Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 18 Agustus 2016, 10:00
Bagi pengguna smartphone Android, pasti tahu istilah Root, Unroot, Recovery dan lainnya. Tapi tahukah kamu bagaimana cara membedakan status smartphone yang bootloader-nya terkunci dengan yang tidak?

Berbeda dengan featured phone, smartphone menawarkan beragam fitur canggih yang memudahkan kamu dalam menggunakannya. Bahkan bagi kamu yang suka ngoprek, smartphone memberikan kamu keleluasaan dalam mengkustomisasi isinya. Seperti dalam Android, kita akrab dengan kegiatan Rooting.

Namun, uniknya kegiatan ngoprek pengguna Android ini ada kalanya terganggu masalah keamanan. Pasalnya demi menjamin keamanan smartphone buatannya, vendor sengaja mengunci bootloader.

BACA JUGA
  • Cara Unlock Bootloader OnePlus One A0001 16GB dan 64GB
  • Cara Dapat Akses Root Tanpa Perlu Nge-Root Android Kamu
  • Cara Mudah Root Semua Jenis Android Tanpa PC

Apa Itu Bootloader? Kenapa Dikunci?

Setiap smartphone Android pasti memiliki bootloader agar kernel sistem operasi dapat nyala dan berjalan secara normal. Namun karena merupakan sistem operasi terbuka, masing-masing smartphone Android memiliki bootloader yang berbeda. Itu sebabnya custom ROM masing-masing smartphone selalu berbeda.

Pertanyaannya kemudian adalah kenapa bootloader dikunci oleh vendor? Ini bertujuan agar kamu tidak memasang custom ROM yang bukan buatan vendor. Manfaatnya jelas adalah garansi smartphone kamu tetap valid, dan juga terhindar dari bricked.

Cara Mengetahui Status Locked/Unloked Bootloader

Keuntungan memiliki smartphone yang telah unlocked bootloader, kamu bisa dengan leluasa meng-install custom ROM seperti CyanogenMod atau SlimRom. Tapi jika ternyata bootloader kamu terkunci, maka harus meng-unlock bootloader-nya dulu. Bagaimana cara mengetahui status locked atau unlocked bootloader?

**KETERANGAN**:

(bootloader) Device unlocked: true --> Maka _bootloader_ sudah UNLOCKED

(bootloader) Device unlocked: false --> Maka _bootloader_ masih LOCKED

ADVERTISEMENT

Jika kamu sudah tau status smartphone Android kamu terkunci atau terbuka bootloader-nya, maka kamu bisa leluasa menentukan sikap jika ingin memasang custom ROM. Pokoknya jangan sekali-kali install custom ROM jika smartphone kamu masih terkunci bootloader-nya dan jika tidak mau terkena bootloop.

ARTIKEL TERKAIT

2 Cara Unroot HP Android Mudah Hanya 1x Klik (Semua HP)

5 Cara Mudah Unroot Smartphone dan Tablet Android Terbaru

Cara ROOT ASUS ZenFone 2, 4, 5, dan 6 Cuma Dengan Sekali Klik!

APPS TERKAIT
SuperSU
Apps Chainfire
Greenify
Apps Oasis Feng
KingRoot 5.4.0
Apps KingRoot Studio
Apps2SD: All in One Tool[ROOT] 5.3.1
Apps Vicky Bonick
undefined
Kembali Keatas