Review AMD Radeon RX 480: VGA Card Siap VR Paling Murah

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 20 Juli 2016, 15:00
Masih bingung membeli VGA gaming siap VR yang murah bagaimana? Nih Jaka berikan satu contohnya.

Apakah PC gaming kamu siap bermain game-game VR dengan lancar? Bulan Juni kemarin, Jaka sudah membahas mengenai merakit PC gaming ideal untuk VR. Ada beberapa pembaca yang menanyakan apakah ada solusi graphics card yang lebih murah dari Radeon R9 Fury Nano yang digunakan di artikel itu, namun performanya mencukupi untuk VR?

Jawabannya adalah: ADA!

Dan lebih hebatnya lagi, graphics card ini merupakan kartu grafis yang lulus tes performance gaming VR dengan hasil VR Ready, tapi harganya paling murah di pasaran. Jaka tidak hanya menguji performa nya, tapi juga membandingkan harganya di salah satu situs belanja online yang paling terkenal di Indonesia.

Ya, kartu grafis tersebut belum lama resmi diluncurkan di Indonesia, namanya Radeon RX 480 dari AMD. VGA AMD ini merupakan salah satu graphics card paling fenomenal karena tidak hanya cepat, tapi juga memerlukan daya listrik jauh lebih hemat dibanding pendahulunya, di samping juga sudah mendukung teknologi VR, seperti DirectX 12, Vulcan, LiquidVR, Asynchronous Shaders, dan lainnya.

BACA JUGA
  • 10 VGA Gaming Terbaik AMD Radeon Harga 1 Jutaan
  • Asus N550ZU, Netbook Multimedia Berbasis AMD FX Pertama di Indonesia
  • AMD: DirectX 12 Tidak Akan Hadir di Windows 7

Pengujian Performance Steam VR Pada VGA Gaming Paling Murah

Terlihat pada hasil pengujian yang Jaka lakukan di bawah ini, bahwa AMD Radeon RX 480 berhasil lulus uji dengan skor 6.7 (hijau), yang artinya sudah VR Ready. Tidak ada frame yang drop karena CPU terlambat, frame rate yang didapat juga mulus selalu di atas 90 frame per detik (enak dilihat).

Bagaimana jika dibandingkan dengan graphics card lain? Ini perbandingannya:

Pengujian Gaming

Untuk gaming, Jaka menguji menggunakan Rise of the Tomb Raider v1.0 build 668.1 yang sudah mendukung DirectX 12 dan Asynchronous Shader Operations, serta Stereoscopic 3D/VR rendering. Pengujian ini tetap melakukan render dua kali lipat lebih berat, sehingga cukup mewakili keadaan game yang sudah VR-enabled pada umumnya.

Pada pengaturan 1080p dan detail Very High, didapatkan pengalaman bermain yang sedikit melambat di beberapa tempat, tapi secara keseluruhan terasa mulus. Kecepatan berada di atas 30 fps sepanjang waktu, sehingga tidak terjadi pusing/mual dalam Side-by-Side mode. Di tabel, warna hijau menandakan setting yang paling optimal serta mulus untuk bermain VR.

ADVERTISEMENT

Radeon RX 480 menghasilkan pengalaman bermain VR yang mulus dan nyaman dengan detail High. Untuk bermain game VR dalam detail Very High atau mencapai resolusi 1440p tampaknya diperlukan dua buah GPU RX 480 dalam mode CrossFireX.

Harga dan Kesimpulan

Nah, dibanding dengan VGA lainnya yang mendapatkan skor di atas 6 pada Steam VR Performance Test, bagaimana harga RX 480? Jaka 'mengintip' harga pasaran 3 buah graphics card (R9 390, RX 480, GTX 970) di salah satu e-commerce, diurutkan dari harga termurah di kiri, dan semua card tersebut dalam kondisi baru dan bergaransi per tanggal 19 Juli 2016.

R9 390

RX 480

GTX 970

Terlihat bahwa RX 480 keluar sebagai pemenangnya untuk harga paling murah di Rp 3.679.000! Resmi sudah, bila gamers mau punya PC yang siap VR, performa tinggi, dan mendukung teknologi terbaru dengan harga murah, maka produk AMD yang baru saja rilis ini menjadi jawabannya.

ARTIKEL TERKAIT

Acer Predator 17, Laptop Gaming Murah dengan VGA GTX980 dan Prosesor Intel Skylake

ATI Radeon vs NVIDIA GeForce, Lebih Bagus Mana?

Cara Meningkatkan Kinerja VGA Onboard Intel HD Agar Seperti ATI Radeon

Murah Abis! Nvidia GeForce GTX 1080 Cuma Dijual 7 Jutaan

NVIDIA GeForce GTX 780M Janjikan Kemampuan Resolusi 1080p untuk Game

APPS TERKAIT
AMD Catalyst Drivers 14.12 Windows 7
Apps AMD Inc
Intel PRO - Wireless and WiFi Link Drivers 15.1.1 Win7 32-bit
Apps Intel Corporation
IntelliType Pro 8.2
Apps Microsoft Corporation
IntelliPoint 8.2
Apps Microsoft Corporation
undefined
Kembali Keatas