Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Android Kamu Nyaman Dipakai

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 02 Maret 2016, 14:00
Sayang kan kalau smartphone yang masih bisa kamu manfaatkan malah tergeletak begitu saja. Beberapa langkah di bawah ini perlu dilakukan untuk mengembalikan Android kamu seperti sedia kala.

Jaman sekarang adalah era dimana seseorang dapat memiliki lebih dari satu smartphone. Ada smartphone baru dan smartphone lama. Smartphone lama yang termasuk dalam kategori kali ini adalah smartphone berbasis Android yang telah berumur 3 hingga 5 tahun. Perkembangan teknologi menyebabkan smartphone Android yang telah berumur menjadi tidak layak untuk dipakai karena telah dirasa sangat lambat/lemot sehingga tidak nyaman untuk digunakan lagi.

Di JalanTikus mungkin sudah banyak artikel yang membahas masalah ini, namun pada artikel ini, saya berniat merangkum cara untuk membuat smartphone Android jadul menjadi nyaman untuk digunakan kembali. Sayang kan kalau smartphone yang masih bisa kamu manfaatkan malah tergeletak begitu saja. Beberapa langkah di bawah ini perlu dilakukan untuk mengembalikan Android kamu seperti sedia kala.

BACA JUGA
  • Tips Agar BBM di Android Agar Tidak Boros Memori dan RAM
  • Cara Mempercepat Android dengan Menghemat RAM (Tanpa Root)
  • Cara Menambah RAM Android Tanpa ROOT Menggunakan Greenify

Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Android Kamu Nyaman Dipakai

1. Melakukan Root

Apa itu Root? Penjelasan lebih lanjut di:

Apa saja yang keuntungan setelah smartphone Android jadul di-root?

2. Instalasi Software

Kali ini Saya bermaksud memberikan tips bagi pemilik smartphone Android jadul yang telah mendapatkan akses root yaitu dengan menginstall software:

RAM Manager Pro

RAM Manager Pro berfungsi untuk mengatur manajemen RAM pada smartphone Android jadul milikmu dengan lebih baik. Seperti pengaturan SWAP, VM Head, Cache, dan penggunaan RAM.

RAM Manager Free 7.0.4
Apps Driver & System Juwe11
DOWNLOAD

Seeder

Seeder berfungsi untuk mengatur RNG yang berjalan pada sistem Android agar terjadi lalu lintas yang lancar sehingga membuat Android bebas hambatan dalam manajemen RAM, CPU, GPU, dan lainnya.

Seeder 2.0.0
Apps Productivity LCIS
DOWNLOAD

No-Frils CPU Control

No-Frils CPU Control berfungsi untuk mengatur frekuensi CPU sesuka hati, mengatur Govenor Scaling sesuka hati, tentu yang berakibat kepada performance dan daya tahan baterai.

No-frills CPU Control 1.28.2
Apps Productivity SINÉO
DOWNLOAD

Greenify

Greenify adalah sebuah software yang berfungsi untuk menghibernasikan aplikasi berjalan yang tidak digunakan. Untuk info lengkap mengenai Greenify bisa kamu baca pada artikel Cara Menambah RAM Android Dengan Hibernasi Aplikai Menggunakan Greenify.

Greenify
Apps Developer Tools Oasis Feng
DOWNLOAD

Clean Master

Clean Master dapat digunakan walau tidak memiliki akses root, namun tidak semua fitur dari Clean Master dapat dijalankan. Clean Master berfungsi untuk menghapus cache aplikasi yang hanya akan memenuhkan penyimpanan internal, dapat menghapus aplikasi bawaan/bloatware, dapat menutup paksa aplikasi yang sedang berjalan pada background, dapat memindahkan aplikasi ke SD Card, dapat menghemat baterai smartphone Android jadulmu karena dapat mematikan beberapa sistem yang boros daya. Tentunya menggunakan Clean Master akan mendatangkan banyak kegunaan dalam mempercepat smartphone Android jadul milikmu.

Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cleaning & Tweaking Cheetah Mobile Inc
DOWNLOAD

Sekian informasi kali ini, semoga membantu para pengguna smartphone Android jadul. Tips ini juga berguna bagi kamu yang memiliki smartphone Android yang merasa sudah lemot. Terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

ASUS X540, Laptop Layar Lebar, Spek Tinggi, dengan Harga Murah Meriah!

Seru! Ini 12 Games Jadul yang Bisa Dimainkan di HP Android

Kumpulan Artikel Dewa Untuk Menyadap HP Android Secara Diam-Diam

Xiaomi Mi 5: Harga Murah, Desain Mewah, Spesifikasi IBLIS

APPS TERKAIT
Game Booster & Launcher 2.0.4
Apps INFOLIFE LLC
Razer Cortex: Game Booster 2019
Apps Razer Inc.
Draw Your Game 1.3.6
Apps Korrisoft
Google Play Games 2020.01.15709 (292726199.292726199-000409)
Apps Google
undefined
Kembali Keatas