Jangan Buang Tablet Lama Kamu, Ini 5 Fungsi Rahasia Tablet

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 20 Juni 2017, 16:30
Banyak pengguna gadget yang tidak menyadari kelebihan dari perangkat mereka. Jadi hal apa saja yang sebenarnya bisa dikerjakan dengan tablet kita? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Selain smartphone, banyak pengguna yang juga memilih memakai tablet. Diketahui, iPad merupakan tablet populer pertama yang dirilis pada 2010. Sebelumnya Microsoft juga pernah merilis komputer tablet yang disebut Tablet PC pada 2000. Banyak orang menggunakan tablet untuk keperluan hiburan sekaligus membantu pekerjaan. Jika dulu tablet seperti teknologi dalam fiksi ilmiah, sekarang sudah banyak yang bisa memilikinya.

Namun seiring perkembangan zaman, orang lebih menyukai perangkat yang lebih kecil. Karena ukuran tablet umumnya lebih besar daripada smartphone, penggunaan tablet hanya oleh orang-orang tertentu saja. Banyak pengguna gadget yang tidak menyadari kelebihan dari perangkat mereka. Jadi hal apa saja yang sebenarnya bisa dikerjakan dengan tablet kita? Yuk, simak ulasan berikut ini!

BACA JUGA
  • Tablet Android Kuno! Ini 6 Alasan Orang Lebih Suka Smartphone
  • Cara Mengendalikan Smartphone Tanpa Sentuhan
  • Beli Smartphone, Berapa Besaran RAM yang 'Ideal' Tahun 2017?

Jangan Buang Tablet Lama Kamu, Ini 5 Fungsi Rahasia Tablet

1. Remote Komputer Melalui Tablet

PC Desktop merupakan perangkat yang sering kita operasikan untuk bekerja, namun kelemahannya adalah ukurannya yang besar tidak memungkinkan untuk digunakan di luar rumah. Jadi bagaimana jika kita memerlukan beberapa file, namun kita tidak sedang berada di depan PC?

Kita tetap bisa menggunakan komputer di mana pun kita berada menggunakan perangkat tablet. Ukuran tablet yang cenderung besar memudahkan kita dalam mengakses komputer dari jarak jauh. Langkah pertama yang harus dilakukan yakni mengunduh dan memasang aplikasi Splashtop Streamer di komputer dekstop dan tablet.

Selanjutnya, kita bisa membuat akun agar dapat mengakses komputer secara jarak jauh. Dengan cara ini, kita tetap bisa terhubung dengan komputer di mana pun kita berada. Bahkan kita bisa bermain game komputer dengan mudah berkat fitur menarik dari aplikasi Splashtop ini.

2. Transfer File Secara Nirkabel Dari Tablet ke Komputer

Tablet Apple dan Android memiliki fitur transfer file menggunakan Bluetooth. Tapi biasanya cara transfer biasa lebih sulit dilakukan dan ribet. Maka dari itu, bagi pengguna Apple, kita bisa memanfaatkan Apple AirDrop, yakni fitur built-in yang memungkinkan kita bisa transfer file secara mudah antara Mac Desktop dan gadget iOS lainnya seperti iPad atau iPhone. Sedangkan untuk tablet Android, kita bisa menggunakan aplikasi Airmore. Dengannya kita bisa transfer musik, film, foto, dan aplikasi dari tablet ke komputer dan sebaliknya.

3. Buat Tablet Jadi Remote TV yang Powerful

Beberapa tablet sengaja dirancang lebih intuitif. Misalnya Tab Galaxy, perangkat tersebut telah dibekali pemancar IR built-in yang dapat digunakan sebagai remote TV universal. Ini sangat bermanfaat karena kita tidak lagi membutuhkan remote TV yang sudah kuno.

Tablet iPad dan Android umumnya memiliki pemancar Inframerah, tapi jika kalian masih belum puas, maka kalian bisa membeli pemancar eksternal yang ditempelkan pada jack audio.

ADVERTISEMENT

Bahkan perangkat smartphone atau tablet bisa difungsikan lebih dari sekedar Remote TV, yakni sebagai remote control. Jadi selain kita bisa mengubah saluran TV, kita juga dapat mengaktifkan perangkat gadget yang lain menggunakan teknologi Bluetooth, misalnya pada perangkat speaker, Smart Lamps, atau perangkat security, dan lain sebagainya.

4. Menampilkan Foto dan Video di TV

Kini kita bisa menemukan produk Smart TV yang menyediakan akses ke YouTube, Vimeo, atau Flickr sehingga kita tetap bisa terhubung ke internet dan sekaligus menonton TV. Tapi dengan perangkat tablet, kita sebenarnya tidak membutuhkan layanan tersebut.

Apabila kalian pengguna iPad atau Apple TV, maka kalian bisa menggunakan AirPlay untuk menampilkan display tablet ke layar TV. Selain menghubungkannya menggunakan akses WiFi, kita juga bisa menggunakan adaptor VGA untuk menghubungkan perangkat tablet ke TV secara langsung.

Bagi pengguna Android, kita juga bisa menggunakan aplikasi yang bernama AllCast. Aplikasi tersebut juga bisa menghubungkan dengan beberapa layanan seperti Amazon TV, Apple TV, dan Roku.

5. Fungsikan Sebagai Tune Gitar

Musisi profesional biasanya membawa tuner gitar elektronik. Tapi dengan tablet kita tidak memerlukan perangkat tersebut. Kita bisa menggunakan aplikasi tuning gitar bernama Guitar Tuna yang tersedia secara gratis untuk iOS dan Android.

Dengan tablet yang kita miliki, kita bisa melakukan tuning gitar supaya lebih cepat dan mudah. Terlebih aplikasi tersebut menyediakan semua instrumen yang populer, dari alat musik gitar, bass, hingga ukulele dan mandolin juga ada. Aplikasi ini juga memiliki fitur canggih seperti metronom, panduan belajar gitar, dan beberapa pilihan alternatif untuk tuning gitar.

Itulah tadi 5 fungsi rahasia tablet yang mungkin belum kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian ya.

ARTIKEL TERKAIT

Ternyata Lebih dari 50% Pengguna Internet Bukan Manusia! Lalu Siapa?

Koneksi Internet Sering Putus Tiba-Tiba? Ini Cara Mengatasinya

Ternyata Internet Dan WWW Itu Nggak Sama! Ini Penjelasannya

5 Mitos Meningkatkan Kecepatan Internet yang Salah Besar

Ternyata Pengguna Internet Terbesar di Dunia adalah Android!

APPS TERKAIT
Chrome Browser 81.0.4044.138
Apps Google
Microsoft Office 2016 (32-bit) Update Feb 20
Apps Microsoft Corporation
NOD32 AntiVirus 8.0.319.0
Apps ESET
Adobe Acrobat Reader DC 2.0.0.483
Apps Adobe Systems Inc
undefined
Kembali Keatas