Pahami Perbedaan Prosesor AMD & Intel Sebelum Beli Laptop

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 09 Maret 2017, 11:00
Kamu berencana untuk membeli PC/Laptop baru? Sebaiknya kamu pahami dulu perbedaan AMD dan Intel dan berbagai fitur yang dimilikinya di sini.

Laptop menjadi salah satu gadget wajib yang fungsinya tak terpisahkan dalam kehidupan. Gimana nggak, dengan laptop semua tugas kampus dan kantor bisa dikerjakan dengan mudah. Maka tak heran jika fungsi laptop belum tergantikan oleh smartphone.

Nah, apa kamu ada rencana untuk membeli laptop baru?

Sebelum membelinya, sebaiknya kamu pahami dahulu perbedaan prosesor Intel dan AMD? Jadi ada hal lain yang harus di perhatikan selain harga lho. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Prosesor Intel dan AMD

Bagi para kamu yang suka bermain game atau pekerja desain, prosesor adalah bagian laptop terpenting yang harus diperhatikan. Makanya kamu harus tahu perbedaan antara prosesor Intel dan AMD sebelum membeli laptop baru.

1. Kecepatan

Pasti kesel kan kalo pake laptop yang performanya lemot? Nah, kecepatan performa laptop kamu sangat ditentukan oleh prosesor yang dibawanya. Intel dengan AMD, mana sih yang lebih cepat?

Dalam sebuah uji benchmark dengan dua sampel prosesor yang setara, Intel ternyata lebih unggul dari AMD. Meski tidak kalah telak, namun Intel sukses menjalankan berbagai program lebih cepat dari AMD.

2. Kekuatan Brand

Sebagai pemain lama, Intel lebih dikenal daripada AMD dalam bidang ini. Bukan hanya sebagai produsen prosesor laptop, Intel juga sudah merambah berbagai bidang lain, seperti smartphone dan smartwatch.

ADVERTISEMENT

3. Manajemen Suhu

Dibandingkan dengan AMD, Intel lebih unggul dalam manajemen suhunya. Kebanyakan prosesor Intel telah dibekali teknologi pengurang kinerja prosesor saat suhu mulai meningkat, sementara AMD belum.

4. Grafis Game

Karena kinerja prosesor tidak menurun walau suhu telah meningkat, tampilan grafis AMD lebih unggul dibanding dengan Intel. Saat digunakan untuk main game, tampilan gambarnya jernih dan tidak pecah.

Bingung Mau Beli Laptop?
Maka dari itu, melalui artikel ini Jaka akan memberikan jawaban dari apa perbedaan laptop gaming dan laptop biasa. Kira-kira, seperti apa ya jawabannya?
LIHAT ARTIKEL

5. Multimedia

Meski kalah di sisi grafis game, Intel mengungguli AMD soal multimedia. Gambar yang ditampilkan oleh Intel selalu lebih tajam dan bisa di-overclok dengan baik.

6. Virus

Jangan cuma mikirin kinerjanya saja, kemampuan prosesor dalam menangani virus juga wajib kamu pertimbangkan. Gak mau kan laptop baru milikmu langsung kena masalah gara-gara virus-virus komputer yang menyebalkan?

Nah, AMD dibekali teknologi terbaru yang mampu mendeteksi virus sebelum sempat menginfeksi laptop-mu. Dengan begitu virus tidak akan diproses. Sementara itu prosesor Intel belum mampu melakukan hal ini.

7. Harga

Ini nih yang pasti sering kamu pertimbangkan, harga laptop.

Nah, harga laptop itu dipengaruhi banget oleh prosesor yang dibawanya loh. Laptop dengan prosesor Intel selalu lebih mahal karena memang harga prosesornya sendiri cukup mahal jika dibandingkan AMD.

Kesimpulan

Gimana sudah tahu perbedaan prosesor Intel dan AMD, lebih bagus AMD atau Intel nih? Keduanya sama bagus kan, balik lagi ke berapa banyak biaya yang mau kamu keluarkan.

Jika mau mengeluarkan biaya berlebih, laptop dengan prosesor Intel bisa kamu beli untuk dapatkan performa yang tinggi. Tapi jika ingin harga lebih murah dengan performa tak kalah baik, AMD juga bukanlah pilihan yang salah.

Selamat berbelanja!

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Harga Prosesor Intel Core i9, Mulai Dari Rp15 Juta!

Gigabyte Sabre 15 Terbaru, Pakai Intel Coffee Lake Dan Nvidia Pascal!

AMD Hadirkan Prosesor Tercepat di Dunia, Punya 32 Cores 64 Threads!

Ini Dia 3 Laptop Dengan GPU RTX Tercanggih

4 Cara Melihat Spek Laptop dengan Mudah | Lengkap 100%

APPS TERKAIT
AMD Catalyst Drivers 14.12 Windows 7
Apps AMD Inc
Intel Remote Keyboard 1.13
Apps Intel Corporation
Intel Android Device USB Driver 1.10.0
Apps Intel Corporation
DriverPack Solution 17.11.28
Apps Artur Kuzyakov
undefined
Kembali Keatas