5 Fakta Industri Smartphone China yang Bakal Bikin Kamu Tercengang!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 20 Pebruari 2018, 09:00
China alias Tiongkok saat ini sudah menjadi pemain paling disegani, terutama dalam pertarungan industri teknologi khususnya smartphone di dunia. Nah ternyata ada 5 fakta di baliknya yang bakal bikin kamu tercengang loh! Ada apa saja?

Siapa sih yang meragukan perkembangan pesat industri teknologi di negara yang berjulukan Negeri Tirai Bambu ini? China alias Tiongkok mulai menjadi salah satu negara Asia yang patut diperhitungkan dalam pasar teknologi di dunia loh.

Walaupun pernah terkenal akan barang bootleg alias palsu, ternyata ada beberapa fakta yang wajib kamu ketahui, guys. Berikut ini JalanTikus bakal ulas 5 fakta industri smartphone China yang bakal bikin kamu tercengang!

BACA JUGA
  • 8 Handphone China Paling Aneh yang Bisa Bikin Kamu Tercengang!
  • 15 Gadget KW China yang Bakal Bikin Kamu Gagal Paham
  • TERKUAK! Begini Cara Smartphone China Merajai Pasar Smartphone di Indonesia

5 Fakta Industri Smartphone China

China akhir-akhir ini menjadi negara yang cukup diperhitungkan, pasalnya beberapa brand smartphone miliknya hampir merajai beberapa pasar di dunia loh. Selain harga murah, tentu spesifikasi yang ditawarkan tidak main-main loh.

Dilansir dari AndroidPit, berikut adalah fakta-fakta mencengangkan mengenai industri smartphone yang beredar di China. Penasaran?

1. QR Code Merajalela Di Berbagai Tempat

QR Code atau Quick Response Code merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengakses sesuatu dengan cepat. QR Code biasanya bisa kamu temui, mulai dari kartu nama, surat kabar, aplikasi chatting ataupun kemasan makanan.

Sumber foto: Foyo: pic.bussiness.sohu.com

Berbeda halnya dengan yang kamu temukan di China. Kamu bisa melihat berbagai QR code di penjuru tempat umum di sana, bahkan dalam ukuran besar dan sangat terpampang jelas loh. QR code ini sendiri memiliki berbagai fungsi, mulai dari aktivitas perbankan seperti berkirim uang, menginstal aplikasi dan lainnya. Nah, nggak perlu repot lagi kan!

Ini Fungsi Lainnya!
nih Jaka kasih kamu 4 fungsi QR Code yang belum pernah kamu ketahui kalau hal ini memiliki peran besar dalam keseharian kamu. Simak selengkapnya ya.
LIHAT ARTIKEL

2. Bank Bukan Lagi Jadi Sistem Pembayaran Utama

Saat ini sistem pembayaran dengan menggunakan uang konvensional, seperti uang kertas dan koin semakin ditinggalkan. Semuanya digantikan dengan sistem digital menggunakan berbagai layanan, seperti PayPal atau Google Wallet contohnya.

Sumber foto: Foto: livetradingnews.com

Namun, di China urusan keuangan sepertinya sudah tidak berurusan lagi dengan bank. Lewat satu aplikasi saja kamu bisa melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun.

ADVERTISEMENT

Contohnya saja aplikasi WeChat. Jika dahulu dikenal sebagai aplikasi chatting saja, kini ada fitur WeChatPay yang memungkinkan pembayaran lewat satu aplikasi saja loh.

WeChat for Android 7.0.10
Apps Social & Messaging WeChat Tencent
DOWNLOAD

3. Bayar Pakai Kartu Kredit? JADUL!

Berkaitan dengan poin pertama dan kedua, membayar segala sesuatu dengan menggunakan kartu kredit bahkan uang konvensional akan dianggap jadul. Kenapa? Faktanya di China segala pembayaran telah dilakukan berbekal smartphone saja.

Sumber foto: Foto: cnbc.com

Mulai dari membayar makanan di restoran, membeli tiket perjalanan kereta atau bus, dan sebagainya, guys. Terbaru, perusahaan raksasa Alibaba tengah berupaya melakukan pembayaran hanya menggunakan wajah pengguna dengan bantuan teknologi facial recognition. Gimana nggak canggih?

4. Susahnya Akses Sosial Media

Namun, buat kamu yang sudah akrab dengan aktivitas di sosial media, jangan harap bisa menikmati segala kemudahan saat berkunjung di China. Di sana kamu hanya memiliki akses terhadap situs dan aplikasi yang dibuat khusus untuk pasar China saja.

Sumber foto: Foto: bbc.co.uk

Tenang kok, semua sudah ada penggantinya. Misalnya saja QQ untuk Facebook, Didi untuk Uber, Baidu untuk Google, Weibo untuk Twitter atau TanTan untuk Tinder. Lengkap kan?

Tapi jika kamu tetap membutuhkan akses ke Facebook maupun Twitter, nyatanya ada beberapa layanan VPN yang bisa kamu gunakan.

Coba Dulu Deh!
Website favoritmu diblokir? Mending cobain rekomendasi aplikasi VPN terbaik dan gratis di 2021 berikut ini. Langsung download saja, geng!
LIHAT ARTIKEL

5. Apple-nya China Paling Berjaya

Siapa yang nggak kenal dengan brand berjulukan Apple-nya China ? Yup, Xiaomi merupakan brand teknologi yang baru berdiri sejak tahun 2010, namun sudah berkembang pesat. Bukan hanya di negara asalnya sendiri, melainkan seluruh dunia.

Sumber foto: Foto: nis-store.com

Dengan keunggulan harga murah dan spesifikasi terbaik, tentu siapa yang nggak kepincut dengan brand teknologi yang satu ini.

Nah, lewat sub-brand Mijia, Xiaomi bahkan hampir menguasai berbagai lini teknologi loh. Mulai dari perangkat smart home, kamera, fashion bahkan hingga transportasi sekalipun.

Akhir Kata

Nah, itulah 5 fakta industri smartphone China yang layak buat kamu ketahui. Walaupun terkenal dengan produk teknologi mutakhir, nyatanya mereka punya sesuatu yang ekslusif untuk pasar dalam negerinya loh. Gimana pendapatmu?

Baca juga artikel seputar China atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

4 Faktor Mengapa China Mampu Mengalahkan Amerika Serikat Dalam Bidang Teknologi

Meski Dulu Dipandang Sebelah Mata, 7 Merek Smartphone China Ini Sekarang Jadi Rebutan

5 Tips Memilih HP Android China yang Bagus dan Benar

5 Tips Membeli Smartphone Murah Langsung dari China

Awas Ketipu! Hati-Hati Sebelum Beli 5 Konsol Populer Dari China Ini

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
undefined
Kembali Keatas