Apple vs FBI: Siapa yang Benar dan Salah?

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 17 Maret 2016, 12:01
Semakin memanasnya kasus antara Apple dan FBI, memang mendapat banyak perhatian dunia. Sebenarnya apa sih yang terjadi? Siapa yang Benar dan Salah?

Semakin memanasnya kasus antara Apple dan FBI, memang mendapat banyak perhatian dunia. Sebenarnya apa sih yang terjadi? Cerita dimulai ketika FBI meminta bantuan kepada Apple untuk membuka kunci iPhone. Karena seperti yang kamu ketahui iOS terbaru memiliki fitur keamanan yang tergolong tinggi. Smartphone yang dimaksud adalah sebuah iPhone 5C yang dipakai oleh salah satu tersangka penembakan di San Bernandino tahun 2015 lalu.

Apple pun menjelaskan bahwa sejak dirilisnya sistem operasi mobile iOS 8, iPhone terbaru yang menjalankan iOS 8 atau versi di atasnya diklaim Apple anti jebol. Federal Bureau of Investigation (FBI) rupanya tidak suka dengan penolakan Apple, yang terang-terangan mengatakan bahwa tidak ada cara untuk bisa membobol, meskipun pengadilan yang meminta melakukannya.

BACA JUGA
  • Samsung VS Apple, Siapa Raksasa yang Sesungguhnya?
  • Desain, Fitur & Spesifikasi iPhone 5SE Semakin Bikin Penasaran?

Apple vs FBI: Siapa yang Benar dan Salah?

Apple Menolak Permintaan Pengadilan

Sebagai bagian dari penyelidikan serangan tersebut, Apple sudah bekerja sama dengan FBI. FBI datang meminta semua informasi yang Apple ketahui di smartphone tersebut, dan sudah diberikan. Namun soal meretas Apple dengan tegas Apple menolak permintaan tersebut. Karena menurut CEO Apple - Tim Cook, perintah itu akan mengancam keamanan para pengguna produk Apple.

Apple memang mengatakan untuk iPhone model lama yang telah menjalankan iOS 8 atau di atasnya, terdapat cara khusus untuk mengakses secara paksa. Tapi, Apple tidak akan melakukannya karena bisa mengancam kepercayaan antara Apple dan pelanggannya yang secara substansial menodai merek Apple. Kasus ini memang bukanlah soal satu smartphone namun berkaitan dengan masa depan. Apple juga menyadari bahwa ini bukan posisi yang mereka inginkan. Di mana Apple harus melawan pemerintah dalam hal yang menurut mereka tidak benar.

Apple Banjir Dukungan

Kasus Apple antara FBI pun menjadi perhatian dunia. Sekitar 40 perusahaan teknologi termasuk Microsoft, Yahoo, Google, Facebook, WhatsApp, Samsung, sampai Dropbox menyatakan dukungannya secara formal pada Apple di pengadilan. Artinya mereka siap dimintai keterangan atau informasi terkait untuk memperkuat argumen Apple.

Dropbox for Android 28.2.2
Apps Productivity Dropbox
DOWNLOAD
Yahoo Aviate Launcher
Apps Desktop Enhancement Yahoo (Formerly ThumbsUp Labs)
DOWNLOAD

Pendapat Obama

Presiden Amerika Serikat Barack Obama pun turut bicara. Obama memang tidak secara eksplisit membela FBI atau Apple. Dia hanya mengatakan alangkah baiknya jika perangkat mobile dibuat agar bisa diakses pemerintah untuk mencegah bahaya teroris atau menegakkan hukum. Meski dia berkomitmen menjaga kebebasan dan privasi masyarakat sipil, diperlukan keseimbangan yang memungkinkan pemerintah bertindak jika dibutuhkan.

"Jika teknologi dimungkinkan untuk membuat perangkat atau sistem yang tidak bisa dimasuki, di mana enskripsinya sangat kuat sehingga tidak ada kunci atau tidak ada pintu masuk. Bagaimana kita bisa mengungkap pelaku pornografi anak, bagaimana kita mengetahui kalau ada plot teroris?" ujar Obama.

Menurutnya, jika pemerintah sama sekali tidak bisa mengakses perangkat, maka ibaratnya setiap orang bisa memiliki alat sangat aman yang ujung-ujungnya berpotensi untuk disalahgunakan. Oleh karena itu harus ada jalan tengah atau solusinya. Sebagai contoh buatlah sistem dengan enskripsi kuat yang hanya bisa diakses oleh sangat sedikit orang. Artinya meski sebuah perangkat memiliki keamanan yang sangat tinggi, tetap harus bisa dibuka.

ADVERTISEMENT

Akhir Kata

Ada banyak kepentingan dalam kasus ini, baik Apple dan FBI tidak sepenuhnya benar dan salah. Tergantung dari sudut mana yang kamu lihat. Nah bagaimana pendapat kamu? Siapa yang benar dan salah? Apple atau FBI?

ARTIKEL TERKAIT

iPhone 5se, Smartphone Mungil dari Apple dengan Jeroan iPhone 6s

Apple Terima Tukar Tambah iPhone Rusak dengan yang Baru

Yaelah Apple, Denger Radio Aja Mesti Bayar 138 Ribu Sebulan!

Samsung Galaxy S7 VS Apple iPhone 7, Siapa yang Lebih Gahar?

Wow, Begini Cara Apple Mengubah Dunia Teknologi!

APPS TERKAIT
Espier Launcher 7 1.4.7
Apps Espier Studio
Apple Music 0.9.0
Apps Apple Inc
Apple Keyboard 1.0
Apps Arvin Jayanake
Lock Screen IOS 9 - iPhone 7 2.6
Apps AppPro IOS Studio
undefined
Kembali Keatas