Wakanda di Dunia Nyata! Kongo Juga Punya Gunung Berlian Terbesar

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 23 Maret 2021, 19:30
Kongo juga punya gunung berlian terbesar di dunia, bahkan pemasok 15% persen cadangan berlian dunia berasal dari negara ini!

Republik Demokratik Kongo (Kongo) adalah sebuah negara yang terletak di sub-Sahara Afrika tengah. Meskipun Kongo dikenal sebagai negara miskin, namun memiliki sumber daya alam yang melimpah terutama di industri pertambangan.

Menurut catatan Bank Dunia, pada tahun 2018, 72% penduduk Kongo, terutama di wilayah Barat Laut dan Kasai, hidup di bawah garis kemiskinan ekstrem.

Bayangkan biaya hidup sehari-hari mereka 1,9 dollar AS. Dengan asumsi nilai tukar Rp14.000, maka nilai nominalnya hanya Rp26.600 sehari.

Dalam resesi ekonomi yang menyebabkan produk domestik bruto (PDB) negara itu menyusut 2,2% tahun lalu, Kongo tampaknya mendapat kabar baik.

Belum lama ini, ada sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan bahwa Kongo telah menemukan gunung emas baru.

Gunung Emas dan Berlian di Kongo

Penemuan gunung emas ini pun diakui oleh pemerintah setempat. Bahkan mengutip Unilad, lokasi gunung tersebut berada di Desa Luhihi, yang jaraknya 50 kilometer dari Bukavu, ibu kota Kivu Selatan.

Meski Kongo berhasil menemukan "gunung", tidak serta merta menjadikan negara itu penghasil atau pemilik cadangan emas terbesar di dunia.

Bahkan Kongo tidak termasuk dalam sepuluh besar negara penghasil dan pemilik emas di dunia. Bukan emas Kongo yang terkenal, tapi berlian! Jangan heran, Kongo kaya akan berlian.

ADVERTISEMENT

Operasi penambangan berlian Kongo sangat menguntungkan. Nilai ekonomi sektor ini diperkirakan mencapai triliunan dolar. Menurut data United States Geological Survey (USGS), cadangan berlian Kongo mencapai 150 juta karat. Jika dikonversikan ke unit lain setara dengan 33 ton.

Kongo adalah negara kedua dengan cadangan penambangan intan terbesar setelah Rusia. Peringkat pertama adalah "negeri beruang merah", dengan cadangan berlian 650 juta karat.

Urutan ketiga hingga kelima adalah Botswana, Afrika Selatan, dan Australia, dengan cadangan ketiga negara ini masing-masing mencapai 90 juta karat, 54 juta karat, dan 39 juta karat.

Cadangan Berlian Dunia

Menurut catatan, total cadangan berlian global mencapai 1 miliar karat. Artinya, Kongo menyumbang hampir 15% dari total cadangan dunia.

Ketiganya, bersama dengan Rusia dan Boswana, menguasai hampir 90% dari total cadangan berlian dunia. Dari sudut pandang produksi, Kongo memiliki produksi tahunan sebesar 12 juta karat, peringkat ketiga di dunia.

Rusia dan Australia menduduki peringkat pertama dan kedua, dengan total keluaran produk masing-masing mencapai 19 juta karat dan 13 juta karat.

Selain ditambang, intan juga bisa diproduksi di laboratorium. Dibandingkan dengan berlian natural dengan ukuran dan kualitas yang sama, harga berlian ini setidaknya 25% lebih rendah dari harga berlian natural.

Namun, sebagian besar konsumen masih lebih memilih berlian alam karena pasokan berlian buatan laboratorium relatif sedikit.

Selama bertahun-tahun, negara atau kawasan utama telah mempertahankan hasil tahunan lebih dari satu juta karat dan telah berada di posisi terdepan di dunia.

Namun seperti dilansir situs learnbonds.com, kondisi penambangan juga sulit di beberapa negara atau kawasan, karena daerah terpencil telah menghentikan aktivitas penambangan.

Secara keseluruhan, tingkat produksi tambang global terus melambat. Ini membuktikan bahwa intan alam adalah sumber daya yang terbatas, kecuali ada penemuan baru.

Penambang sekarang beralih ke teknologi canggih dan teknologi pertambangan bawah tanah untuk memperpanjang umur tambang tertentu.

Dengan teknologi ini, beberapa tambang yang sebelumnya ditutup kembali beroperasi.

Baca juga artikel seputar Berita atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Gak Nyangka Banget! 7 Video YouTube dengan Views Terbanyak Sepanjang Masa

16 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.6.4 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Artis Indonesia yang Nikah Sama Pemuka Agama | Adem Ayem Dunia-Akhirat

5 Kisah Cinta Pro Player Paling Heboh, Kekerasan & Perselingkuhan!

ARTIKEL TERKAIT

Inilah Republik Sakha, Gudang Berlian Super Dingin di Rusia!

Mengenal Ambergris, Muntahan Paus Bernilai Miliaran Rupiah yang Langka dan Bikin Kaya

Sama Seperti Bumi, Ternyata di Bulan Banyak Sampah | Sampah Alien?

10 Alasan Konyol Ini Bikin Pesawat Delay, Gara-Gara Kentut Sampai Kabel Digigit Tikus!

Suku Mante, Leluhur Suku Aceh yang Masih Hidup Sampai Sekarang

20+ Postingan dan Chat Driver Ojol Lucu, Antara Ngakak dan Bikin KZL!

undefined
Kembali Keatas