Review Asus X555DG, Laptop Serba Bisa Dengan Harga Bersahabat

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 14 April 2016, 18:00
Pengen punya laptop keren, tapi budget pas-pasan? Kami punya review terbaru nih bagi yang kamu yang membutuhkan laptop mantap dengan harga bersahabat. Namanya ialah Asus X555DG dan tongkrongin terus artikel ini untuk mengetahuinya.

Di era yang serba cepat ini, tampaknya menggunakan PC sebagai alat untuk menemani keseharian dan aktivitas dengan mobilitas tinggi bukanlah merupakan pilihan yang ringkas. Lebih enak jika kita menggunakan laptop powerful, namun dengan harga yang masih cocok di kantong.

Pengen punya laptop keren, tapi budget pas-pasan? Kami punya review terbaru nih bagi yang kamu yang membutuhkan laptop mantap dengan harga bersahabat. Namanya ialah Asus X555DG. Tongkrongin terus artikel ini untuk mengetahui betapa menariknya laptop dari perusahaan asal Taiwan tersebut.

BACA JUGA
  • ASUS GL502, Laptop Gaming 4K Berbodi Tipis dan Enteng
  • Harga CUMA 80 Juta, ASUS ROG GX700 Resmi Hadir di Indonesia
  • 7 Bocoran ASUS Zenfone 3 yang Bikin Kamu Berpaling dari iPhone

Review: Asus X555DG

Salah satu produk laptop/notebook dari Asus yang kini sudah mampir di kantor JalanTikus ialah X555DG. Melalui perawakannya yang besar dengan layout keyboard full, laptop ini memang lebih tepat untuk digunakan sebagai pendamping dari para pekerja yang membutuhkan layar besar dengan hardware yang cukup powerful.

Tapi bukan berarti X555DG hanya cocok untuk kerja saja, laptop ini juga boleh dijadikan rekomendasi untuk kamu yang ingin memainkan game-game middle-end dengan grafik yang cukup oke.

Desain

Dimulai dari segi desain, Asus X555DG punya tampilan yang khas ala laptop Asus dengan warna hitam di bagian muka. Alur melingkar yang menghiasi sekeliling logonya sangat menarik dan enak untuk dipegang, mengingatkan kami dengan desain alur yang sama di bagian bahwa smartphone Asus Zenfone.

Beranjak ke segi keyboard dan palm rest, Asus X555DG punya landasan aluminium yang dapat menyerap panas dengan baik. Grip di sekitar keyboard yang terdiri dari pola titik-titik juga membantu dalam segi estetika dan fungsi anti-slip yang mantap.

Di bagian bawah, laptop Asus seri-seri terbaru memang terkenal lebih rapi karena menggunakan baterai non-removable. Itu membuatnya lebih ringkas tanpa adanya bagian-bagian menonjol yang aneh seperti yang sering terjadi pada laptop dengan baterai removable lainnya.

Dimensi Asus X555DG ialah 38.2 x 25.6 x 2.58 cm, menunjang lebar dari layar yang juga besar.

ADVERTISEMENT

Layar

Asus X555DG menggunakan layar besar 15,6 inci berjenis TFT LCD dengan resolusi 1366 x 768. Ia juga dilengkapi dengan backlight LED yang dapat menunjang kegiatan pengguna dalam waktu yang cukup lama.

Engsel di bagian bawah layar kokoh, karena menggunakan engsel tunggal yang lebih mantap ketika harus menyokong layar besar berukuran 15,6 inci tersebut.

Pokoknya layar selebar itu asyik banget deh untuk menunjang kegiatan game dengan grafik yang jernih. Buat game aja asyik, apalagi untuk kegiatan multitasking yang membutuhkan dua window terbuka secara split di layar.

Sayangnya, engsel yang sebelumnya telah kami gadang-gadangkan tersebut masih memiliki kekurangan minor yaitu layar sedikit berguncang jika tersenggol maupun digunakan di mobil yang sedang berjalan. Tapi gak begitu mengganggu kok.

Port

Laptop ini dilengkapi dengan port yang cukup lengkap. Selain HDMI port yang kini sudah banyak hadir pada laptop-laptop modern, Asus X555DG juga menghadirkan tiga port USB yang terdiri dari dua USB 3.0 dan satu USB 2.0.

Khusus untuk konektivitas audio, Asus memang sedang melakukan peringkasan dengan merangkum tiga jack menjadi hanya satu jack saja. Jadi kamu bisa mencolokkan mikrofon dan earphone di lubang yang sama.

Sisanya tidak begitu berbeda dengan laptop lainnya, karena laptop ini juga dilengkapi dengan port VGA, port LAN RJ45, Card Reader, dan lubang Kensington sebagai pengaman dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Keyboard

Karena laptop ini memang memiliki dimensi yang cukup besar, maka sudah pasti layout keyboard yang digunakan pun harus full. Selain tombol-tombol umum, ia juga dilengkapi dengan tombol numerik di sebelah kanan.

Kesan pertama kali dalam menggunakan keyboard dari X555DG ini cukup memuaskan, karena tombolnya memang nyaman dan tidak menimbulkan suara yang cukup gaduh. Akan tetapi, ada nilai minus yang harus kami berikan karena sela-sela dari keyboard ini cukup ringkih dan menjadi cekung jika ditekan dengan tenaga yang cukup. Faktor itu juga yang menyebabkan getaran ketika kita sedang mengetik.

Peluang Meningkatkan RAM dengan Mudah

Nilai plus yang sangat terasa di aspek upgrade dari Asus X555DG ini ialah pada bagian slot memori. Asus secara khusus menyediakan sebuah slot yang mudah untuk dibuka di bagian bawah laptop sebagai tempat memasang memori (RAM) tambahan.

Jadi kamu gak perlu lagi meminta bantuan dari pihak yang lebih ahli karena slot ini mudah untuk dibuka menggunakan obeng, dan RAM siap untuk dipasang. Fitur ini sudah diimplementasikan di berbagai tipe laptop Asus terutama seri A dan X.

Prosesor dan GPU yang Oke Punya

Meskipun Asus X555DG belum dipersenjatai dengan prosesor dan GPU yang super keren, namun AMD APU A10-8700P sebagai prosesor dan AMD Radeon R6 M340DX 2GB sebagai GPU bahkan kami nilai sudah cukup menjadi penunjang di dapur pacu laptop ini.

Dikarenakan fungsinya yang lebih tepat untuk bermain sambil bekerja, maka kedua tipe prosesor dan GPU tersebut memang sudah sesuai dengan keperluan pengguna.

Gabungan antara dua chip grafis di laptop ini memberikan performa yang oke saat memainkan game-game grafis kelas menengah seperti Battlefield dan PES 2016 yang sudah kami coba sebelumnya.

Bobot

Dari segi bobot, laptop ini masih dalam batas toleransi mengingat ukurannya yang memang cukup besar. Beratnya mencapai 2,2 kg tidak begitu membuat punggung cepat lelah saat dimasukkan ke dalam ransel.

Jadi kamu gak perlu cemas untuk membawanya kemana-mana, karena X555DG tidak memiliki berat yang terlalu "lebay".

Spesifikasi Asus X555DG

Spesifikasi ASUS X555DG
Prosesor AMD APU A10-8700P
Speed 1.8 GHz
VGA AMD Radeon R6 Graphics + Radeon R6 M340DX dengan Dual Graphics 2GB DDR3 VRAM Terintegrasi A10-8700P
Layar 15.6" 16:9 HD (1366x768)
Storage 2.5" 9.5mm SATA, 1TB HDD 5400/7200 RPM
RAM DDR3L 1600 MHz SDRAM, OnBoard Memory 4 GB , 1x DIMM socket
Audio Built-in Speakers And Microphone, ASUS SonicMaster Technology
Baterai 2Cells 37 Whrs
OS DOS
Konektivitas 1 x COMBO audio jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 2 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Dimensi 38.2 x 25.6 x 2.58 cm
Berat 2.20 kg (dengan baterai 2 cell)
Harga Rp 7.099.000,-

Itu dia hasil bedah yang telah kami lakukan kepada laptop Asus X555DG. Semoga dapat kamu manfaatkan sebagai bahan referensi dalam mencari laptop selanjutnya. Jika kamu punya pendapat, jangan sungkan-sungkan untuk memberikannya pada kolom komentar di bawah ini ya.

ASUS PC Link for Windows 2.2.23.601
Apps Browser ASUSTeK Computer Inc.
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT

13 Foto Tempat Wisata Keren Berikut Ternyata Hasil Photoshop Belaka

4 Cara Mudah Download File Torrent Paling Cepat di PC dan Android

Inilah Perbedaan Sinyal Smartphone 3G / H+ / H / E / 2G / G

Jika Kamu Pake Battle Deck Ini, Berarti Kamu TIDAK PUNYA Skill!

STOP! Jangan Pernah Lakukan Trik Ini ke Seluruh Teman Kamu

APPS TERKAIT
Asus Zenfone 5 Firmware V3.23.40.60 (T00F-WW 3.23.40.60)
Apps ZenUI, ASUS Computer Inc.
CPU-Z 1.81
Apps CPUID
Sandra Lite 2016 SP1 (22.20)
Apps SiSoftware
GPU-Z 0.8.3
Apps techPowerUp
undefined
Kembali Keatas