8 Gadget Populer ini Berhasil Dikalahkan Oleh Smartphone

Ditulis oleh Jaka - Senin, 07 Agustus 2017, 16:30
Perkembangan smartphone pada beberapa tahun ini memang telah sangat pesat dan penuh inovasi. Beberapa gadget pun tersingkirkan karena fungsinya sudah ada di smartphone. Mau tahu apa saja?

Perkembangan smartphone pada beberapa tahun ini memang sangat pesat dan penuh inovasi. Berbagai smartphone datang dengan spesifikasi yang sangat tangguh dan hampir setara dengan komputer.

Dengan perkembangan tersebut, maka secara perlahan dan tidak disadari, smartphone telah mengalahkan bahkan menggeser fungsi gadget-gadget yang dahulu sempat populer pada zamannya. Sebut saja MP3, MP4, radio, dan masih banyak lagi. Mau tahu apa saja? Simak yuk! Inilah 8 Gadget yang berhasil dikalahkan oleh smartphone canggih saat ini.

BACA JUGA
  • Meski Kecil, 5 Benda ini Punya Fungsi Besar dan Canggih yang Bikin Kamu Kagum
  • Keren! Inilah 4 Teknologi Masa Depan yang Sudah Ada di Tahun 2016
  • 5 Smartwatch dan Smartband Paling MURAH Harga Mulai Rp 200 Ribuan

8 Gadget Populer ini Berhasil Dikalahkan Smartphone

1. Pagers

Sumber foto: Foto: Answers.com

Apa kamu pernah mendengar gadget satu ini? Mungkin kebanyakan dari kamu belum pernah mengetahui tentang benda ini dan apa fungsinya. Dulu Pagers digunakan untuk mengirim pesan teks dan sesekali dapat digunakan untuk menelepon seseorang. Tapi semenjak hadirnya smartphone, gadget ini benar-benar sudah mati dan tidak pernah digunakan kembali.

2. Portable Media Players (PMP)

Sumber foto: Foto: Pixabay

Kalau kamu lahir di era 90-an pasti pernah mendengar atau mungkin memakai gadget ini. Portable Media Players (PMP) adalah gadget yang berfungsi untuk memutar lagu sebanyak 10-15 lagu sebelum baterai dari PMP habis terkuras. Tapi sekarang? Apa kamu masih mau membeli gadget ini? Hampir tidak ada yang mau membelinya karena dengan smartphone saja kamu sudah dapat memutar berbagai jenis lagu.

3. FM Radio Receivers

Sumber foto: Foto: Flickriver

Dulu gadget ini sangatlah keren dan digemari oleh orang-orang. Duduk di depan FM radio receivers dan mencari gelombang yang menyiarkan berita dan hal lainnya. Tapi, coba deh kamu lihat sekarang, apa masih ada yang memakai gadget tersebut? Hampir tidak ada yang memakainya, kecuali orang-orang yang berada di pedesaan saja.

ADVERTISEMENT

4. Personal Digital Assistants (PDA)

Sumber foto: Foto: Root.cz

Jika kamu pernah bekerja di kantor pada zaman dulu pasti pernah mendengar gadget yang satu ini. Personal Digital Assistants (PDA) berfungsi untuk menerima surat atau email tertentu dari kantor, sehingga kamu tidak akan tertinggal rapat atau jadwal kantor kamu. Tapi semenjak adanya smartphone, gadget ini tidak pernah digunakan kembali.

5. Sistem Navigasi GPS

Sumber foto: Foto: thaiscml.me

Apa kamu sering bepergian ke luar kota atau bahkan luar negeri? Tentu hal pertama yang kamu butuhkan adalah GPS yang berguna untuk menunjukkan arah. Sekarang orang yang masih memakainya sudah sangat jarang, walaupun ada beberapa yang masih bertahan dengan gadget tersebut. Tapi pada kenyataannya smartphone jauh lebih canggih dan mudah digunakan.

6. Kamera Digital

Sumber foto: Foto: Wikipedia

Dulu kamera digital adalah gadget yang populer dan wajib dimiliki bagi kamu yang suka dengan fotografi. Tapi sekarang? Kamu bahkan ogah dengan gadget yang satu ini kan? Alasannya sama, yaitu gambar yang dihasilkan nggak sebagus kamera smartphone canggih pada zaman sekarang.

Memang benar, kamera smartphone belum mampu mengalahkan kamera DSLR. Tapi kamera smartphone adalah kamera yang pas jika digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti selfie atau hanya sekedar memotret objek yang nggak terlalu penting lainnya.

7. Remote Control

Sumber foto: Foto: brandedshorts.jp

Kamu sering gonta-ganti TV? Pasti sangat merepotkan karena kamu harus mengganti jenis remote TV kamu juga. Itu tentu bukanlah hal yang praktis. Lama-kelamaan kamu pasti akan bosan dengan berbagai jenis remote yang ada. Tapi semenjak adanya smartphone, gadget ini pun semakin dilupakan.

Smartphone keluaran terbaru biasanya sudah disertai dengan sensor IR blasters, sehingga kamu dapat mengontrol semua jenis TV hanya dengan satu smartphone saja. Mudah bukan?

8. Portable Game Console

Sumber foto: Foto: Warosu.org

Dulu Nintendo telah meluncurkan perangkat Game Console pertama bernama Game Boy. Setelah itu, Sony meluncurkan perangkat yang lebih canggih yaitu PSP, yang hingga kini masih bisa kamu nikmati. Tetapi jika kamu sudah memiliki smartphone, maka semua gadget tersebut sudah tidak terlalu berguna lagi.

Apalagi jika smartphone kamu sudah punya prosesor tinggi bahkan sampai dengan 10 inti (Deca-core), pasti semua games mobile dapat dilibas habis sama si smartphone. Games yang disediakan juga kualitasnya tentu tak diragukan lagi. Dan yang pasti praktis karena kamu tinggal pergi ke Store yang menyediakan berbagai jenis game di sana.

Itulah beberapa gadget yang berhasil dikalahkan oleh smartphone zaman sekarang. Kemudahan dan kinerja yang lebih mumpuni adalah faktor yang menjadikan smartphone sebagai pilihan utama bagi kamu. Jika ada gadget lain yang belum masuk dalam daftar, silakan kamu tulis di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

5 Smartphone Android Tahan Panas Terbaik untuk Main Mobile Legends

Jangan Asal Root! Ini 5 Smartphone Android Terbaik untuk Diroot

5 Smartphone Android Tahan Panas Terbaik untuk Main Mobile Legends

Cara Melakukan Siaran Langsung di Instagram Live Stories

Cara Mengetahui yang Mengambil Screenshot Foto di Instagram

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
PicsArt - Photo Studio 13.9.2
Apps PicsArt
Inbox by Gmail 1.37
Apps Google
undefined
Kembali Keatas