Mengerikan! 5 Pekerjaan Manusia Ini Siap Diambil Alih Oleh Robot

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 01 September 2017, 09:00
di masa depan robot tidak hanya mampu membantu pekerjaan manusia, bahkan dapat menggantikan posisi manusia itu sendiri.

Robot tentunya diciptakan untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi artificial intelligence (AI) pun akan membuat robot menjadi semakin pintar bahkan lebih pintar dari manusia.

Hasilnya, di masa depan robot tidak hanya mampu membantu pekerjaan manusia, bahkan dapat menggantikan posisi manusia itu sendiri. Menurut analisa lembaga Occupational Information Network (O*NET), ada sejumlah pekerjaan manusia yang siap diambil alih oleh robot dalam waktu tak lama lagi.

Berikut lima diantaranya, pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh robot seperti yang Jaka kutip dari Metro.co.uk.

BACA JUGA
  • Super Canggih! Inilah 10 Robot yang Berhasil Mengubah Dunia
  • 8 Kelebihan Robot 'Albert Einstein' yang PASTI Bikin Kamu Kagum

Pekerjaan Manusia Siap Diambil Alih Oleh Robot?

1. Dokter

Kalau kamu penggemar film Star Trek, tentunya tahu perangkat yang bernama "Tricorder". Alat ini bisa mengukur banyaknya aktivitas, denyut jantung, dan suhu kulit.

Ya, banyak perusahaan yang mengembangkan robot untuk ranah medis. Sehingga nantinya tidak lagi dibutuhkan dokter untuk mendiagnosis penyakit seseorang.

2. Pengacara

Menurut sebuah laporan dari kelompok bernama Asosiasi Pengacara Internasional (International Bar Association) mengungkapkan kehadiran robot-robot yang memiliki kecerdasan buatan kemungkinan besar akan menggantikan manusia untuk pekerjaan pengacara.

Pemerintah di berbagai negara perlu menerapkan kuota di sejumlah sektor dalam rangka untuk melindungi pekerjaan yang bisa dilakukan manusia dan bukannya dilakukan oleh robot.

Chatbot DoNotPay Robot Pengacara Pertama di Dunia! Bisa Apa?
Mahasiswa Stanford University, Joshua Browder telah mengembangkan sebuah chatbot berbasis kecerdasan buatan yang disebut DoNotPay. Chatbot ini merupakan "robot pengacara pertama di dunia" dan menawarkan bantuan konsultasi hukum se
LIHAT ARTIKEL

3. Bankir

Profesi bankir dan akuntan juga memiliki ancaman besar karena robot bisa melakukan penghitungan dengan cepat dibandingkan jika dikerjakan oleh manusia. Pekerjaan fisik sederhana dan manual juga akan terancam.

ADVERTISEMENT

4. Arsitek

Robot dengan AI juga akan orang yang ahli di bidang arsitektur. Robot diprogram menggunakan data yang besar, kemampuan analitik, dan mesin pembelajaran.

5. Koki

Perusahaan pembuat robot bernama Moley akan menciptakan robot yang dapat mengakses resep koki di seluruh dunia. Robot tersebut dapat belajar bagaimana memasak resep apapun dan dapat membersihkan peralatan masak sendiri.

Akhir Kata

Itualh sejumlah pekerjaan yang kemungkinan besar akan diambil alih oleh robot dengan kecerdasan buatan. Masih banyak pekerjaan lain yang juga terancam, pengrajin, petani, tour guide, ahli robotik, paramedis, dan lainnya. Semoga saja manusia tetap bisa mengendalikan robot. Bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar Robot atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

7 Smartphone Paling Ringan di Dunia 2017, Mudah Dikuasai Satu Tangan!

Beli Zenfone? Di ASUS Exclusive Store Roxy dan Cempaka Mas Saja, Ini Alasannya!

6 Fungsi Lain dari WhatsApp yang JARANG Digunakan Banyak Orang

18 Smartphone Android dengan Prosesor Tercepat di Dunia 2017 (Snapdragon 835)

MediaTek Rilis Prosesor Canggih Helio P23 dan P30, Kalahkan Qualcomm?

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas