Review realme narzo 50, HP Segudang Fitur dengan Harga Bersahabat!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 23 Maret 2022, 14:15
realme narzo 50 telah diumumkan dan mengusung beberapa fitur unggulan serta harganya yang cukup bersahabat. Seperti apa review dari HP terbaru ini? Cek yuk.

realme telah merilis HP terbaru mereka di Tanah Air, realme narzo 50. HP tersebut sudah didukung dengan berbagai fitur terkini dan menariknya dibanderol dengan harga terjangkau.

Jalan Tikus berkesempatan untuk review realme narzo 50, yang tentunya bisa menjadi informasi buat kamu sebelum memutuskan membeli HP ini.

Sekadar informasi, realme narzo 50 dirilis sebulan setelah peluncuran seri HP realme lainnya pada Februari 2022, yakni realme 9 Pro. Pada saat peluncuran, narzo 50 diumumkan bersama dengan HP yang masuk dalam kategori flagship phone, Realme GT 2 Pro.

Untuk mengetahui seperti apa fitur maupun keunggulan dan kekurangan realme narzo 50, kamu bisa baca sampai tuntas review HP terbaru ini ya, geng!

Desain

Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi

Tampilan realme narzo 50 cukup menggoda dengan layarnya yang cukup luas 6,6 inci. Pada bagian muka, kamu akan melihat narzo 50 yang bezel-_nya terlihat cukup tipis dengan setiap ujung bodin bergaya _curved yang menawan.

Agar layar terasa luas maksimal, HP tidak menampilkan notch style atau poni sebagai area untuk menaruh kamera depan. Kamera depan justru tertanam di bagian pojok kiri atas guna mendukung pengalaman layar yang terasa lebih lapang.

Pada bagian sisi kanan, narzo 50 menyediakan tombol volume dan slot kartu untuk fitur dual SIM dan microSD. Sementara di bagian sisi kiri, HP mid-range ini memiliki tombol power sekaligus area untuk sensor sidik jari.

ADVERTISEMENT

Di bagian sisi bawah, pengguna akan menemukan speaker, port USB type C dan jack audio 3.5mm. Sedangkan di bagian belakang, kamu bisa melihat desain kevlar yang menyelimuti bagian punggung HP.

Ada logo narzo pada bagian bawah di sisi belakang HP ini, sementara di area kiri atas ada panel khas quad camera. Sebagian orang mungkin menyangka HP ini punya 4 kamera, namun nyatanya itu adalah triple camera dengan satu bulatan ialah fitur LED flash.

Di bagian bawah kamera utama, realme bangga menampilkan keterangan 50MP Matrix AI Camera yang menjadi keunggulan dari narzo 50 untuk memotret objek.

Fitur-Fitur realme narzo 50

Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi

realme narzo 50 mengusung fitur-fitur yang tentunya kamu butuhkan untuk penggunaan sehari-hari, geng. narzo 50 bisa dibilang HP yang berani tampil dengan fitur-fitur kekinian, namun harganya masih sangat kompetitif di pasaran.

Penasaran dengan fitur-fitur unggulan dari HP realme terbaru 2022 yang satu ini? Simak ulasan Jaka berikut, geng!

Refresh Rate 120Hz

Salah satu fitur yang cukup menonjol dari HP ini antara lain adalah layar yang sudah mendukung refresh rate 120Hz. Mungkin ini bukan sesuatu yang istimewa karena beberapa HP lain seperti Redmi Note 10 Pro, Poco X3 NFC juga telah mengadopsi fitur serupa.

Namun, inilah HP realme yang boleh jadi mengusung keunggulan yang unik dari sisi desainnya yang tidak ditemukan pada HP lainnya. Terlebih narzo 50 dibanderol dengan harga di bawah Rp3 juta, membuat HP ini layak dipertimbangkan.

Refresh rate yang tinggi membuat layar HP mampu memberikan tampilan yang diklaim ultra smooth. Refresh rate 120Hz menunjukkan bahwa layar di-refresh sebanyak 120 kali per detik, dua kali lebih cepat ketimbang kecepatan refresh rate 60Hz.

Selain itu, hadirnya touch sampling rate sebesar 180Hz yang diusung HP ini membuat gamer semakin betah untuk bermain.

Mode Game

realme narzo 50 cukup percaya diri menggambarkan dirinya sebagai HP terjangkau dengan kualitas hardware yang mumpuni. Hal ini terlihat dari beberapa fitur yang diusung seperti layar 120Hz dan juga mode game.

Seperti diketahui, HP gaming umumnya dibanderol dengan harga tinggi dan spesifikasi kelas atas. Namun, realme narzo 50 hadir dengan harga yang bisa dijangkau hampir semua kalangan.

Mode game bisa ditemukan pada saat pengguna menjalankan game. Colek layar dari tepi kiri ke kanan, maka slide mini akan muncul. Slide tersebut terdiri dari fitur shortcut, baik untuk perekaman layar hingga mengaktifkan mode game.

Mode game ini pun terbagi lagi menjadi beberapa bagian, ada yang tingkat performa, keseimbangan serta rendah daya. Semakin berat kerja HP saat diposisikan ke tingkat performa, maka baterai yang dikonsumsi akan semakin besar.

Begitu pun sebaliknya, posisikan mode di tingkat rendah daya untuk lebih menghemat baterai. Namun tentunya, kinerja atau performa HP akan mengalami penurunan.

Pengisian Daya Cepat 33W

realme narzo 50 punya fitur pengisian daya cepat 33W. Bukan yang paling cepat untuk kelas smartphone saat ini, namun realme narzo 50 cukup dapat diandalkan kalau kamu ingin buru-buru mengisi daya HP.

realme narzo 50 mampu 36% lebih cepat dalam pengisian daya dengan teknologi fast charging 33W miliknya dibandingkan HP lain dengan 18W quick charge. Kapasitas baterai pada HP ini pun bisa dibilang besar dengan 5.000 mAh.

Berdasarkan pengalaman Jaka, dalam proses charging selama 1 jam, realme narzo 50 mampu mencapai persentase baterai 97% dari titik mulai 30%. Hanya dalam waktu 1 jam pengisian daya di HP sudah hampir full, sehingga HP ini cukup bisa diandalkan untuk menunjang produktivitas penggunanya.

Tidak hanya itu, HP ini juga mendukung mode hemat daya, sehingga masa hidupnya bisa lebih panjang untuk penggunaan HP selama seharian.

Keamanan Biometrik

Soal keamanan perangkat, realme cukup memperhatikan poin yang satu ini, geng. realme narzo 50 sudah mendukung fitur keamanan biometrik seperti dukungan sensor sidik jari maupun face recognition.

Selain cara membuka HP dengan cara unlock password, dengan dua fitur biometrik yang canggih ini, kamu bisa lebih cepat untuk mengakses game kesukaanmu.

Menariknya, realme narzo 50 menempatkan sensor sidik jari di tombol power. Dengan demikian, kamu bisa lebih cepat untuk membuka atau unlock HP realme.

Fitur face recognition atau pemindaian wajah juga berguna bagi kamu yang ingin cepat dalam mengakses tampilan menu di layar HP. Bahkan, dengan menggunakan kacamata, sensor face recognition tetap dapat mengenali wajah kamu.

Kemampuan Kamera

Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi

Soal kamera, realme narzo 50 memiliki keunggulan dengan ketajaman lensa 50MP (wide) serta kemampuan makro yang membuatnya bisa memotret gambar dari jarak sangat dekat, idealnya 4cm.

Selain itu, kamera dapat mengabadikan momen dalam resolusi 1080p. Kamera realme narzo 50 juga dilengkapi berbagai mode kamera seperti film, video dua-tampilan (kamera depan dan belakang aktif secara bersamaan), panorama hingga slow motion.

Kamera realme narzo 50 pun dibekali mode malam yang membuatnya dapat menangkap objek dalam kondisi cahaya redup.

Kamera selfie pada HP ini juga cukup baik untuk menangkap wajah pengguna. Dengan lensa 16 MP, realme narzo 50 bisa diandalkan untuk berfoto bersama teman atau keluarga melalui mode wide yang tersedia.

Untuk melihat seperti apa kualitas kamera realme narzo 50, kamu bisa melihat dan menilai sendiri beberapa contoh foto yang ditangkap kamera HP ini, geng.

Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi
Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi
Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi

Kemampuan Gaming

Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi/Screenshot

Berdasarkan pengalaman Jaka ketika bermain PUBG Mobile menggunakan pengaturan grafis berada di posisi default atau HD, tidak terlalu ditemukan masalah pada performa perangkat. Hampir tidak ditemui lag atau patah-patah saat memainkan permainan battle royale itu.

Pergerakan karakter, kendaraan, adegan menembak atau membidik lawan tak ditemukan kendala dalam permainan. Hanya saja, bermain PUBG Mobile selama sekitar 5-10 menit, HP sudah mulai terasa panas khususnya di bagian bodi belakang bagian atas.

Suhu panas yang dirasakan di tangan pengguna bisa dimaklumi mengingat HP bekerja cukup berat ketika menjalankan permainan di pengaturan grafis tinggi.

Jika permainan PUBG Mobile bisa bekerja dengan baik, maka game 3D lainnya pun Jaka rasa dapat diandalkan dengan menggunakan HP ini. Meskipun demikian, pengaturan grafis tinggi biasanya membuat FPS dari permainan menjadi lebih kecil dibanding pengaturan grafis menengah-rendah.

Pada pengujian dengan aplikasi 3DMark Wild Life, realme narzo 50 menghasilkan skor keseluruhan sebesar 1072 dan average frame rate (FPS) 6.40.

Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi/Screenshot

Spesifikasi dan Harga realme narzo 50

Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi

Buat kamu yang ingin mengetahui detail spesifikasi dan harga dari realme narzo 50, kamu bisa melihat melalui tabel di bawah ini ya, geng.

Spesifikasi realme narzo 50
Jaringan GSM/HSPA/LTE
Bodi Dimensi: 164.1 x 75.5 x 8.5 mm
Layar 6,6 inci, IPS LCD, 120Hz
Chipset Mediatek Helio G96 (12 nm)
CPU Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
Memori 4GB/64GB, 6GB/128GB
Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera Depan 16 MP (wide)
OS Android 11, Realme UI 2.0
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Rp2.499.000 (4GB/64GB)

Kesimpulan

Sumber foto: Jalan Tikus/Dok. Pribadi

realme narzo 50 sudah membawa beberapa fitur yang cukup mumpuni untuk HP dengan harga Rp2,5 jutaan. Salah satu fitur menarik untuk HP kelas ini ialah fitur fast charging yang dapat melakukan pengisian daya cepat.

Ketahanan baterai juga menjadi kunci HP ini mungkin cocok dipakai mereka yang gemar bermain game dan nge-vlog. Hanya saja, bermain game dalam mode gaming bisa jadi membuat HP akan terasa semakin panas dan tentunya menguras daya baterai.

realme narzo 50 juga cukup menarik karena dilengkapi fitur biometrik untuk mendukung keamanan perangkat dan kamera yang unggul dengan resolusi 50MP beserta fitur AI.

Sementara bagian belakang bodi terlihat elegan berkat desain tekstur kevlar, membuatnya menawan sekaligus licin ketika digenggam. Disarankan memakai softcase bawaan guna melindungi bodi HP dari benturan maupun goresan.

HP di bawah Rp3 jutaan mungkin cocok bagi anak-anak muda bahkan mahasiwa yang membutuhkan HP dengan fitur yang cukup lengkap.

Jadi, apakah kamu berminat untuk membeli HP teranyar realme yang satu ini?

Baca juga artikel seputar Gadget, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

ARTIKEL TERKAIT

10 Aplikasi & Game Android Terbaru yang Wajib Kamu Tahu

10 Aplikasi Android Lokal Karya Anak Bangsa Paling Populer di Google Play Store

10 Aplikasi Android Paling Mahal yang Bisa Bikin Miskin!

10 Aplikasi Android Teraneh yang Bisa Kamu Download, Gak Ada Faedahnya!

10 Aplikasi Alarm Terbaik di Android (Edisi Khusus Ramadan)

10 Aplikasi Android Paling Berguna yang Tidak Ada di iPhone dan iPad

undefined
Kembali Keatas