7 Teknologi yang Menjadi Misi Paling Penting Dalam Sejarah NASA

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 31 Oktober 2017, 17:00
salah satu kiblat di dunia sebagai penelitian dan berbagai macam perkara mengenai luar angkasa.

NASA, merupakan lembaga antariksa milik negara Amerika Serikat. NASA juga menjadi salah satu kiblat di dunia sebagai penelitian dan berbagai macam perkara mengenai luar angkasa.

NASA sendiri sudah melakukan berbagai macam misi penting untuk dunia. Jaka telah menyusun 7 Misi Paling Penting Dalam Sejarah NASA. Simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA
  • 5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari
  • NASA Bakal Mendarat Lagi di Bulan, Buktikan Bumi Bulat?
  • Mau Jadi Astronot? Wajib Coba 20+ Software Dari NASA Ini, Gratis!

7 Misi Paling Penting Dalam Sejarah NASA

1. Apollo 11

Misi yang paling penting tak hanya bagi NASA tapi begitu monumental bagi kehidupan manusia adalah misi Apollo 11. Di mana untuk pertama kalinya manusia menginjakkan kakinya di bulan.

16 Juli 1969, Mike Collins, Buzz Aldrin, dan Neil Armstrong, menjadi manusia pertama yang menginjakkan kakinya di bulan, di mana diawali oleh Neil Armstrong, saat mendaratkan modul Eagle. Setidaknya ada 500 juta pasang mata di bumi, yang menyaksikan hal bersejarah ini melalui layar televisi.

2. Apollo 8

Sebelum Apollo 11, sudah ada misi ke bulan sebelumnya yang menggunakan awak, namun tidak mendarat, melainkan hanya mencapai orbitnya saja. Misi ini juga menjadi misi berawak kedua setelah Apollo 7.

21 Desember 1968, untuk pertama kalinya manusia mencapai orbit bulan, dengan diwakili Astronot Frank Borman, James Lovell, dan William Anders. Sama juga seperti Apollo 11, hampir mayoritas masyarakat di bumi, menyaksikkan misi ini melalui siaran langsung televisi.

3. Curiosity

Diluncurkan dari roket Atlas V pada akhir 2011, membawa seluruh keingintahuan manusia, di mana alat ini merupakan sistem dan alat yang paling maju yang pernah dibuat.

Alat ini berhasil mendarat di Mars pada bulan Agustus 2012 dengan bantuan sistem pendaratan yang inovatif. Tujuan dari alat ini adalah untuk mendapat data dari kondisi Mars dan dapat memutuskan bahwa Mars memiliki kondisi yang pas untuk kehidupan mikroba. Hasil dari misi ini pun didapati bahwa Mars mungkin pernah memiliki kehidupan mikroskopis, namun eksperimen masih terus berlanjut.

ADVERTISEMENT

4. Voyager I dan II

Diluncurkan pada akhir musim panas 1977 dari roket Titan-Centaur, Voyager berhasil bertemu dengan empat planet raksasa yang belum dijelajahi di tata surya terluar, yaitu Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus. Alat ini menjelajah planet-planet ini selama satu dekade.

Saat ini Voyager I berada pada ruang antar bintang dan Voyager II ada di Heliosheath, yang berjarak lebih dari 20 miliar kilometer dari bumi. Kedua alat tersebut, dilengkapi juga dengan rekaman fonograf yang membawa pesan dari bumi ke peradaban asing. Alat ini juga terus mentransmisikan data hingga sekarang kepada kita, manusia di bumi.

5. The ISS Missions

Stasiun Luar Angkasa Internasional atau yang lebih dikenal dengan ISS, merupakan simbol utama kerja sama internasional. Dengan Rusia yang mengirimkan modul pertama di akhir 1990-an, proyek ini dibangun selama lebih dari satu dekade.

Lalu NASA merupakan elemen kunci dalam pembangunan stasiun, membawa astronot dan bagian konstruksi dari seluruh dunia ke orbit, untuk difungsikan di stasiun. ISS saat ini mengorbit di ketinggian lebih dari 350 kilometer dan menempuh jarak lebih dari 8 kilometer per detik.

6. STS-1

Setelah sukses dengan program Apollo, NASA mencari hal besar berikutnya. Yaitu, adalah pesawat ruang angkasa, pesawat yang dapat digunakan kembali, yang mendarat seperti glider dan lepas landas seperti roket. Columbia adalah alat pertama yang diuji.

Berangkat pada tanggal 12 April 1981, yang diawaki oleh John Young dan Robert L. Crippen. Misi tersebut berlangsung selama dua hari, enam jam. Lalu pesawat tersebut kembali ke bumi, dan mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California.

7. Gemini IV

Misi Gemini adalah misi yang diluncurkan untuk mengetahui teknik dan apa saja yang dibutuhkan untuk pergi ke bulan.

Edward H. White II, pilot uji USAF, dan kru bernama James McDivitt dipilih menjadi orang Amerika pertama yang mencapai luar angkasa. Dengan sebuah roket Titan II mereka meluncur pada tanggal 3 Juni 1965. Misi tersebut berlangsung selama 36 menit.

Itulah 7 Misi Paling Penting Dalam Sejarah NASA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu ya! Jangan lupa tuliskan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini.

ARTIKEL TERKAIT

Wajib Beli! Ini 5 Pakaian Dalam dengan Teknologi Tercanggih

Banjir Air Mata! Ini 15 Anime Tersedih yang Pernah Ditayangkan, Pernah Nonton?

7 Kasus Penipuan Terburuk yang Pernah Terjadi di Dunia Internet

Pukulan Sakti Saitama? Ini 5 Manusia dengan Kekuatan Super di Dunia

JANGAN Pernah Tanya atau Suruh Siri Lakukan 8 Hal Ini!

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
undefined
Kembali Keatas