Padahal Canggih, Tapi 4 Teknologi Ini Paling Sering Jadi Sasaran Serangan Hacker

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 20 October 2017, 17:00
Kini kita bisa melihat sekaligus merasakannya bagaimana teknologi terus mengalami peningkatan, khususnya di bidang teknologi informasi. Nah, saking banyaknya inovasi teknologi informasi yang bermunculan rupanya menimbulkan berbagai ancaman

Kini kita bisa melihat sekaligus merasakannya bagaimana teknologi terus mengalami peningkatan, khususnya di bidang teknologi informasi. Nah, saking banyaknya inovasi teknologi informasi yang bermunculan rupanya menimbulkan berbagai ancaman, khususnya menyangkut keamanan siber.

Keamanan siber berperan sangat penting dalam melindungi kepentingan konsumen. Namun di balik itu ada ancaman yang menyertainya, yakni para kelompok hacker yang berusaha membobolnya. Motif mereka bermacam-macam, mulai dari pencurian data hingga yang paling parah adalah pencurian uang. Kali ini Jaka ingin membahas beberapa teknologi tersebut yang kerap jadi sasaran empuk serangan hacker. Apa sajakah itu? Yuk simak berikut ini.

BACA JUGA

    1. Mobile Banking dan Fintech

    Menurut Kepala Tim Riset Analisis Keamanan Kaspersky, Yury Namestnikov, mengatakan jika Mobile Banking dan Fintech adalah teknologi yang kerap menjadi sasaran sporadis serangan hacker. Hal ini karena keduanya merupakan sebuah teknologi yang tergolong baru. Sehingga belum memiliki sistem keamanan yang begitu mapan. Dan kebanyakan, industri perbankan-lah yang banyak menggunakan kedua teknologi ini.

    Kemudian, ia menambahkan lagi bahwa industri perbankan khususnya di Asia masih sangat rentan sistem keamanan sibernya dan perhatian untuk kejahatan ini masih sangat rendah. Menurutnya, kerugian yang dapat ditaksir akibat serangan hacker ini dapat mencapai hingga lebih dari 10 juta Dollar Amerika, atau sekitar Rp 130 milyar.

    2. Operator Seluler

    Semakin banyaknya orang yang mulai bergantung dengan aktivitas digital membuat para hacker juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengambil keuntungan. Sehingga tak hanya perbankan saja yang kini menjadi incaran, bahkan operator seluler juga turut mereka serang.

    Hal ini ternyata diakui sendiri oleh Direktur dan SMO XL Axiata, Yessy Yoseta. Dia menuturkan bahwa setiap harinya terdapat lebih dari 500 serangan yang berasal dari pihak Anonim. Serangan itu selain menyerang touch point, mereka juga menyasar aplikasi yang langsung berhubungan dengan konsumen.

    3. Akun Media Sosial

    Selain dua teknologi yang telah disebut di atas, rupanya akun media sosial juga perlu diwaspadai dari serangan sporadis para hacker. Misalnya pada kasus serangan hacker di situs Yahoo yang sempat memuncaki populer post di beberapa media cetak dan digital.

    Seperti yang dikutip dari situs Ubergizmo, situs tersebut mengatakan bahwa sebanyak tiga miliar akun Yahoo telah diretas oleh sekelompok hacker. Ada pula diberitakan jika terdapat lebih dari 500 akun selebritas Hollywod yang berhasil diretas dan dijual di dark web. Akibat serangan sporadis tersebut, kini para perusahaan pemilik layanan sosial media berbondong-bondong meningkatkan sistem keamanan siber mereka.

    4. Situs Web Perusahaan

    Daftar teknologi terakhir yang kerap dijadikan aksi sporadis serangan hacker adalah situs web perusahaan. Meski ada banyak sekali situs web perusahaan yang bisa disebutkan di sini akibat ulah hacker, namun yang paling harus kita soroti adalah kasus serangan hacker yang menimpa perusahaan stasiun TV Kabel HBO.

    Rupanya perusahaan tersebut mengalami aksi sporadis serangan hacker yang berhasil meretas situs web dan server perusahaan. Diketahui para kelompok hacker yang menyerang tersebut berhasil mencuri data hingga 1,5 TB.

    Para hacker meminta tebusan sebesar 7,5 juta dollar Amerika atau mereka akan membocorkan data dan informasi yang berhasil mereka ambil ke internet. Namun karena tuntutan mereka tak dipenuhi, mereka akhirnya membocorkan sejumlah data penting, selain serial lengkap dari Game of Thrones, mereka juga membocorkan sejumlah data penting para pegawai termasuk data kesehatan dan perbankan mereka. Serem!

    ADVERTISEMENT
    ARTIKEL TERKAIT

    Waduh! 7 Hal Ini 90% Bisa Bikin Baterai Smartphone Meledak

    Meski Keren dan Canggih, 8 Inovasi Unik Smartphone Ini Gagal Sukses di Pasaran

    APPS TERKAIT
    Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
    Games Moonton
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    Kembali Keatas