Mode Pesawat Kurang Aman? Kenapa Smartphone Harus Dimatikan di Pesawat?

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 30 Juli 2017, 11:00
Nah kamu penasaran nggak sih, apakah mode pesawat kurang aman? Bagaimana bisa perangkat sekecil smartphone ini bisa mengganggu pengoperasian pesawat berteknologi tinggi?

Tahukah kamu? Lepas landas (takeoff) dan mendarat (landing) adalah tahapan yang paling sulit dari sebuah penerbangan pesawat. Pramugari pasti mengumumkan kepada para penumpangnya untuk menyalakan modus pesawat (flight mode) di smartphone, bahkan diwajibkan untuk mematikan smartphone.

Nah kamu penasaran nggak sih, apakah mode pesawat kurang aman? Bagaimana bisa perangkat sekecil smartphone ini bisa mengganggu pengoperasian pesawat berteknologi tinggi? Dilansir dari Brightside, mendingan kita bahas yuk rame-rame.

BACA JUGA
  • 5 Fungsi Lain Airplane Mode yang Wajib Kamu Ketahui
  • Cara Internetan Gratis Pakai Mode Pesawat (100% Works)
  • Apa yang Terjadi Jika Tidak Aktifkan Airplane Mode Saat di Pesawat?

Apakah Mode Pesawat Aman? Kenapa Smartphone Harus Dimatikan saat Pesawat Take off dan Landing

1. Apa Itu Mode Pesawat?

Dengan kamu menyalakan mode pesawat pada smartphone, sejumlah fitur akan dimatikan secara otomatis. Termasuk jaringan seluler, data internet, WiFi, Bluetooth, dan GPS.

Sederhananya, dengan menyalakan mode pesawat, smartphone atau tablet akan berhenti berfungsi sebagai penerima radio.

2. Apakah Mode Pesawat Kurang Aman?

Mengaktifkan mode pesawat adalah langkah yang sangat penting demi keselamatan. Jika smartphone kamu belum beralih ke airplane mode, smartphone akan terus mencari jaringan.

Ada kemungkinan, frekuensi sinyal dalam smartphone bisa tumpang tindih dengan peralatan pesawat. Jika itu terjadi, maka akan mengganggu komunikasi pilot dan perangkat elektronik pesawat yang sangat sensitif yang berimbas pada gangguan kelancaran penerbangan.

Amankah Airplane Mode Di Pesawat? Berikut Ulasannya!
banyak peraturan demi kenyamanan dan keamanan, termasuk aturan mematikan smartphone di dalam pesawat. Lantas, amankah Airplane Mode di pesawat
LIHAT ARTIKEL

Saking pentingnya, itulah kenapa mode pesawat saja tidak cukup dan smartphone harus dimatikan. Sebenarnya tujuan mematikan smartphone sendiri adalah agar penumpang memperhatikan peragaan panduan keselamatan oleh pramugari dan cepat tanggap apabila ada hal yang tidak beres.

3. Sebegitu Bahayanya ya?

Take off dan landing adalah masa yang paling krusial saat penerbangan. Pilot akan membutuhkan koordinasi dengan pusat kendali penerbangan di darat. Semua ini dilakukan dengan menggunakan sistem navigasi pesawat.

ADVERTISEMENT

Jika para penumpang tidak mematikan smartphone mereka, ini bisa menyebabkan gangguan komunikasi radio, dan ada kemungkinan pilot tidak mendengar informasi yang dikirimkan oleh pengawas lalu lintas pesawat.

Akhir Kata

Sekarang kamu sudah tahu kan kenapa kamu harus mematikan smartphone saat naik pesawat? Kemungkinan besar smartphone memang tidak secara ekstrim bisa membuat pesawat jatuh, gangguan lebih pada komunikasi radio pilot.

Perangkat elektronik di pesawat juga punya pelindung khusus yang bisa mengurangi efek buruk dari sinyal smartphone. Namun, keselamatan bersama tentu tetap yang paling utama, makanya harus mengikuti peraturan yang diberikan.

Hingga kini masih banyak negara yang melarang penggunaan perangkat komunikasi yang mengganggu jalannya pengiriman sinyal pesawat ke menara pengawas. Meski di beberapa maskapai penerbangan sekarang ini juga ada yang menawarkan fasilitas jaringan WiFi. Bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar Pesawat atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

7 Game Android Gratis Terbaik dengan Grafis Fantastis Edisi Juli 2017

Dari Goole Pixel 2, Ini 20 Smartphone Bezel-less (Bezel Tipis) Terbaik 2017

ANJAY! Lenovo Pamer Folio Concept, Tablet yang Bisa Dilipat Jadi Smartphone

50+ Tips & Trik Fitur Terbaru WhatsApp 2021, Jarang Diketahui!

Gamer Mobile Legends? Belum AFDOL Kalau Belum Datang ke Gandaria City

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas