5 Fitur Berguna Dari Smartphone yang Semakin Hari Semakin Menghilang

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 29 Juli 2017, 21:15
Inovasi smartphone memang membutuhkan space (ruang) tambahan dan yang akan menjadi korban dari inovasi adalah fitur yang dianggap sudah jadul. Inilah 5 fitur smartphone yang menghilang atau dalam proses menghilang.

Perkembangan smartphone setiap hari semakin berkembang, berbagai inovasi dan kreatifitas produsen bermunculan. Tetapi semua hal tersebut tidak selalu diterima oleh konsumen, seperti inovasi pada iPhone 7 yang menghilangkan Port 3,5mm Headphone Jack.

Mungkin inovasi tersebut baru awal lalu lama-kelamaan akan hilang sepenuhnya. Inovasi smartphone memang membutuhkan space (ruang) tambahan dan yang akan menjadi korban dari inovasi adalah fitur yang dianggap sudah jadul. Inilah 5 fitur smartphone yang menghilang atau dalam proses menghilang.

BACA JUGA
  • Cara Menggunakan Fitur Android Nougat Tanpa Root!
  • 50+ Tips & Trik Fitur Terbaru WhatsApp 2021, Jarang Diketahui!
  • Cepat dan Hemat Kuota! Ini 8 Alasan Kamu Harus Install JalanTikus App

5 Fitur Berguna Dari Smartphone yang Semakin Hari Semakin Menghilang

1. Hilangnya IR Blaster Pada Smartphone Flagship

Inframerah bukanlah teknologi baru, banyak ponsel yang menggunakan teknologi ini pada tahun 2000-an. Dulu inframerah berguna untuk mengirim file dari satu ponsel ke ponsel lainnya, tapi itu sebelum datangnya teknologi yang lebih cepat seperti Bluetooth dan WiFi.

Kini inframerah telah datang kembali dalam bentuk IR Blaster, yang bisa kamu ubah sebagai remote univesal. Setiap alat elektronik yang menggunakan remote IR seperti TV, AC, Set Top Box, dan lainnya bisa kamu kontrol dengan sensor IR Blaster pada smartphone.

Tapi apa yang terjadi saat hadirnya smartphone flagship canggih saat ini seperti Samsung Galaxy S7, Galaxy Note 7, dan HTC 10? Kebanyakan dari mereka telah menghilangkan teknologi ini. Walaupun kamu masih dapat menemukannya pada smartphone kelas menengah.

2. FM Transmitter

Kalau kamu penggemar ponsel N-series milik Nokia seperti Nokia N86, mungkin fitur ini bukanlah hal yang asing bagi kamu. FM Transmitter bukanlah radio melainkan semacam pemancar gelombang radio. Jadi simplenya adalah jika kamu set FM Transmitter ke gelombang yang kosong alias tidak digunakan oleh stasiun radio lain, maka kamu dapat berkomunikasi satu sama lain. Mungkin teknologi ini mirip seperti Walkie Talkie.

Tapi teknologi ini sudah sangat jarang kamu temukan di smartphone. Mungkin salah satu penyebabnya adalah larangan untuk menggunakan gelombang radio secara sembarangan oleh pemerintah setempat.

3. Thermometer

Pada tahun 2002 Nokia merilis Nokia 5210, ada fitur menarik pada ponsel tersebut yaitu Sensor Termometer. Dengan sensor tersebut kamu dapat menunjukan suhu pada ruangan disekitar kamu. Setelah satu dekade berselang pada tahun 2013 fitur ini telah muncul kembali pada smartphone Samsung Galaxy S4 yang dipadukan dengan aplikasi S-Health.

ADVERTISEMENT

Tapi fitur ini sudah tidak ada lagi pada smartphone sekarang ini. Mungkin disebabkan karena smartphone telah mengeluarkan suhu mereka sendiri, sehingga akan menjadi sulit untuk mendeteksi suhu di luar smartphone.

4. Flash Xenon

Fitur ini juga pernah populer pada Ponsel Kamera jaman dulu seperti Sony Ericsson K800 atau Nokia N82. Tapi lambat laun Flash Xenon sudah tidak menjadi prioritas utama dalam kamera ponsel. Hal ini disebabkan munculnya teknologi terbaru yaitu LED Flash yang memerlukan daya lebih sedikit dan menghasilkan cahaya yang lumayan terang.

Perkembangan teknologi kamera saat juga telah mengalami perkembangan yang luar biasa seperti Aperture Besar dan Fitur OIS (Optical Image Stabilization). Dengan hal tersebut teknologi Flash Xenon hampir tidak dibutuhkan kembali dalam dunia fotografi.

5. 3.5mm Headphone Jack

Dan inilah topik yang sedang panas beberapa bulan lalu sejak peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Mengambil keputusan untuk menghilangkan port 3.5mm Headphone Jack bukanlah pilihan yang tanpa alasan. Karena Apple mengklaim bahwa menghilangkan jack audio adalah hal yang terbaik untuk membuat ruang lebih banyak pada smartphone untuk meningkatkan kapasitas baterai dan optik kamera.

Itulah 5 fitur ponsel yang semakin hari semakin menghilang. Memang hampir semua fitur yang disebutkan diatas sudah jarang kita gunakan. Tapi ada sebagian orang kecewa dengan keputusan yang diambil oleh produsen teknologi saat ini. Apakah Jaka melewatkan sesuatu yang belum disebutkan? Kalau iya, silahkan share komentar kamu di bawah.

ARTIKEL TERKAIT

Xiaomi Mi Mix Siap Kedatangan Fitur Cortana

Akhirnya, Fitur Panggilan Video Hadir di WhatsApp!

10 Fitur Tersembunyi MIUI 8 yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Membuat Fitur Ambient Display di Semua Smartphone Android!

5 Fitur iPhone 7 yang Bikin Harganya Jadi Mahal

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Nonolive - Live Broadcasting 3.8.5
Apps TANG INTERNET LIMITED
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
GPU Benchmark 3D 1.2.1
Apps Kortenoeverdev
undefined
Kembali Keatas