9 Kebiasaan Unik Pengguna HP Jadul, Nomor 7 Kamu Banget!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 29 November 2017, 08:00
Apa kamu ingat dan kamu kangenin dari kebiasan menggunakan handphone jadul? Yuk mari bernostalgia dengan seperti apa sih kebiasaan unik pengguna handphone jadul

Seiring teknologi yang terus berkembang, penggunaan featured phone atau handphone jadul pun semakin jarang. Hal itu karena pengguna sudah merasa semua kebutuhan komunikasinya terpenuhi oleh smartphone. Padahal featured phone sendiri sebenarnya masih bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Di saat featured phone mulai ditinggalkan, ingatkah kamu dengan keseruan menggunakan featured phone? Atau, masih adakah yang apa kamu ingat dan kamu kangenin dari kebiasan menggunakan handphone jadul? Yuk mari bernostalgia dengan seperti apa sih kebiasaan unik pengguna handphone jadul pada waktu dulu!

BACA JUGA
  • 23 Handphone Dengan Desain Unik yang Pasti Bikin Kamu Tertarik
  • 6 Alasan Orang Indonesia Gonta-ganti Nomer HP, Kamu Juga?

9 Kebiasaan Unik Pengguna Handphone Jadul

Jika melihat ke belakang, saat handphone jadul seperti raja ponsel Nokia 3300 masih banyak penggunanya, ada-ada saja hal unik yang dilakukan penggunanya. Bahkan ada kebiasaan unik itu yang dibawa sampai ke eranya smartphone. Apa saja ya kebiasaan unik pengguna handphone jadul ini?

1. Nggak Pernah Ganti-Ganti Nomer

Dulu, nomer telepon tuh fungsinya cuma untuk SMS dan telpon doang. Yah sesekali kirim MMS jika memang handphone-nya sudah lebih canggih. Makanya saat orang menggunakan handphone jadul tuh nggak pernah ganti-ganti nomer.

Beda banget sama pengguna smartphone yang sering ganti-ganti nomer hanya untuk ngejar promo internet murah doang. Gara-gara tukang ganti-ganti nomer inilah kemudian diberlakukan cara registrasi kartu dan proses registrasi ulang kartu prabayar yang makin ribet.

2. Nomer Jarang Ganti, Casing yang Sering Ganti

Meski banyak handphone yang memiliki desain unik, tapi dulu itu harganya mahal. Karena harga handphone mahal, maka solusinya adalah dengan mengganti casing handphone. Beberapa handphone zaman dulu bahkan memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan casing yang berbeda agar handphonenya terlihat unik.

3. Nggak Bisa Ganti Launcher, Tapi Bisa Ganti Logo

Berbeda dengan smartphone Android yang memudahkan kustomisasi tampilan dengan menggunakan launcher, handphone zaman dulu nggak dibekali fitur ini. Logo operator ini sebenarnya untuk menggantikan tulisan nama operator, tapi setelah dilihat-lihat ternyata malah jadi mempercantik tampilannya. Unik kan?

4. Telepon Sesingkat-singkatnya, atau Sepuas-puasnya

Pernah nggak kamu ngalamin ada orang yang nelpon tiap 5 detik dimatiin, nelpon lagi 5 detik terus dimatiin? Ini tuh gara-gara ada gratisan telpon di 5 detik pertama. Atau ada juga yang teleponan sampe berjam-jam tengah malam karena gratisannya cuma di tengah malam. Pokoknya ada-ada aja ulah pengguna handphone jadul ini.

ADVERTISEMENT

Tapi sejak ada smartphone dan beragam aplikasi chatting yang dibawanya, telponan pun semakin mudah dan murah. Ada Skype atau LINE yang memberikan layanan telpon gratis hanya modal kuota doang. Tapi yakin nih nggak kangen telponan 5 detik matiin, 5 detik matiin itu?

Skype for Android 7.37.99.40
Apps Social & Messaging Skype Technologies
DOWNLOAD
LINE for Android 10.0.2
Apps Social & Messaging Naver
DOWNLOAD

5. Jadi Komposer

Daripada pake ringtone bawaan, pengguna handphone zaman dulu itu lebih memilih untuk menggunakan ringtone buatan sendiri. Dengan fitur composer, semua pengguna handphone zaman dulu bisa menciptakan lagu ringtone sendiri yang berbeda dengan orang lain.

6. Jago Ngetik

Berkat keyboard fisik yang mudah dihafal, pengguna handphone dulu itu jago banget soal mengetik. Bahkan saking jagonya, dulu itu tiap ngetik nggak perlu lihat keyboard lagi. Coba deh kalo di smartphone, berani nggak ngetik nggak pake lihat?

7. Pake Gantungan Handphone

Agar semakin manis, handphone jadul bisa ditambahkan gantungan. Selain sebagai pemanis, tujuannya agar bisa digantungkan di leher atau agar mudah diambil dari saku celana. Sayang ya, smartphone sekarang tidak dibekali lubang gantungan kayak handphone zaman dulu.

8. Pake Lampu Kerlap-kerlip

Ingat dengan lampu yang ditempelkan di bodi belakang handphone zaman dulu nggak? Lampu ini akan nyala kerlap-kerlip setiap kali ada SMS atau telpon masuk. Saat belum ada smartwatch, lampu ini bermanfaat banget sebagai tanda adanya pesan atau panggilan yang masuk saat handphone disimpan telungkup di meja. Ngomong-ngomong, lampu ini bisa dipake di smartphone nggak ya?

9. Main Game Tanpa Khawatir Baterai Habis

Karena tidak banyak pilihan game, handphone zaman dulu rata-rata dibekali game legendaris Snake atau kapal-kapalan dan Brick. Menariknya, main game di handphone zaman dulu itu kita nggak mikirin baterai cepat habis atau nggak gara-gara tampilannya memang hemat daya. Beda banget sama smartphone yang selalu bikin kita sibuk mencari aplikasi penghemat baterai atau cara menghemat baterai agar bisa main game dengan nyaman.

Dari 9 kebiasaan unik pengguna handphone jadul di atas, kira-kikra mana nih yang sering kamu lakukan pada waktu dulu? Jika kamu belum pernah menggunakan ponsel jadul, maka kamu tidak tahu gimana serunya lampu kerlap-kerlip atau gonta-ganti casing semaunya. Kasian deh!

ARTIKEL TERKAIT

8 Gamepad Android Terbaik untuk Gamer, Bikin Gaming Makin Ajib!

Waduh! Ini 5 Postingan Facebook Yang Bikin Kamu Berpikiran Sempit

Ternyata Ini Kartu Nama 14 Orang Hebat di Dunia! Ada Einstein dan Zuckerberg

Gigabyte Aero Series, Ini 4 Laptop Gaming Tipis yang Cocok buat Para Professional

Aplikasi Palsu Berisi Malware, Hindari dengan 4 Cara Ini!

APPS TERKAIT
Erafone 1.5
Apps Erajaya
Mobile Phone Tracker 4.2
Apps Sky Productivity Pvt. Ltd.
Math Tricks 7.7
Apps Antoni
DIY Locker - Tattoo Locker
Apps DIY Mobile
undefined
Kembali Keatas