton video atau main game

Membaca dan membuat dokumen semakin mudah
Tidak nyaman digunakan dengan satu tangan

Tidak nyaman di kantong celana

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan dari masing-masing rentang ukuran layar. Lantas, smartphone dengan rentang layar berapa yang paling sesuai untuk digunakan sehari-hari?

ADVERTISEMENT

Ukuran Layar Smartphone yang Paling Sesuai

Setelah menyimak daftar kelebihan dan kekurangan dari masing-masing rentang layar smartphone tadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa ukuran layar smartphone yang paling sesuai adalah 4,7 inci hingga 5,2 inci. Hal ini juga senada dengan hasil surveY DeviceAtlas. Hasil surveYnya menyebutkan bahwa smartphone dengan ukuran layar 4,7 inci menjadi ukuran smartphone paling populer secara global.

Pasalnya dengan ukuran layar segitu kamu bisa mengetik nyaman walau menggunakan satu tangan. Dan lagi kamu bisa membawanya kemana pun tanpa harus merasa terbebani saat masuk kantong celana. Jika butuh banget, kamu bisa loh curi-curi mengetik sambil nyetir (tapi sebaiknya JANGAN MENGETIK SAAT BERKENDARA).

Menurutmu, smartphone dengan ukuran layar berapa inci yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu?

ARTIKEL TERKAIT

Perlu Gak Sih Pakai Anti Gores di Smartphone? Ini Jawabannya!

Perlu Gak Sih Pakai Antivirus di Android?

Cara Test HP Sony Xperia Anti Air Tanpa Perlu Direndam

Mitos-mitos Seputar Baterai dan Charging Yang Perlu Kamu Tahu FAKTA Sebenarnya

4 Fakta Tentang Keyboard yang Perlu Kamu Tahu

APPS TERKAIT
SCR Screen Recorder Pro
Apps Iwo Banas
Screener 1.2.3
Apps Toastcode
Screenshot Easy 1.4.24
Apps Ice Cold Apps
AZ Screen Recorder - No Root 5.5.8
Apps AZ Screen Recorder
undefined
Kembali Keatas