Ngecas Smartphone Lama? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Ditulis oleh Jaka - Senin, 26 September 2016, 14:00
Pasti kesel kan kalo ngisi ulang abterai smartphone butuh wkatu lama? Apalagi saat terburu-buru. Mungkin beberapa hal ini adalah penyebab lamanya proses isi ulang baterai smartphone kamu.

Selain dapur pacu, baterai menjadi komponen paling penting yang ada di dalam smartphone. Tanpa baterai, mau secanggih apapun smartphone kamu, tetap saja kamu tidak bisa menggunakannya untuk eksis di sosial media atau chatting.

Mengingat begitu pentingnya baterai, maka tak heran jika habis baterai kamu akan buru-buru mengisi ulangnya. Tapi kesel kan kalo mengisi ulang baterainya butuh waktu lama?

BACA JUGA
  • 3 Fitur yang Menghabiskan Baterai Smartphone Tanpa Kamu Sadari
  • 4 Cara Mempercepat Charge Baterai Smartphone Lewat Laptop
  • 11 Tips Hemat Baterai Saat Mudik Agar Tahan Seharian | Gak Butuh Power Bank!

Penyebab Lamanya Isi Ulang Baterai Smartphone

Semakin besar kapasitas baterai smartphone, semakin lama juga proses isi ulang yang dibutuhkan untuk membuat baterainya penuh. Tapi apa jadinya jika smartphone kamu yang memiliki kapasitas baterai hanya 1800 mAh tapi membutuhkan waktu 3 jam untuk mengisi ulangnya hingga penuh? Kesel pasti. Mungkin penyebabnya adalah beberapa hal berikut:

1. Koneksi Data Aktif

Aktifnya koneksi data di smartphone membuat smartphone kamu terus bekerja untuk mencari jaringan terbaik agar semua fungsinya bisa berjalan dengan baik. Saat tidak sedang di-charge, baterai smartphone jadi cepat habis jika koneksi data aktif. Nah, saat mengisi ulang, aktifnya koneksi data akan membuat proses isi ulang menjadi lebih lama. Apalagi jika sambil kamu gunakan.

Ada baiknya jika selama proses isi ulang, kamu matikan koneksi data agar proses isi ulangnya semakin cepat. Ingin lebih cepat mengisi ulang baterai smartphone kamu? Coba masuk ke Airplane Mode selama mengisi ulangnya.

2. Adapter Charger Rusak

Arus yang masuk dari sumber listrik akan terlebih dahulu difilter melalui adapter bawaan smartphone kamu sebelum dialirkan melalui kabel charger. Jika adapter charger smartphone kamu pernah jatuh atau terbentur, besar kemungkinan ada pergeseran komponen sehingga membuat proses isi ulang smartphone kamu menjadi lambat. Karena itu selalu perhatikan adapter charger kamu agar jangan sampai rusak. Oh iya, jangan biarkan adapter selalu menempel di sumber listrik ya!

3. Kabel USB Rusak

Jika kamu yakin adapter charger kamu tidak pernah terbentur atau rusak, coba periksa kabel USB charger smartphone kamu. Cara mengujinya coba gunakan kabel USB yang lain menggunakan adapter charger smartphone kamu. Jika menggunakan kabel lain ternyata proses isi ulangnya lebih cepat, maka fix deh kabel charger kamu musti ganti.

4. Kabel USB Kurang Masuk

Penyebab lamanya proses isi ulang baterai smartphone juga bisa jadi karena kabel USB-nya kurang masuk. Entah karena tergeser atau karena kamu yang buru-buru, kadang kejadian ini bisa menimpa siapa saja. Pastikan USB kamu sudah pas saat dipasangkan ke smartphone.

ADVERTISEMENT

Selain masalah pemasangan, kadang terjadi juga masalah teknis karena menggunakan kabel charger yang bukan bawaan. Biasanya hal ini terjadi karena kabel yang bawaan tertinggal di rumah, sehingga pinjem punya teman. Karena bedanya ukuran dan kedalaman port smartphone, dampaknya proses isi ulang pun jadi semakin lama.

5. Rusaknya Port USB

Jika kamu sering menggunakan kabel charger orang lain untuk mengisi ulang smartphone kamu, besar kemungkinan penyebab lamanya proses isi ulang smartphone kamu ini karena port USB yang rusak. Selain itu, penyebab kabel USB rusak juga bisa karena arus listrik berlebih karena ditinggal mengisi ulang semalaman.

Itu dia 5 hal yang bisa jadi penyebab lamanya proses isi ulang baterai smartphone kamu. Sebagai langkah pencegahan, selalu gunakan charger asli bawaan smartphone kamu ya. Dan cobalah isi ulang smartphone kamu dalam Airplane Mode agar lebih cepat isi ulangnya.

Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

10 Smartphone Android dengan Kapasitas Baterai Terbesar 2016

12 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik 2021, Sayangi Bateraimu!

Tips Hemat Baterai Smartphone Tanpa Harus Download Aplikasi

Begini Cara Hemat Baterai Android Ketika Terhubung ke WiFi

APPS TERKAIT
Greenify
Apps Oasis Feng
Hibernation Manager 2.1.3
Apps Dominik Nožka
JuiceDefender - battery saver varies with devices
Apps Latedroid
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
undefined
Kembali Keatas