Jangan Pernah Mematikan PC Secara Paksa! Atau...

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 01 Juni 2017, 14:00
Mematikan komputer menjadi suatu kewajiban yang selalu kita lakukan ketika kita selesai menggunakan perangkat komputer. Hal ini tentunya kita lakukan untuk memberikan waktu istirahat pada perangkat komputer agar tidak cepat rusak

Mematikan komputer menjadi suatu kewajiban yang selalu kita lakukan ketika kita selesai menggunakan perangkat komputer. Hal ini tentunya kita lakukan untuk memberikan waktu istirahat pada perangkat komputer agar tidak cepat rusak. Namun, terkadang komputer tersebut tiba-tiba saja freeze atau hang memberikan respon yang sangat lambat, tentunya kita tidak punya pilihan lain selain mematikan paksa komputer kita tersebut.

Pertanyaannya adalah apakah tindakan yang kita lakukan ini berbahaya bagi komputer? Nah, untuk menjawab pertanyaan seperti itu, ini sedikit penjelasan yang bisa membantu kalian untuk memahami hal tersebut.

BACA JUGA
  • 5 Alasan Kenapa Mematikan Komputer Wajib di Shutdown
  • 10 Cara Shutdown Komputer Terbaru yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui
  • Cara Shutdown Komputer Otomatis Tanpa Software Tambahan

Jangan Pernah Mematikan PC Secara Paksa, Ini Cara Lainnya!

Pada dasarnya ada dua jenis cara mematikan komputer yaitu melalui Start Menu yang biasa disebut dengan Soft Reboot. Melalui cara ini komputer akan mematikan satu per satu program yang sedang berjalan kemudian turut mematikan perangkat keras yang beroperasi. Okelah, tidak ada masalah dengan Soft Reboot ini.

Bagaimana dengan mematikan paksa atau yang kita kenal dengan Hard Reboot? Nah, mematikan paksa agak sedikit berbeda dengan Soft Reboot. Jika Soft Reboot bekerja dengan mengirimkan sinyal untuk mematikan program komputer satu per satu baru kemudian mematikan perangkat keras yang beroperasi. Mematikan paksa komputer atau Hard Reboot tidak akan mengirimkan sinyal tersebut sehingga sistem operasi sebagai pihak yang bertugas mematikan program yang sedang berjalan di background tidak bisa mematikan program tersebut secara benar, tidak melakukan clean-up dan tidak melakukan perekaman log file.

Foto: techwalla.com

Tentunya hal tersebut akan berdampak buruk pada program komputer kalian karena ada kemungkinan program komputer kalian akan mengalami crash suatu saat.

Selain itu, dengan mematikan paksa ada kemungkinan HDD kalian akan mengalami kerusakan fisik ketika sedang digunakan untuk menulis data seperti ketika melakukan proses copy file dan ada kemungkinan file yang kalian copy itu juga akan rusak. Sebagai tambahan, kehilangan daya akibat pemadaman listrik memiliki kemungkinan yang lebih besar dalam hal kerusakan HDD kalian serta ada kemungkinan terjadi korsleting listrik pada komputer kalian.

Foto: Lillium Bosniachum/Shutterstock

Itulah tadi penjelasan singkat tentang bahaya mematikan komputer secara paksa, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Meskipun bahaya di atas tergolong jarang terjadi, kalian harus tetap berhati-hati dalam mematikan perangkat komputer kalian khususnya PC Desktop. Hindari kebiasaan membuka terlalu banyak aplikasi yang bisa membuat komputer kalian freeze dan untuk yang menggunakan PC Desktop, gunakanlah UPS atau Stabilizer untuk mengantisipasi pemadaman listrik.

Akhir kata, sampai jumpa dan pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar dan share ke teman-teman kalian.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

Perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, Hybrid Sleep, dan Fast Startup!

Cara Shutdown Windows Hanya Dengan 1 Detik

Cara Mematikan Program yang Error Tanpa Restart Komputer

Cara Mematikan Mode Sleep Pada Komputer

Jangan Shutdown Komputer Di Malam Hari! Karena...

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
undefined
Kembali Keatas