17 Genre di Games yang WAJIB Diketahui Orang Awam

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 10 Maret 2016, 11:00
Bagi para newbie atau gamers yang masih belum tau genre game, mungkin kalian sering meraba-raba tentang genre game yang sedang kalian mainkan. Melalui artikel ini, yuk kita simak apa saja genre game dari penjelasan di bawah

Siapa sih yang gak tau game, bahkan jaman sekarang game sudah memenuhi dunia dengan berbagai macam jenis dan cerita. Jangan khawatir, meskipun kamu sering main game, bukan berarti kamu jadi bodoh kok. Kaya yang pernah Jaka bilang di artikel Main Game Bisa Bikin Kamu Lebih Pintar? Ini Buktinya! Tapi ingat ya, main gamenya juga diimbangi dengan belajar loh.

Bagi para newbie atau gamers yang masih belum tau genre game, mungkin kalian sering meraba-raba tentang genre game yang sedang kalian mainkan. Melalui artikel ini, yuk kita simak apa saja genre game dari penjelasan di bawah :)

BACA JUGA
  • 25+ Games Android Terbaru dan Terbaik Januari 2016

17 Genre di Games yang WAJIB Diketahui Orang Awam

1. Action

Game yang penuh dengan rintangan serta membutuhkan kecepatan dalam menyelesaikan suatu tantangan. Genre ini mengedepankan aksi (Action) dan terdapat pertempuran, biasanya genre ini dikombinasikan dengan genre FPS, TPS, Fighting, RPG, atau Adventure. Contohnya Super Mario Bros dan Sonic.

2. Adventure

Genre yang lebih mengutamakan perjalanan, petualangan, dan memecahkan teka teki; menjadi tantangan dalam game ini. Namun ada juga yang meliputi masalah atau tantangan fisik. Genre ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa petualang. Contohnya Tintin dan Good Of War.

3. Shooter

Genre ini lebih mengutamakan senjata api seperti pistol atau meriam. Genre Shooter terbagi menjadi dua; FPS (First Person Shooter) yaitu tampilan gamenya hanya dilihat dari tangan dan senjata saja, dan TPS (Third Person Shooter) dapat terlihat setengah badan. Contohnya Counter Strike, Point Blank, dan Cross Fire.

4. Role-Playing (RPG)

Genre ini mengharuskan kamu untuk memainkan karakternya, biasanya karakter tersebut bisa naik level atau memiliki keahlian khusus seperti menyihir atau menembak. Genre RPG disertakan dengan cerita yang dapat memberi misi dan membawa karaktermu beraksi. RPG terbagi dua, yaitu Action RPG (langsung beraksi) dan Turn Based RPG (menunggu giliran). Contohnya The Legend Of Dragoons.

5. Simulation

Genre ini diciptakan berdasarkan keadaan yang mirip dengan dunia nyata, misalnya ingin memimpin sebuah kota, maka game ini dirancang sedemikian mungkin seperti kota asli. Kamu harus menjaga populasi penduduk, membangun beberapa fasilitas untuk penduduk, dan sebagainya yang diperlukan dalam sebuah kota tersebut. Contohnya The Sims dan Millionare City.

6. Strategy

Yap! Ini adalah genre yang memerlukan kepekaan dan kecerdasan dalam membuat rencana untuk mencapai kemenangan. Kamu harus bisa menguasai game ini agar dapat membuat strategi yang bagus. Genre ini terbagi 2 yaitu TBS (Turn Based Strategy) kamu harus menunggu giliran untuk bergerak; atau RTS (Real Time Strategy) dimana kamu dapat lansung bergerak. Contohnya Clash Of Clans.

7. Sports

Nahh... Bagi kalian yang menyukai olahraga pastinya sangat cocok dengan genre ini. Genre ini biasanya terdapat banyak team dan dapat menuntut keterampilanmu dalam bertanding secara virtual seperti sepak bola, basket, dan bola voli. Contohnya Madden NFL dan Pro Evolution Soccer.

8. Puzzle

Genre ini membutuhkan kecerdasan dalam memecahkan masalah atau teka-teki yang ada dalam game tersebut. Biasanya genre ini selalu menjebak sampai kamu kebingungan bagaimana jalan keluarnya. Contohnya The Tales Of Two Sons.

9. Arcade

Game yang selalu mengejar score, di genre ini tidak terlalu memperhatikan cerita. Game ini dapat menghibur kita jika lagi bosan. Contohnya game Flappy Bird dan Temple Run.

10. Racing game

Bagi yang menyukai balap balapan, ini genre yang sangat cocok bagimu. Genre ini menguji kemampuanmu dalam mengemudi mobil agar mendapatkan juara satu. Contohnya game Need For Speed.

11. Fighting game

Genre ini menyediakan karakter dan kemampuan yang berbeda-beda yang nantinya kamu akan dibawa ke dalam suatu arena pertarungan untuk melawan musuhmu. Contohnya Mortal Kombat dan Tekken.

12. Sci-Fi

Genre ini memiliki banyak sub-genre dan tema yang luas, jadi agak sulit untuk menjelaskannya. Genre ini sangat berkaitan dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan serta sering melibatkan robot, alien, atau hal hal yang tidak dikenali manusia. Contohnya Solar Shifter Ex.

13. Survival

Game ini menuntut kita untuk bertahan diri dari rintangan yang diberikan. Biasanya game ini memiliki alur cerita yang panjang dan memiliki sub-genre seperti puzzle. Contohnya The Flame In The Flood.

15. MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)

Siapa sih yang gak tau game online, Yap! Genre ini adalah Genre RPG online yang terhubung dalam suatu server dan terdapat ribuan pemain yang saling berinteraksi. Contohnya Ragnarok Online.

16. Horror

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa genre ini memiliki unsur horror (hantu-hantu, pembunuhan, menakutkan lah pokoknya). Biasanya genre ini memiliki sub-genre Fighting, Action, atau Strategy. Contohnya The Walking Dead Michonne.

17. Fantasy

Game yang berkaitan dengan dunia maya atau alam khayal. Genre ini biasanya dikaitkan dengan sub-genre lainnya seperti Fighting salah satunya. Contohnya Warcraft 3 The Frozen Throne.

Jadi dalam setiap game pastinya memiliki genre yang berbeda-beda dan setiap orang memiliki game favoritnya tersendiri. Kamu lebih suka genre yang mana nih para gamers? :)

ARTIKEL TERKAIT

Seru! Ini 12 Games Jadul yang Bisa Dimainkan di HP Android

10 Game One Piece Terbaik di 2018 (Android, PC & PS2)

10 Game Android Terbaik dengan Gameplay Mirip Piano Tiles 2

APPS TERKAIT
Xmodgames 2.3.3
Apps xmodgames
Game Killer
Apps ZNTX
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
undefined
Kembali Keatas