Android Oreo: Kok Android Selalu Pake Nama Makanan Manis?

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 24 Agustus 2017, 11:00
menyebutkan nama-nama sistem operasi Android. Tapi apa kamu tahu apa alasan kenapa Google selalu menggunakan nama makanan untuk semua seri Android?

Saking cintanya sama Android, pasti kamu hafal banget dengan fitur-fitur ajaib smartphone Android. Bahkan bukan tidak mungkin jika kamu hapal semua kode nama sistem operasi Android dari setiap versinya.

Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, dan yang terbaru Oreo jadi nama Android 8. Bukan tidak mungkin jika kamu hapal semua nama Android. Tapi apa kamu tahu alasan kenapa Google selalu menggunakan nama makanan untuk semua seri Android?

BACA JUGA
  • 14 Fitur & Kelebihan Android Oreo 8.0, Sudah Tahu Belum?
  • 10 Fakta Android Paling WOW yang Pasti Belum Kamu Tahu!
  • Waspada, 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Pengguna Android!

Nama-nama Android

Terkecuali Android A dan B, Google menggunakan nama-nama makanan untuk kode nama sistem operasi Android. Sebagai pengingat, silakan simak tabel nama Android sesuai versinya berikut:

Versi Android Kode Nama
Android 1.5 Cupcake
Android 1.6 Donut
Android 2.0 Eclair
Android 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt)
Android 2.3 Gingerbread
Android 3.0 Hpneycomb
Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Android 4.1 Jelly Bean
Android 4.4 KitKat
Android 5.0 Lollipop
Android 6.0 Marshmallow
Android 7.0 Nougat
Android 8.0 Oreo

Semuanya menggunakan nama makanan ya. Lantas, apa nama Android A dan B? Menurut Jean-Baptiste Queru yang merupakan salah satu pengembang Android, versi Android 1.0 tidak memiliki kode nama sama sekali. Kecuali versi 1.1 diberikan kode nama Petit Four yang tidak berurutan secara alfabetis.

Manis Banget!
Sudah tahu berbagai kecanggihan dari versi Android satu ini? Nah berikut ulasan fitur canggih dan kelebihan Android Oreo 8.0 + cara updatenya (wajib tahu).
LIHAT ARTIKEL

Kenapa Semua Versi Android Pake Nama Makanan

Dari versi Android Cupcake sampai Android Oreo, semuanya menggunakan nama makanan yang manis. Kenapa sih, Google pake nama makanan penutup untuk semua nama versi Androidnya? Ini adalah rahasia dapur Google.

Namun, saat perilisan Android KitKat, Google sempat memberikan pernyataan. Kabarnya alasan KitKat jadi nama Android 4.4 karena pada saat itu teknisi Android yang mengembangkan Android 4.4 hingga larut malam selalu mengambil KitKat sebagai cemilan.

Kenapa Google tidak menggunakan nama hewan seperti Apple yang menamai MacOS-nya ya? Mungkin karena Google ingin para teknisi merasakan manisnya kesuksesan dari setiap sistem operasi yang berhasil mereka kembangkan. Itulah gunanya makanan pencuci mulut, bukan?

Dan alasan kenapa Googel pilih nama Oreo karena makanan ini dikenal banyak orang. Terus manis; sesuai dengan fitur Android Oreo yang semakin manis dan canggih!

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

3 Aplikasi Terbaik untuk Hemat Kuota dan Memori Android

Serasa Tahun 2020! 5 Concept Smartphone Futuristik Ini Keren Banget Kalo Diproduksi!

7 Game HD Android Size Kecil Dengan Grafis Secanggih Game Konsol

Selain Asik, 5 Game Ini Bisa Jadi Sumber Penghasilan Loh, Begini Caranya...

5 Aplikasi Android Ini Punya Fungsi Aneh dan Bikin Gagal Paham, Buat Apa Sih?

APPS TERKAIT
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
undefined
Kembali Keatas