Inilah Kenapa Touch Screen Smartphone Cuma Respon Terhadap Jari Manusia

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 10 November 2015, 15:30
Mengapa touchscreen smartphone hanya respon terhadap jari kamu? Sebenarnya tidak hanya respon terhadap jari kita, tetapi juga dengan anggota tubuh lainnya yang terbalut kulit. Smartphone kita hanya respon terhadap jari karena jari menghasil

Mengapa touchscreen smartphone hanya respon terhadap jari kamu? Seringkali kita tidak menyadari bahwa sebenarnya touchscreen kamu cuma respon terhadap jari dan anggota tubuh kamu saja. Kalau dipikir-pikir, adalah hal yang wajar mengapa touchscreen itu hanya respon terhadap jari dan anggota tubuh lain yang terbalut kulit.

Coba saja bayangkan apa jadinya jika touchscreen tersebut respon terhadap semua benda? Apa jadinya smartphone kita? Bisa saja smartphone kita menyetel musik sendiri, membuka kamera sendiri, atau yang lebih parah bisa saja smartphone kita menelepon dengan sendirinya.

BACA JUGA
  • Cara Merawat Touchscreen Ponsel
  • Hati-hati, Layar iPhone 6 Ternyata Mudah Tergores
  • Tips Merawat Layar Sentuh Smartphone atau Tablet

Mengapa Touchscreen Smartphone Hanya Respon Terhadap Jari?

Sebenarnya tidak hanya respon terhadap jari kita, tetapi juga dengan anggota tubuh lainnya yang terbalut kulit. Smartphone kita hanya respon terhadap jari karena jari menghasilkan listrik statis. Berbeda dengan teknologi layar sentuh sebelumnya (menggunakan respon tekanan benda apa saja), layar sentuh masa kini menggunakan teknologi LAYAR KAPASITIF. Sistem kapasitif memiliki sebuah lapisan pembungkus yang bersifat kapasitif berbahan Indium Tinoxide pada seluruh permukaannya, yang dapat meneruskan arus listrik secara continue untuk kemudian diteruskan ke sensornya.

Kapasitif sendiri adalah istilah yang diambil dari ilmu Fisika pada cabang ilmu Reaktansi Kapasitif. Singkat penjelasan dari istilah Kapasitif ini adalah dapat merespon arus statis dengan besar yang sudah disesuaikan saat pembuatannya. Sebenarnya teknologi touchscreen ini dapat merespon semua benda yang menghasilkan listrik statis, hanya saja besar dari listrik statis pada touchscreen ini sudah disesuaikan dengan listrik statis pada tubuh manusia sehingga listrik statis benda lain hanya akan diingat dan dijadikan referensi oleh touchscreen. Untuk lebih lanjutnya kamu dapat Google-ing dan pelajari sendiri apa itu Reaktansi Kapasitif menurut Ilmu Fisika di internet.

Bagaimana? Apa sekarang kamu sudah tahu mengapa touchscreen kamu cuma bisa respon tangan kamu aja? Jika masih ada yang kurang paham langsung aja komen di bawah ini ya.. Semoga Bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Susunan Formasi Base Town Hall 9 Terbaik di Clash of Clans

8 Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Android, Valid!

Cara Menghapus Iklan yang Mengganggu di Browser

Update Macam-macam Pasukan di Clash of Clans (COC) Lengkap

APPS TERKAIT
Shake to Unlock 1.91
Apps NDTSoft
TapTap Screen Lock 1.3.0
Apps Dmytro Dolotov
Screen Filter 1.3
Apps haxor industry
Lazy Swipe 1.51
Apps Woody Apps
undefined
Kembali Keatas