Jangan Beli Smartphone Bezel-less, Ini 5 Fungsi Bezel di Smartphone!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 24 Oktober 2017, 19:00
Saat ini ada banyak pilihan smartphone bezel-less. Tapi apakah dihilangkannya bezel pada layar ini aman? Soalnya bezel pada smartphone memiliki fungsi penting.

Tren smartphone tanpa bingkai atau bezel-less mulai menjamur. Pasalnya desain smartphone yang bezel-less memang terlihat lebih elegan dan premium, seperti Samsung Galaxy S8.

Saat ini ada banyak smartphone yang hadir tanpa bezel. Rata-rata mulai mengambil rasio layar ke bodi hingga 87% didominasi layar. Tapi apakah dihilangkannya bezel pada layar ini aman? Soalnya bezel pada smartphone memiliki fungsi penting.

BACA JUGA
  • Dari Goole Pixel 2, Ini 20 Smartphone Bezel-less (Bezel Tipis) Terbaik 2017
  • 5 Smartphone Android Dengan Dual Kamera Depan Khusus Bagi Penggila Selfie
  • Bahaya! Jangan Beli Smartphone Tipis, Ini Alasannya

Fungsi Penting Bezel di Smartphone

Harus diakui bahwa smartphone dengan layar bezel-less tampak lebih menawan dan berkesan premium. Tapi apa kamu berani mengorbankan fungsi bezel pada smartphone berikut hanya demi keindahan semata?

1. Perlindungan dari Luar

Kehadiran bezel yang membingkai layar smartphone bukanlah hanya sebatas tempat penyangga layar. Tapi juga memberikan perlindungan dari benturan dan tetesan/rembesan air ke permukaan tempat layar direkatkan.

Coba bayangkan saat smartphone tanpa bezel terjatuh ke tanah, pasti layarnya akan langsung retak karena hanya sedikit lapisan bezel yang melindunginya. Sementara jika bezel smartphone kamu tebal, layar akan lebih aman.

Super Kuat!
Ini dia rekomendasi 5 smartphone tahan banting terbaik selama tahun 2017 untuk menemanimu berenang dan berpetualang.
LIHAT ARTIKEL

2. Tempat Menyematkan Sensor

Bezel pada smartphone bukan sekedar hiasan, tapi sebagai tempat berkumpulnya beragam sensor, seperti sensor sidik jari dan kamera depan. Tanpa bezel, penempatan sensor akan dirombak sehingga tidak jarang membuatnya jadi aneh.

Coba cek Samsung Galaxy S8 yang hadir tanpa tombol Home dan bezel-less, sidik jarinya pindah ke belakang. Jujur sensor sidik jari di sisi depan lebih nyaman, bukan? Pun juga dengan iPhone X yang menggantikan Touch ID dengan Face ID demi desain bezel-less.

3. Penahan dari Sentuhan

Bezel pada smartphone berfungsi untuk menghalau agar tidak semua titik di layar tersentuh saat digunakan. Jadi ada bagian dimana tangan kamu tidak menyentuh layar, sehingga tidak ada kejadian salah pencet karena tidak sengaja tersentuh.

ADVERTISEMENT

4. Agar Leluasa Memilih Casing Tambahan

Dengan adanya bezel pada smartphone, kita bisa memilih casing pelindung tambahan bagi smartphone tanpa harus khawatir estetika smartphone yang kita gunakan berkurang. Tapi jika smartphone bezel-less dipasangi casing tambahan, hasilnya jadi kurang indah.

5. Layar Lebih Indah dengan Bingkai

Ilustrasikan sebuah foto yang tergeletak di meja. Akan lebih indah jika dipasangi sebuah bingkai bukan? Pun juga dengan smartphone, saat nonton video di atau melihat gambar di smartphone yang dilengkapi dengan bezel, kita jadi tahu mana batas layarnya.

Nah, itu dia 5 fungsi penting dari bezel pada smartphone. Di era smartphone bezel-less yang semakin menjamur, rasanya penting bagi kamu untuk mempertimbangkan fungsi ini sebelum membeli smartphone baru dengan layar bezel-less.

Kamu pilih mana, smartphone dengan bezel tebal atau smartphone bezel-less?

ARTIKEL TERKAIT

Auto Kaya! Beli Malware Ini Bisa Hack ATM di Seluruh Dunia

13 Software Wajib Install di Laptop Baru

Duh, 7 Merek Laptop Ini Ternyata Paling Bermasalah di 2018!

Gamer Mobile Legends Sejati PASTI Pernah Merasakan 5 Momen Paling Menjengkelkan Ini

15 Situs Download Film Terbaik & Legal 2021, Lengkap Banget!

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
SCR Screen Recorder Pro
Apps Iwo Banas
undefined
Kembali Keatas