Perbedaan Mode MTP, MSC, PTP, RNDIS Saat Menghubungkan Android ke Komputer

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 01 Oktober 2016, 18:00
Ini dia perbedaan mode MTP, MSC, PTP, RNDIS, Charging Only serta kelebihan dan kekurangan saat menghubungkan smartphone Android ke komputer.

Saat menghubungkan Android ke komputer atau laptop, pasti muncul pilihan mode yang bisa digunakan. Mode tersebut adalah MTP, MSC (USB Mass Storage), PTP, RNDIS, Charging Only. Apakah kamu mengetahui kegunaan masing-masing mode tersebut?

Setiap mode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di artikel kali ini, JalanTikus akan membahas perbedaan mode MTP, MSC, PTP, RNDIS, Charging Only saat menghubungkan Android ke PC atau laptop serta kelebihan dan kekurangannya

BACA JUGA
  • Alasan Jangan Beli Kartu Memori Palsu Bagi Pengguna Android
  • 5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak & Tidak Terbaca, Mudah Tanpa Ribet!
  • Keutamaan Fungsi USB Debugging yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan Mode MTP, MSC, PTP, RNDIS, Charging Only

1. MTP - Media Transfer Protocol

Saat Android menggunakan mode ini ketika terhubung ke komputer, Android akan muncul di komputer dengan nama "Media Device atau Portable Device". MTP singkatan dari Media Transfer Protocol adalah protokol buatan Microsoft untuk menghubungkan perangkat portable ke Windows PC dan melakukan sinkronisasi data media digital. Dengan MTP pengguna bisa langsung menjalankan file digital (musik) di Android langsung dari komputer tanpa perlu copy data terlebih dahulu.

Kelebihan Mode MTP

Kekurangan Mode MTP

2. MSC - Mass Storage Class

MSC atau Mass Storage Class biasa dikenal sebagai USB Mass Storage (UMS). Fitur ini memungkinkan pengguna Android hanya mengakses penyimpanan eksternal (MicroSD) saat menghubungkannya ke PC. Proses transfer data menggunakan Mode MSC akan lebih cepat tergantung dengan kecepatan MicroSD kamu. File yang ditransfer juga bisa lebih besar dari 4GB.

Kelebihan MSC

Kekurangan MSC

3. PTP - Picture Transfer Protocol

PTP singkatan dari Picture Transfer Protocol adalah sebuah mode yang mirip seperti MTP. Bedanya adalah mode ini hanya bisa digunakan untuk melakukan transfer foto dan gambar dari Android ke PC. Fitur ini biasa digunakan pada kamera digital. Untuk pengguna yang memiliki banyak gambar dan ingin memindahkannya ke komputer, menggunakan mode ini adalah cara yang cukup ampuh.

4. RNDIS - Remote Network Driver Interface Specification

RNDIS atau Remote Network Driver Interface Specification adalah sebuah mode yang memungkinkan penggunannya untuk melakukan USB Tethering di PC atau laptop. Dengan menghubungkan smartphone ke PC menggunakan kabel data, kamu bisa mengakses Internet secara mudah tanpa harus terhubung ke WiFi.

5. Charging Only

Charging Only adalah sebuah mode yang fugsinya hanya untuk melakukan pengisian daya saja. Jika kamu tidak membawa charger, kamu bisa menghubungkan smartphone ke PC menggunakan kabel data lalu mengaktifkan mode Charging Only. Secara otomatis smartphone akan melakukan pengisian daya.

Itulah perbedaan mode MTP, MSC, PTP, RNDIS, dan Charging Only saat menghubungkan smartphone Android ke komputer atau laptop. Beberapa smartphone tentu memiliki jumlah mode yang berbeda-beda, ada yang lebih banyak/sedikit. Jika kamu masih bingung atau ada hal yang ingin disampaikan, jangan lupa share di kolom komentar ya. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

Rusia Blokir Software Microsoft Office Demi Produk Lokal Mereka

Google Waze Rider, Saingan Baru Uber, Go-Jek dan Grab

6 Game Android Buatan Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

Sempat Mati Suri, Nokia Siap 'Hancurkan' Samsung di Akhir 2016 Ini

20 Meme Lucu Sindir Lagu Bad, Young Lex ft AwKarin

APPS TERKAIT
USB OTG Checker 5.5
Apps HSoftDD
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
undefined
Kembali Keatas