Inilah 7 Hal di iPhone yang Paling Menyebalkan Bagi Pengguna Android

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 26 Oktober 2016, 16:00
Android dan iPhone seolah bersaing ketat di pasaran. Sudah menjadi cerita klasik bahwa para penggemar Android rata-rata tidak menyukai iPhone. Inilah 7 hal di iPhone yang paling menyebalkan bagi pengguna Android.

Android dan iPhone seolah bersaing ketat di pasaran. Namun, masing-masing sudah memiliki penggemarnya sendiri. Sudah menjadi cerita klasik bahwa para penggemar Android rata-rata tidak menyukai iPhone. Ada banyak alasan untuk pengguna Android sebal pada iPhone.

Apakah kamu salah satu pengguna Android di Indonesia? Makanya, kamu harus tau sebenarnya faktor apa saja sih yang menyebabkan pengguna Android benci terhadap iPhone. Inilah 6 hal di iPhone yang paling menyebalkan bagi pengguna Android.

BACA JUGA
  • Memori Full? Begini Cara Menghemat Memori Internal iPhone 16GB
  • Lupakan iPhone 7, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menunggu iPhone 2017
  • 7 Alasan Kenapa iPhone Lebih Cocok untuk Cewek Ketimbang Cowok

6 Hal di iPhone yang Paling Menyebalkan Bagi Pengguna Android

1. Home Screen Penuh

Sebagai poin pertama dalam perseteruan antara iPhone vs Android, ada faktor yang berkenaan dengan kenyamanan home screen. Bagi pengguna Android di Indonesia maupun di dunia, home screen haruslah terlihat cantik. Kamu bisa menampilkan shortcut aplikasi apapun yang kamu inginkan atau tidak menampilkan aplikasi apapun agar wallpaper-mu jelas terlihat.

Lalu masih banyak pula aplikasi khusus yang bisa membuat tampilan home screen di Androidmu menjadi lebih unik dan menarik. Sementara pada iPhone, home screen tidak bisa diatur sama sekali. Home screen iPhone juga penuh dengan berbagai menu aplikasi yang sebenarnya tidak kita perlukan. Sia-sia dan tidak tampak menyenangkan.

2. Tidak Ada Tombol Back

Dalam aplikasi apapun yang sedang kita buka di Android, kita bisa dengan mudah kembali ke layar sebelumnya hanya dengan menekan tombol back satu kali. Fitur ini sangatlah bermanfaat dan memudahkan. Namun entah kenapa, fitur hebat ini tidak terdapat di iPhone.

Memang pada iPhone, kamu bisa melakukan swipe dari tepi kiri layar untuk kembali ke layar sebelumnya. Sayangnya, fitur ini tidak selalu ada di setiap aplikasi. Malah, sebagian besar aplikasi tidak memiliki fitur ini. Jadinya, salah klik satu kali saja sudah membuat kita kesal karena tidak bisa back.

3. iTunes yang Banyak Aturan

Di Android, kamu bisa mengunduh musik hampir dari mana saja. Juga ada berbagai aplikasi yang bisa kamu pakai untuk memutarnya. Kamu bahkan bisa menggunakan lagu favoritmu sebagai ringtone dengan cara yang mudah. Kenikmatan inilah yang tidak mungkin kamu dapatkan di iPhone.

Di smartphone milik Apple tersebut, semua file musik harus di-download dan diputar melalui iTunes. Dan kalau ada lagu yang ingin kamu gunakan sebagai ringtone, kamu harus menggunakan PC untuk meng-convert file musik favoritmu, kemudian meng-uploadnya ke perangkat iPhone melalui iTunes. Saking malasnya, banyak pengguna iPhone yang akhirnya pasrah saja memakai ringtones default dari Apple.

4. Tidak Bisa Uninstall Aplikasi

Bila ada aplikasi yang tidak ingin kamu gunakan lagi di Android, kamu bisa langsung u_ninstall_ dan semuanya beres. Data-data aplikasi pun bisa kamu bersihkan total sehingga memori telepon lebih lega. Uninstall dan reinstall pun sering menyelesaikan masalah bila ada error di aplikasimu.

Lain halnya dengan iPhone. Kamu tidak bisa benar-benar menghapus suatu aplikasi di perangkatmu. Uninstall di iPhone hanya akan menghilangkan package file utama dan sebagian app data. Sebagian besar app data akan tetap tertinggal di memori. Efeknya, memori telepon akan tetap penuh. Dan bila kamu perlu reinstall aplikasi karena suatu error, seringkali error tersebut masih muncul lagi setelah reinstall akibat sisa app data sebelumnya.

ADVERTISEMENT

5. Aplikasi Mahal dan Refund Repot

Android menawarkan banyak aplikasi gratis yang bisa kita manfaatkan. Dan untuk aplikasi berbayarnya, biasanya harganya tidak terlalu mahal. Setelah kita membeli aplikasi di Google Play dan ternyata tidak menyukainya, kamu bisa meminta refund. Prosesnya mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol Refund di Play Store dan uangmu pun kembali seketika.

Lain halnya dengan iPhone. Sudah aplikasinya mahal, proses refund pun berbelit-belit. Kamu harus mengunjungi berbagai website dan mengisi berbagai form terlebih dahulu. Repot sekali.

6. Setting Tidak Praktis

Kamu bisa mengatur brightness, menyalakan WiFi, dan banyak setelan lainnya hanya dengan membuka menu Quick Setting dengan cara swipe layar dari sisi atas. Bila kamu perlu melakukan setelan yang lebih detail, hanya perlu satu klik saja untuk membuka menu Setting yang lengkap.

Sementara menu Setting di iPhone hanya bisa diakses melalui home screen. Control Center milik iPhone memang bisa memberimu akses yang sedikit lebih mudah. Namun, untuk mengatur brightness dan suara, kamu harus menggeser pointernya secara manual dari level awal ke level yang kita kehendaki. Entah mengapa ini terasa menyebalkan dan tidak praktis dibanding Android yang bisa diklik langsung ke level yang kita inginkan.

7. Satu Tombol untuk Segala Fungsi

Android mempunyai 3 tombol yang sangat bermanfaat; Back, Home Screen, dan Recent Apps. Sementara, iPhone hanya mempunyai satu tombol yang harus kamu tekan dengan cara berbeda untuk mengakses tujuan yang berbeda. Satu kali pencet berarti home screen, satu long press berarti Siri, dan sebagainya. Salah pencet bisa membawamu ke layar yang berbeda dan ini sangat menyebalkan. Belum lagi, sebagian orang juga merasa repot harus mengingat beberapa metode pemencetan yang berbeda untuk menggunakan perangkat smartphone mereka.

Nah, sekarang paham kan mengapa banyak orang lebih menyukai Android ketimbang iPhone? Selain alasan-alasan di atas, masih ada banyak lagi hal-hal yang dirasa menyebalkan di iPhone oleh para pengguna Android. Bagaimana dengan kamu? Sebal juga dengan iPhone?

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Gak Perlu Install Aplikasi!

9 Langkah Mudah untuk Hasilkan Foto Keren Menggunakan iPhone

7 Alasan Pengguna iPhone Nggak Usah Gengsi Jika Ganti ke Android

Cara Mudah Pindahkan Data iPhone ke Google Drive

Apple iPhone 4 'Dimatikan' Tahun ini

APPS TERKAIT
Lock Screen IOS 9 - iPhone 7 2.6
Apps AppPro IOS Studio
iOS 7 Lockscreen Parallax HD 3.0.8
Apps Apper Shopper
iOS 9 & OS X El Capitan Wallpaper 1.0
Apps Apple
iOS 7 Live Wallpaper 3D 1.3.3
Apps Dutadev
undefined
Kembali Keatas