10 Jenis Sensor Pada Smartphone, Nggak Cuma Sidik Jari!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 23 Januari 2017, 20:00
Selain sensor sidik jari, ternyata masih terdapat banyak loh jenis sensor pada smartphone yang mungkin belum kita ketahui. Apa saja itu berikut jenis sensor smartphone.

Sebagai perangkat yang kaya fungsi, kamu bisa melakukan banyak hal melalui smartphone, mulai dari fungsi dasar seperti SMS dan telepon, bahkan menonton video definisi tinggi dan memainkan game canggih.

Namun, tahukah kamu kalau smartphone bisa jadi canggih berkat penggunaan serangkaian sensor? Nah, ini dia beberapa jenis sensor pada smartphone beserta fungsinya yang perlu kamu ketahui!

BACA JUGA
  • Parah! Sensor Fingerprint di Galaxy S7 Dibobol Hanya Bermodalkan Printer
  • Cara Keren Mengubah Kamera HP Android Kamu Jadi Sensor Sidik Jari

Jenis Sensor Pada Smartphone yang Mungkin Belum Kamu Tahu

1. Akselerometer

Dimulai dari yang paling umum, sensor akselerometer pada smartphone bekerja untuk mendeteksi orientasi perangkat. Mudahnya, sensor ini dapat mengubah modus layar dari portrait ke landscape, sangat berguna saat kamu memainkan game seperti permainan balapan yang pengoperasiannya dengan memiringkan smartphone.

Ada banyak smartphone dengan sensor akselerometer yang bisa kamu temui di pasaran, mulai dari yang dibanderol murah, sampai mahal, seperti Xiaomi Redmi series, Samsung Galaxy J series, bahkan iPhone 5S.

2. Giroskop

Selanjutnya terdapat giroskop yang mirip sensor akselerometer karena bekerja memberikan informasi orientasi perangkat. Bedanya, giroskop bekerja lebih presisi berdasarkan prinsip momentum sudut, mampu menampilkan dimensi tambahan untuk informasi dari akselerometer melalui perputaran perangkat.

Perbedaan lain dengan akselerometer adalah pengaruh gravitasi, di mana giroskop tidak memilikinya. Saat ini, smartphone yang dilengkapi dengan sensor giroskop sangat banyak tersedia, beberapa di antaranya adalah Asus Zenfone 3 series, Xiaomi Mi Max, Google Pixel, dan Motorola Moto Z.

3. Magnetometer

Jenis sensor smartphone yang ke tiga adalah Magnetometer. Di beberapa smartphone juga banyak ditemukan sensor magnetometer. Sensor ini bekerja mendeteksi medan magnet dan termasuk salah satu sensor yang dimanfaatkan aplikasi kompas untuk mengarah kutub utara bumi. Untuk koleksi smartphone yang memiliki sensor ini di antaranya adalah Xiaomi Mi4, LG Nexus 5X, iPhone 5S dan Lenovo K4 Note.

4. Proximity

Sensor proximity terdiri dari LED inframerah dan detektor cahaya inframerah. Memiliki cara kerja dengan memancarkan cahaya inframerah tak kasat mata yang dipantulkan objek terdekat dan dijemput detektor inframerah. Proximity biasanya ditempatkan di dekat lubang suara smartphone.

ADVERTISEMENT

Hasilnya, sistem akan mengetahui saat kamu melakukan panggilan telepon, membuat layar mati sementara sehingga berpengaruh pada kinerja baterai yang lebih awet sekalipun dipakai menelepon. Soal penggunaan, hampir semua smartphone di pasaran dilengkapi sensor ini.

5. Sensor Cahaya

Sensor cahaya membuat smartphone secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar dengan cahaya sekitar. Saat kamu menggunakan smartphone di bawah paparan cahaya berlimpah, maka kecerahan layar akan ditambah. Sebaliknya, saat menggunakan di cahaya minim, kecerahan layar menjadi berkurang.

Dengan mengatur kecerahan layar secara otomatis, setidaknya baterai akan lebih awet karena layar smartphone memang tidak harus selalu menyala terang. Terkait penggunaan, smartphone seperti Xiaomi Mi5, iPhone 7 dan 7 Plus bahkan smartphone murah seperti Asus Zenfone Go sudah dilengkapi sensor ini.

6. Barometer

Jenis sensor di smartphone yang ke enam adalah Barometer. Sensor barometer mampu mengukur tekanan atmosfer, menentukan ukuran tinggi perangkat di atas permukaan laut. Hasilnya, fitur GPS pada perangkat memiliki akurasi yang baik. Sensor satu ini banyak dipakai smartphone high-end seperti LG G5, Google Pixel, iPhone 7, Samsung Galaxy S7 dan Xiaomi Mi 5s.

7. Termometer

Sensor termometer pada smartphone bekerja untuk mengukur suhu lingkungan. Namun, penggunaan sensor termometer berbeda pada tiap smartphone, beberapa di antaranya bisa mengukur suhu lingkungan, namun ada juga yang dipakai untuk mengukur suhu perangkat dan baterai, di mana saat terdeteksi overheat maka sistem akan mati secara otomatis untuk mencegah kerusakan. Sejauh ini, sensor termometer sudah digunakan pada smartphone Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy Note 3.

8. Pedometer

Sensor satu ini juga terdapat pada sejumlah smartphone, fungsinya untuk menghitung langkah kaki pengguna. Sekalipun data tersebut bisa dihasilkan oleh sensor akselerometer, namun penggunaan pedometer menghasilkan data yang jauh lebih akurat, sekaligus hemat daya. Mengenai perangkat, Google Nexus 5 termasuk smartphone yang disertai sensor pedometer secara utuh.

9. Sensor Denyut Jantung

Meskipun jenis sensor pada smartphone yang satu ini kurang banyak digunakan, namun kamu bisa menemukannya di smartphone Samsung Galaxy S5. Sensor denyut jantung bekerja dengan mengukur denyut nadi seseorang, mendeteksi denyutan per menit dari pembuluh darah pada jari.

10. Sensor Sidik Jari

Jenis sensor smartphone yang terakhir adalah sensor sidik jari. Jenis sensor smartphone yang saat ini memang banyak digunakan pada smartphone keluaran terbaru. Fingerprint sensor mempunyai fungsi utama sebagai alat otentikasi keamanan smartphone, biasanya diletakkan di bagian depan atau belakang, memungkinkan kamu memakai sidik jari untuk membuka smartphone dari mode kunci.

Nah, itulah 10 jenis sensor smartphone yang mungkin belum kamu ketahui. Jika ada jenis sensor smartphone lain yang belum Jaka sebutkan, jangan ragu tulis di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

War of Angels: Game RPG Android Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan!

Ratusan Orang Gagal Temukan Perbedaan di 7 Gambar Ini, Kamu Gimana?

50+ Tips & Trik Fitur Terbaru WhatsApp 2021, Jarang Diketahui!

10 Aplikasi Muka Kartun Terbaik yang WAJIB Ada di HP Android Kamu

Anti Maling, Samsung Galaxy Note 7 Meledak di Tangan Pencurinya!

APPS TERKAIT
ICE Unlock Fingerprint Scanner 1.4.1.5
Apps Diamond Fortress Technologies, Inc.
Screen Off Pro (Screen lock) 1.0
Apps Yogesh Dama
Voice Lock Screen 1.9.2
Apps Onex Softech
WHAFF LOCKER 13
Apps WHAFF
undefined
Kembali Keatas