Tips Memilih VGA Card Murah Berkualitas Harga Mulai 1 Jutaan

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 17 Juni 2016, 15:00
GPU adalah sebuah komponen di dalam suatu PC yang berguna untuk memproses data visual yang akan dikirimkan langsung ke monitor. Kita kadang bingung untuk menentukan GPU dan memilih VGA Card mana yang cocok untuk kita.

GPU atau graphic processing unit adalah sebuah komponen di dalam suatu PC yang berguna untuk memproses data visual yang akan dikirimkan langsung ke monitor. Nah, untuk para gamers, hardware ini sangat penting, tetapi kita kadang bingung untuk menentukan GPU dan memilih VGA Card mana yang cocok untuk kita.

Terdapat dua vendor terkenal untuk segmen GPU yaitu AMD dan Nvidia. Keduanya memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Di sini Saya tidak memilih langsung GPU mana yang terbaik atau membandingkan antara AMD dan Nvidia, tetapi Saya akan mencocokan GPU mana yang cocok untuk budget kamu dan bagaimana cara memilih VGA murah serta berkualitas.

Berikut list yang Saya buat mulai dari low-end hingga high-end. Saya mengambil harga dari salah satu retailer hardware PC Indonesia. Budget di bawah hanya dialokasikan untuk GPU-nya saja.

BACA JUGA
  • 5 VGA Card Terbaik untuk Gaming Harga Murah 1 Jutaan
  • 10 VGA Gaming Terbaik AMD Radeon Harga 1 Jutaan
  • 10+ VGA Gaming Nvidia GeForce Terbaik Harga 1 Jutaan

Tips Memilih VGA Card Murah Berkualitas Harga Mulai 1 Jutaan

1. Budget 1 Jutaan

-R7 250X

Bisa dibilang budget untuk harga sekitaran 1 juta itu nanggung dalam memilih VGA murah. Jadi Saya sarankan menunggu dan menabung terlebih dahulu. Tapi untuk -R7 250X, GPU ini dapat melibas sebagian game Triple A dengan resolusi HD. GPU ini juga cocok kalo ingin bermain game mainstream seperti DotA 2, LOL, dan CS GO dengan high setting.

2. Budget 2 Jutaan

-GTX 950

Dua jutaan adalah budget gaming GPU yang cocok untuk game terbaru pada resolusi 1080p dengan setting High-Ultra tergantung game yang dimainkan. Dengan arsitektur Maxwell yang memiliki efisiensi yang cukup bagus dibanding generasi sebelumnya. Sebagai contoh performa, GPU ini dapat menjalankan Game terbaru Doom dengan resolusi 1080p ultra setting dengan frame per second kurang lebih 40. Saingannya R7 370 dapat dikalahkan dengan mudah oleh GPU ini.

3. Budget 3 Jutaan

-R9 380

Masuk ke kelas mid-end, GPU ini dapat menjalankan game Triple A dengan smooth pada resolusi 1080p (FPS 50-60). Bagi kamu yang memiliki monitor dengan panel 1440p, bisa memainkan game Triple A dengan graphics setting diturunkan ke high atau medium. Untuk game mainstream, kamu dapat menjalankan pada resolusi 1440p dengan setting ultra. Saingan dari Nvidia adalah GTX 960 yang kurang mendominasi dalam performa game.

-RX 480

Untuk optional, kamu bisa menunggu GPU yang satu ini untuk memilih VGA yang bagus. Arsitektur Polaris terbaru dengan 14nm FinFet, kamu pasti dapat gaming experience yang menjanjikan. GPU ini juga sudah SteamVR Ready sehingga bagi kamu yang ingin merasakan VR, GPU ini cocok digunakan. Menurut infonya, GPU ini akan rilis pada Akhir Juni atau Awal Juli.

4. Budget 4,5 Jutaan

-R9 390

Memiliki VRAM sebesar 8 GB, GPU ini sangat cocok untuk memainkan game Triple A dengan resolusi 1440p high-ultra setting. GPU ini sudah SteamVR ready. Dengan GPU ini kamu juga bisa merasakan sensasi gaming dengan resolusi 4K ultra setting untuk game mainstream. GPU ini juga memiliki predikat BEST VALUE jika dirata-ratakan FPS/Dollar. Saingannya yaitu GTX 970 dikalahkan dengan selisih 1-5 FPS pada resolusi 1440p dikarenakan GTX 970 hanya memiliki VRAM 3,5 GB.

5. Budget 7 Jutaan

-GTX 980

Budget ini sangat fleksibel dikarenakan tidak ada saingan head to head antara Nvidia dan AMD, tapi saya memilih yang paling value pada segmen ini. Memiliki potensi untuk memainkan game Triple A dengan resolusi 4K dengan medium to high setting.

-GTX 1070

Untuk optional dalam memilih VGA Card yang bagus, kamu dapat menunggu GTX 1070 ini meluncur ke Indonesia. Dengan arsitektur Pascal 16nm FinFet terbaru, GPU ini dapat mengalahkan TITAN X dan juga 980 Ti dalam beberapa game. Cukup mengesankan menurut Saya.

6. Budget 9-10 Jutaan

-GTX 980 TI

GPU yang cocok untuk gamers hardcore yang ingin ingin memainkan game dengan resolusi 4K High Ultra Setting.

7. Buget 10-12 Jutaan

-GTX 1080

GPU terbaru dari Nvidia yang menggunakan arsitektur Pascal dan juga memori terbaru GDDR5X, dengan clockspeed yang cukup memukau hingga dapat menyentuh angka 2Ghz. GPU ini sangat cocok untuk gaming pada panel 4K.

Memang sih, untuk memilih GPU dan VGA Card kembali kepada diri kamu sendiri. Tergantung game apa yang diinginkan. Lebih baik melihat-lihat review dan data para reviewer sebelum memutuskan membelinya.

ARTIKEL TERKAIT

10 VGA Gaming Terbaik 2016: Kualitas Bintang Lima, Harga Kaki Lima

Acer Predator 17, Laptop Gaming Murah dengan VGA GTX980 dan Prosesor Intel Skylake

Cek Kemampuan VGA Komputer dengan Software Ini

Mau Beli VGA Gaming? Perhatikan 8 HAL PENTING Ini

2 Tips Memperbaiki VGA Crash

APPS TERKAIT
Valley Benchmark 1.0
Apps Unigine
NVIDIA GeForce Drivers 347.52 WHQL Vista
Apps NVIDIA Corporation
AMD Catalyst Drivers 14.12 Windows 7
Apps AMD Inc
NVIDIA nForce 15.56 WHQL Vista
Apps NVIDIA Corporation
undefined
Kembali Keatas