REKOR! Samsung Jual SSD dengan Kapasitas 16TB!

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 06 Maret 2016, 13:00
Tidak berpuas diri dengan meluncurkan Galaxy S7 untuk pasar smartphone, Samsung Technology meluncurkan SSD berkapasitas 16TB untuk meramaikan pasar enterprise.

Saat kamu membeli laptop atau ultrabook, pernah gak kamu ditawari mau pilih yang yang menggunakan HDD atau SSD? Jika pernah, maka kamu pasti sudah paham dengan fungsi dari SSD itu sendiri. Sama seperti HDD, SSD berfungsi untuk untuk menyimpan data dan informasi. Bahkan untung proses booting laptop kamu pun menggunakan dua komponen ini.

Jika kamu adalah pengguna yang suka SSD, ada kabar baru untuk kamu. Samsung baru saja resmi mulai menjual SSD berkapasitas 16 TB!

BACA JUGA
  • 3 Cara Mudah Menjaga Performa SSD Tetap Ngebut
  • LEBAY! Samsung Jual Micro SD Seharga Lebih dari 2 Juta Rupiah!
  • Harddisk, SSD, dan Flashdisk. Manakah yang Paling Awet Menyimpan Data Kamu?

Apa Kelebihan SSD dari HDD?

Dibandingkan dengan HDD, ukuran SSD lebih tipis. Tapi bukan hanya lebih tipis, SSD memiliki fungsi untuk membaca dan menulis data dengan cepat, serta lebih hemat konsumsi daya. Maka wajar beberapa ultrabook sudah dibekali SSD daripada HDD.

SSD 16TB Terbaru dari Samsung

Tahun lalu Samsung dikabarkan tengah mengembangkan SSD berkapasitas raksasa yang ditargetkan untuk memecahkan rekor dunia. Tidak mau dianggap kabar burung, setelah sukses meluncurkan MicroSD seharga Rp 2 juta, kali ini Samsung berhasil memecahkan rekor dunia lewat SSD berkapasitas 16TB!

Sebagai informasi, harga SSD yang berkapasitas 1TB saja rata-rata dibanderol sekitar Rp 5 jutaan. Gimana dengan yang satu ini ya? Usut punya usut, rupanya harga SSD 16TB dari Samsung ini dibanderol senilai USD 5000 atau Rp 65 juta dengan kurs 1 USD = Rp 13.100. Mahal!

Dengan harganya yang mahal, Samsung sendiri memang belum memiliki rencana untuk menjual SSD dengan tipe PM1633a ini ke end user. Mengingat rasanya end user level konsumer seperti kita belum dan jarang membutuhkan SSD berkapasitas lebih dari 1TB.

Kelebihan SSD PM1633a dari Samsung

Bukan hanya memiliki varian dengan kapasitas 16TB, SSD PM1633a dari Samsung ini juga memiliki varian lain, mulai dari kapasitas 480GB hingga 8TB untuk digunakan oleh end user. Namun akan lebih mahal daripada SSD SATA yang sudah pernah beredar.

Kenapa SSD PM1633a dari Samsung dibanderol dengan harga mahal? Karena SSD terbaru dari Samsung ini dibekali dengan teknologi terbaru yang membuatnya bisa membaca dan menulis data dengan cepat tanpa gagal. Selain itu, Samsung menjanjikan performa SSD terbarunya ini lebih cepat dari SSD SATA.

ADVERTISEMENT

Gimana, apa kamu tertarik untuk memiliki SSD 16TB dari Samsung ini? Atau kamu akan membeli varian SSD PM1633a dengan varian yang jauh lebih kecil? Beli sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan saja agar tidak terbuang sia-sia.

ARTIKEL TERKAIT

5 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli SSD

Video Lucu Ini Menunjukan Kemampuan SSD dengan Cara yang Ekstrim

Siapkan Kocek, SSD 6 TB 2,5 Inci Siap Dipasarkan

Tips dalam Menggunakan SSD

FAT32, NTFS, exFAT, Mana Format Partisi Harddisk yang Paling Bagus?

APPS TERKAIT
OneDrive Build 17.3.6378.0329
Apps Microsoft Corporation
Dropbox 11.4.20
Apps Dropbox
Google Drive for Android 2.20.101.09.40
Apps Google
Dropbox for Android 28.2.2
Apps Dropbox
undefined
Kembali Keatas