Gangguan Kesehatan Massal, 6 Gadget Canggih ini Memiliki Efek Samping yang Mengerikan

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 25 June 2018, 15:00
Sudah tak terhitung berapa banyak gadget canggih yang kini mulai bermunculan, mulai dari yang mempermudah kehidupan manusia hingga yang berfungsi untuk hiburan semata. Berbagai gadget tersebut menandakan bahwa kini kehidupan hampir segalanya bergantung pada teknologi.

Sudah tak terhitung berapa banyak gadget canggih yang kini mulai bermunculan, mulai dari yang mempermudah kehidupan manusia hingga yang berfungsi untuk hiburan semata. Berbagai gadget tersebut menandakan bahwa kini kehidupan hampir segalanya bergantung pada teknologi. Namun bukan berarti kamu bisa sembarangan menikmati berbagai kemajuan teknologi tersebut, karena jika salah malah akan merugikan diri sendiri.

Menurut berbagi riset yang telah dilakukan tentang efek samping dari beberapa gadget, ternyata ada beberapa di antaranya yang memiliki efek samping cukup mengerikan. Seperti Virtual Reality, Drone, yang ternyata memiliki efek samping yang cukup mengerikan baik bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Dikutip dari Lite Verse, berikut ini 6 Gadget Canggih yang Memiliki Efek Samping Mengerikan.

BACA JUGA
  • 7 Gadget Unik yang Bisa Mencegah Kiamat
  • 10 Gadget Super Canggih dari Masa Depan yang Bikin Tercengang

Gangguan Kesehatan Massal, 6 Gadget Canggih ini Memiliki Efek Samping yang Mengerikan

1. Virtual Reality (VR)

Sumber foto: Sumberfoto: fotolia.com

Perkembangan Virtual Reality kini semakin pesat, minat pasar yang begitu tinggi membuat berbagai produsen gencar meluncurkan VR dengan pilihan harga yang beragam. Fungsi VR juga tak hanya terbatas pada dunia game, melainkan berbagai hal lain seperti untuk menonton film dan lain sebagainya.

Namun tahukah kamu ternyata di balik hadirnya teknologi ini menimbulkan efek samping serius bagi para penggunanya. Beberapa efek paling mengerikan yang ditimbulkan oleh VR adalah efek psikologis yang dapat berupa kecanduan dan kerusakan mata akibat terlalu sering menggunakan VR.

2. Drone

Sumber foto: elseaker.com

Drone atau pesawat tanpa awak ini memang sangat berguna untuk memantau kondisi wilayah tertentu dari udara, sehingga bisa sedikit menggantikan peran helikopter. Namun tahukah kamu, ternyata drone juga memiliki fungsi lain, seperti mengantarkan surat dan juga sebagai kurir seperti yang tengah direncanakan oleh Amazon.

Meskipun demikian, nyatanya Drone tidak selalu berimbas positif. Karena Drone juga kerap disalahgunakan oleh kelompok-kelompok tertentu sebagai alat penyadap untuk memata-matai orang lain atau wilayah tertentu. Sehingga wajar jika kini makin banyak wilayah yang dilarang dimasuki oleh Drone, seperti wilayah militer, pemerintahan dan lain sebagainya.

3. Roket dan Travelling ke Ruang Angkasa

Sumber foto: iz-bilisim.com

Beberapa tahun belakangan perusahaan seperti SpaceX milik Elon Musk tengah gencar mengkampanyekan travelling ke ruang angkasa. Tentu hal ini akan sangat menarik bagi mereka yang penasaran dengan keadaan di luar bumi dan tentunya bagi mempunyai budget super tebal. Namun tahukah kamu ternyata hal tersebut tak seindah yang dibayangkan, karena perjalanan ke ruang angkasa berisiko menyebabkan kesehatan tertentu.

Salah satu masalahnya adalah menurunkan kepadatan tulang manusia, mengurangi ketajaman penglihatan mata serta berbagai masalah kesehatan serius lainnya. Inilah salah satu alasan mengapa NASA hanya menerima orang yang memiliki kesehatan prima untuk menjadi seorang Astronot. Seorang Astronot juga harus berada di ruang angkasa selama kurang dari enam bulan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan tersebut.

ADVERTISEMENT

4. Kereta cepat Hyperloop

Sumber foto: denverpost.com

Salah satu projek paling gila yang direncanakan oleh Elon Musk adalah menciptakan Hyperloop, atau kereta super cepat yang dapat melaju dengan kecepatan mencapai 800 mil/jam atau setara dengan 1300 km/jam. Sekilas Hyperloop mirip dengan kereta maglev, namun Musk mengklaim bahwa Hyperloop akan jauh lebih baik dan lebih cepat dibandingkan dengan kereta cepat Maglev.

Namun banyak yang menganggap bahwa projek dari Elon Musk ini berisiko besar menyebabkan masalah. Utamanya terhadap para penumpangnya sendiri, karena kecepatan sebesar itu belum tentu dapat sesuaikan dengan tubuh manusia sendiri. Selain itu efek samping yang paling mengerikan adalah Hyperloop juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan massal jika kelak digunakan sebagai transportasi umum.

5. Printer 3D

Sumber foto: 20minutos.es

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang printer 3D yang digembar-gemborkan selama bertahun-tahun belakangan. Namun sayangnya hingga kini belum ada satupun perusahaan yang benar-benar memasarkan printer 3D kepada para konsumen. Jikapun nantinya printer 3D benar-benar dijual kepasaran, maka penggunanya harus siap dengan berbagai risiko buruk yang disebabkannya.

Tercatat ada dua masalah besar berkaitan dengan printer 3D, yang pertama adalah tentang emisi. Penelitian telah menunjukkan bahwa printer 3D dapat mengeluarkan emisi yang sama dengan sebatang rokok. Kemudian yang kedua adalah berkaitan dengan bahan pembuatan yang tidak ramah lingkungan, sebagian besar printer 3D berbahan filamen plastik murah yang tidak biodegradable dan sangat buruk bagi lingkungan, sehingga dapat berpengaruh pada lingkungan.

6. Lampu Laser

Sumber foto: technokrata.hu

Laser kerap dianggap sebagai mainan biasa, banyak orang tua yang tidak sadar mendekatkan anak mereka dengan bahaya saat memberikan mainan lampu laser. Penggunaan lampu laser secara sembarangan seperti memancarkannya kepada mata secara perlahan dapat menyebabkan kerusakan mata permanen.

Bahkan di Amerika Serikat ada sebuah larangan untuk mengarahkan sinar laser kepada wajah orang, mobil, pesawat ataupun helikopter. Karena jika laser tersebut terkena pilot maka akan berisiko sangat besar menyebabkan kecelakaan penerbangan dan juga merusak mata sang pilot, oleh karena itu pemerintah Amerika Serikat cukup tegas akan hal ini.

Akhir Kata

Itulah 6 Gadget Canggih yang Memiliki Efek Samping Mengerikan. Oleh karena itu marilah kita lebih bijak memilah dan memilih dalam menggunakan berbagai teknologi yang ada di sekitar. Jangan sampai apa yang kita lakukan saat ini membuat kita menyesal di masa depan.

ARTIKEL TERKAIT

5 Rencana Aneh untuk Manusia di Masa Depan

Niat Memecahkan Rekor, 5 Orang Ini Malah Berakhir Tragis!

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
SoulCraft 2.7.4
Games
TubeMate YouTube Downloader 3.2.14
Apps Tubemate
Kembali Keatas