10 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal + Tempat Mencarinya, Biar Gak Bokek Terus!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 05 Maret 2021, 14:00
Sedang banyak waktu luang? Daripada nganggur, mending coba kerja sampingan online saja untuk nambah uang jajan kamu (Update 2021)

Apakah kamu adalah seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi? Daripada kebanyakan bengong, mending coba cari pendapatan tambahan dengan kerja sampingan online saja!

Kerja sampingan bisa jadi solusi buat kamu yang sudah bekerja tapi masih merasa gaji yang diterima belum cukup. Kalau kamu kini tengah menganggur dan punya banyak waktu luang, solusi ini juga pas untuk kamu.

Di era digital seperti sekarang, lapangan pekerjaan menjadi semakin luas. Apalagi, hampir semua bidang pekerjaan bisa kamu lakukan secara remote atau online.

Kerja sampingan online tidak terbatas ruang dan waktu. Wilayah kerja kamu pun menjadi lebih luas. Misalnya kamu ada di Jakarta dan kerja sampingan sebagai penulis, bisa saja kamu mendapat orderan job dari Kalimantan.

Lalu, apa saja kerja sampingan online yang bisa kamu coba? Jaka akan berikan beberapa rekomendasi kerja sampingan yang berpontensi dan mudah untuk dilakukan. Simak daftar ini ya!

1. Penulis Freelance

Kalau kamu punya hobi menulis, coba saja jadi penulis freelance. Banyak media online yang membutuhkan kontributor atau penulis lepas untuk website mereka.

Selain itu kamu juga bisa mencari job untuk penulis di beberapa situs freelancer. Job penulis ini biasanya datang dalam bentuk sebuah projek.

ADVERTISEMENT

Biasanya, job penulis freelance dibayar sesuai dengan jumlah artikel yang di-submit atau pun jumlah kata per artikel. Cocok buat kamu, deh!

2. Reseller Online Shop

Menjadi reseller tidak butuh punya produk atau toko online sendiri. Reseller artinya kamu menjual ulang produk dari toko online milik orang lain.

Jadi tidak perlu repot memproduksi barang dan membuka toko sendiri. Cukup modal HP dan kuota, kamu bisa mulai berjualan. Ragam produknya juga banyak, kamu bisa pilih sesuai minat saja.

Kalau bener-bener gak punya modal sama sekali, kamu bisa coba jadi dropshipper. Dropshipper adalah upaya menjualkan produk milik orang lain, namun kamu gak perlu menyetok barang terlebih dahulu.

3. Desainer Lepas

Kerja sampingan ini cocok untuk kamu yang jago desain, geng. Banyak perusahaan juga yang lebih suka mencari jasa desainer freelance untuk projek mereka.

Di Instagram banyak juga desainer yang membuka jasa desain edit foto agar lebih artsy. Kamu bisa meniru langkah itu, atau bisa juga mencari job di situs untuk para freelancer.

Apalagi, saat ini sudah banyak banget aplikasi desain terbaik di Android maupun di PC. Pekerjaanmu pun bakal lebih mudah dilakukan.

4. Penerjemah

Nah kalau kerja sampingan online yang satu ini ditujukan untuk kamu yang punya kemampuan bahasa bagus. Biasanya banyak job menerjemahkan baik artikel maupun buku.

Bukan cuma bahasa Inggris saja, lho. Beragam bahasa lain juga dibutuhkan, seperti Jepang, Jerman, Korea, Mandarin, dan lain-lain.

Berbekal kamus online dan tekun, kamu dijamin bisa mengerjakan tanggung jawabmu dalam kerja sampingan online satu ini. Berani coba?

5. Admin Sosial Media

Kegiatan kamu cuma tiduran dan scrolling sosial media? Kenapa tidak coba cari pekerjaan sampingan online jadi admin sosmed saja?

Setiap harinya kamu akan berkutat dengan sosial media, jadi tidak perlu adaptasi yang sulit. Kalau mau coba pekerjaan ini kamu harus punya kreativitas tanpa batas agar konten yang dibuat berkualitas.

Kemampuan desain grafis dan menulis copy yang baik merupakan modal utama bagi kamu yang ingin jadi admin media sosial.

6. Jualan Online

Kalau kamu punya sedikit uang dan pengen menggandakan uang kamu, kamu bisa mencoba peruntungan menjadi pedagang online, geng.

Kamu bisa berjualan lewat media sosial seperti Instagram, ataupun lewat toko online. Kerja sampingan online lewat HP ini pastinya lebih praktis dibanding jualan konvensional.

Saat ini, sudah banyak banget marketplace online yang bisa dengan mudah mempertemukanmu dengan pembeli potensial. Kalau tekun dan kreatif, dijamin bisnismu sukses, deh!

7. Data Entry

Kalau kamu sedang mencari pekerjaan sampingan online yang mudah dan banyak dicari, kamu bisa coba menjadi Data Entry, geng. Bermodal laptop, kamu bisa mendapatkan uang yang cukup menjanjikan dengan menginput data online.

Jenis pekerjaan Data Entry pun beragam. Mulai dari mengetik, merekam suara, hingga melakukan transkrip, dan apapun sesuai kebutuhan klien.

Pekerjaan ini juga nggak membutuhkan skill spesifik, kok. Yang diperlukan hanyalah ketelitian dalam membaca dan menginput dana, serta keahlian dasar komputer.

8. Influencer

Sering liat influencer di media sosial yang mempromosikan barang dagangan seseorang? Asal kamu tahu saja, bayaran mereka per postingan bisa sama dengan gaji karyawan selama sebulan, lho!

Kalau kamu pede dan mampu menarik perhatian orang, kamu bisa coba menjadi selebgram, geng. Apalagi kalau kamu good looking, dijamin cepet, deh!

Pekerjaan ini memang gak butuh skill khusus, namun dibutuhkan keberuntungan untuk bisa jadi terkenal dan kaya raya.

9. Streamer Game

Hobi main game? Kalau begitu pekerjaan sampingan online satu ini cocok buat kamu, geng. Streamer game saat ini pun menjadi karier yang menjanjikan.

Bermodal skill serta perangkat bermain game seperti konsol atau PC gaming, kamu bisa memulai menjadi streamer. Lebih kece lagi kalau kamu punya kemampuan edit video.

Platform streaming game pun kini sudah banyak banget. Mulai dari Twitch, Facebook Gaming, dan masih banyak lagi. Tertarik?

10. Jasa Titip (JasTip)

Jasa Titip atau JasTip bisa jadi solusi pekerjaan online sampingan untuk kamu yang ngekos di luar kota ataupun luar negeri.

Misalkan kamu kuliah di Amerika. Kamu bisa membuka jasa titip untuk teman-teman kamu yang ingin membeli barang dari Amerika.

Daripada beli lewat eBay atau Amazon yang pajaknya mahal, mending nitip kamu aja, geng. Kamu bisa membuka jasa ini secara online lewat media sosial.

Rekomendasi Tempat Mencari Kerja Sampingan Online

Tertarik dengan pekerjaan-pekerjaan sampingan di atas? Kalau kamu tertarik, kamu bisa kunjungi situs-situs penyedia lowongan freelance saja.

Jangan khawatir, Jaka punya rekomendasi 4 website kerja freelance terbaik untuk kamu, kok! Simak di bawah ini ya, geng.

1. Sribulancer

Situs cari kerja sampingan yang pertama adalah Sribulancer. Di dalam situs ini sudah ada lebih dari 11 ribu perusahaan besar yang memasang lowongan freelance.

Kamu bisa mencari beragam pekerjaan sesuai dengan kemampuan. Selain itu kamu juga dapat mengajukan biaya atau tarif untuk tiap pekerjaan yang ingin kamu ambil.

2. Student Job

Kalau kamu masih sekolah atau kuliah, coba cari kerja sampingan di Student Job aja, geng. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa kamu pilih.

Mulai dari part time, magang, dan freelance. Ada lebih dari 500 ribu orang yang memakai layanan ini. Dijamin deh, pekerjaan di situs ini aman dan terjamin.

3. Freelancer Indonesia

Freelancer jadi rekomendasi tempat untuk cari kerja sampingan yang kedua. Ada banyak pekerjaan mulai dari projek kecil-kecilan sampai projek jangka besar yang bisa kamu ambil.

Cukup daftar dan isi profil lengkap, kamu bisa langsung mencari kerja sampingan yang sesuai. Kamu bisa mengaskes Freelancer dengan mudah dari smartphone kamu karena sudah ada aplikasi khususnya.

Freelancer - Hire & Find Jobs 3.0.3
Apps Productivity Freelancer.com
DOWNLOAD

4. Projects.co.id

Situs cari kerja sampingan selanjutnya adalah Projects. Selain bisa menemukan beragam pekerjaan atau proyek, situs ini juga menyediakan layanan jual beli produk digital lho.

Produk yang diperjualbelikan berupa aplikasi, software, game, template, dan lain-lain.

Akhir Kata

Itu dia tips kerja sampingan online dan tempat cari kerja sampingan dari Jaka. Saran Jaka yang terakhir adalah, ketika kamu melakukan kerja sampingan maka kamu harus disiplin dengan diri kamu sendiri.

Karena dalam pekerjaan ini tidak ada pengawas yang memperhatikan kamu secara langsung, kamu harus lebih bertanggung jawab ya! Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel seputar Kerja Sampingan atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT

10 Website Lowongan Kerja Paling Terpercaya di Indonesia

10 Situs Berguna yang Harus Diketahui Setiap Freelance Writer

5 Software Ini Wajib Dimiliki Setiap Freelancer

Jangan Tinggalkan Interview Kerja Tanpa Mengajukan 3 Pertanyaan Ini

undefined
Kembali Keatas