5 Kelebihan Smartphone Dual Kamera, Seperti Pakai DSLR!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Wednesday, 10 May 2017, 12:00
Inilah kelebihan smartphone dual kamera, yang layaknya seperti pakai DSLR! Yuk, kita cari tahu! Apakah bisa menggantikan peran kamera profesional?

Selain untuk berinternet ria, smartphone juga bisa diandalkan untuk menangkap momen penting menggunakan fitur kameranya. Bahkan berkat keanggihan teknologi, sekarang ini sudah ada smartphone dengan fitur dual kamera. Lalu, apa kelebihan smartphone dual kamera?

Fitur dual kamera atau kamera ganda jadi hal mainstream, kamu bisa mendapatkannya di smartphone dual kamera yang mahal ataupun murah. Konon, fitur ini punya daya tarik khusus karena bisa hasilkan foto ala bidikan DSLR.

Mudahnya, dual kamera berisikan dua sensor yang punya cara kerja beda tapi saling melengkapi. Sensor utama bekerja seperti kamera biasa. Sensor kedua menambahkan elemen yang tak bisa dilakukan sensor utama.

Benarkah fitur dual kamera punya kemampuan super sehingga bisa menggantikan peran kamera profesional? Inilah kelebihan smartphone dual kamera, yang layaknya seperti pakai DSLR! Yuk, kita cari tahu!

BACA JUGA
  • Hebat! Yi 4K+ Action Camera Bisa Bikin Video 4K Tambah Mulus, Nggak Percaya?

Kelebihan Smartphone Dual Kamera

1. Efek 3D Lebih Real

Sumber foto: Foto: Cultofmac

Adanya dual kamera bikin jumlah perspektif bertambah. Kemampuan ini bisa dilihat di Huawei Honor 6X dan Mate 9 yang kedua lensanya bisa menganalisis kedalaman jarak lebih baik. Hasilnya, gambar yang dihasilkan seolah-olah memiliki efek 3D yang jauh lebih real.

2. Efek Bokeh Keren

Sumber foto: Foto: Express

Kelebihan smartphone dual kamera berikutnya ialah kamera sekunder di beberapa smartphone punya kemampuan tingkatkan ketajaman gambar. Lensa di HTC One M8 misalnya yang disertai fungsi untuk atur efek warna di background atau foreground, bahkan menyalin bagian gambar ke foto lainnya sehingga foto dengan efek out-of-focus atau bokeh bisa didapatkan dengan mudah.

3. Level Baru Augmented Reality dan Virtual Reality

Sumber foto: Foto: Cnet

Kelebihan smartphone dual kamera lainnya ada konsep keren di smartphone Lenovo Phab 2 Pro dan ASUS ZenFone AR yang jadi perangkat dengan dukungan teknologi AR Google Tango dan VR Google Daydream karena kamera RGB tradisional yang disematkan turut ditambah lensa fish eye dan kamera time-of-flight.

Berkat sederet fitur di atas dan terintegrasinya laser autofocus, maka kamera bisa memaksimalkan fungsi VR dan AR. Hasilnya, kedalaman di semua bidang konten menjadi lebih baik. Bahkan kamera bisa menentukan posisi pengguna di sebuah ruangan.

ADVERTISEMENT

4. Hasil Zooming Detail

Sumber foto: Foto: Hexus

Secara khusus, iPhone 7 Plus hadir membawa fitur 2X optic zoom yang bisa zooming objek dengan hasil detail. Berkat fitur ini, iPhone 7 Plus bisa memotret gambar portrait tanpa penurunan kualitas karena hasilnya lebih baik ketimbang kemampuan digital zoom yang sudah lama ada di berbagai smartphone.

Selain itu, efek zoom bisa dihasilkan oleh salah satu sensor kamera LG G5 berkat adanya sudut lebar, yang bisa menangkap jangkauan luas dan menghasilkan dimensi lain pada gambar. Dengan fitur ini, LG G5 bisa menangkap gambar zoom dengan kualitas bagus, misalnya pada foto dengan objek pemandangan.

5. Tingkatkan Kualitas di Low-light

Sumber foto: Foto: Verizon Wireless

Jika kamu memotret di kondisi pencahayaan minim, jangan harap hasil gambar bagus akan kamu dapatkan. Untungnya, salah satu kelebihan smartphone dual kamera ialah bisa menangkap detail dan pencahayaan bahkan setelah proses pengambilan gambar.

Meskipun belum bisa disejajarkan dengan kemampuan kamera DSLR, namun dua buah sensor bisa bekerja lebih prima di kondisi low-light ketimbang menggunakan satu sensor saja.

Itu dia 5 kelebihan smartphone dual kamera yang bisa menggantikan peran kamera profesional. Nggak cuma gimmick, dual kamera pada smartphone dirancang khusus untuk menghasilkan gambar dengan kualitas lebih unggul. Kamu punya pengalaman seru saat memakai fitur dual kamera di smartphone? Share pengalamanan kamu di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Kembali Keatas