Begini Cara Cek Tagihan PBB Online, Nggak Perlu ke Kantor Pajak!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 17 Maret 2021, 12:30
Cek tagihan PBB online bisa dilakukan melalui cara-cara di bawah ini! Kamu bisa langsung tahu jumlah tagihan PBB tanpa harus ke kantor pajak, lho.

Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, wajib bagi kita untuk membayar pajak, termasuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Untungnya, saat ini kamu bisa cek tagihan PBB online, sehingga kamu nggak perlu datang ke kantor pajak setempat.

Kalau kamu nggak membayar tagihan PBB sesuai waktu yang ditentukan, maka pajak akan ditagihkan kembali menggunakan Surat Paksa.

Kalau masih belum dibayar juga, maka kamu harus membayar pajak beserta denda administrasi. Pasti kamu nggak mau, kan, mengalami kejadian tersebut?

Oleh karena itu, manfaatkan saja layanan cek PBB online. Sistem ini pun sudah terintegrasi dengan data yang ada di kantor pajak. Sehingga hanya berbekal smartphone dan terhubung ke ke internet, kamu bisa langsung membayar tagihan PBB.

Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini, teknologi banyak membantu kebutuhan manusia. Salah satunya melalui aplikasi desain rumah yang dapat memudahkan kamu dalam merancang rumah impian.

Tapi, rumah bukan hanya untuk didesain dan dihuni, geng. Ada kewajiban yang harus kamu laksanakan ketika sudah memiliki rumah, yaitu membayar tagihan PBB.

Nah, sebelum Jaka menjelaskan cara lihat tagihan PBB online, apakah kamu sudah tahu apa itu PBB? Kalau belum, lebih baik kamu simak pengertiannya berikut ini.

ADVERTISEMENT

Apa Itu PBB?

Sumber foto: Laois Today

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak yang dikenakan terhadap bumi dan/atau bangunan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1985; Mengenai Pajak Bumi dan Bangunan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1994.

Berdasarkan dua Undang-Undang tersebut, subjek pajak adalah orang atau badan yang secara nyata mempunyai hak, memiliki, dan memperoleh manfaat atas bumi dan/atau bangunan yang menjadi objek pajak.

Sementara itu, subjek pajak yang dikenakan kewajiban membayar pajak disebut sebagai wajib pajak.

Nah, wajib pajak yang telah menerima Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT), Surat Ketetapan Pajak (SKP), dan Surat Tagihan Pajak (STP) dari Kantor Pelayanan PBB harus melunasinya tepat waktu.

Untungnya, saat ini pembayaran tagihan PBB bisa dilakukan secara praktis melalui aplikasi belanja online, yaitu Tokopedia. Tapi sebelumnya, kamu harus cek tagihan PBB online terlebih dahulu supaya tahu besaran pajak yang harus dibayar.

Cara Cek Tagihan PBB Online

Sumber foto: New York Post

Demi memudahkan dan mengajak masyarakat untuk lebih taat membayar pajak. Pemerintah daerah di berbagai kota di Indonesia telah membuat layanan untuk melihat tagihan PBB online sekaligus membayarnya.

Cara ini dilakukan melalui website pembayaran pajak yang dikelola oleh pemerintah daerah masing-masing. Kalau kamu belum tau alamat website-nya, kamu bisa buka aplikasi browser terbaik di PC atau smartphone, lalu ketik "cek PBB online (nama daerahmu)" pada mesin pencarian.

Supaya kamu nggak perlu repot mencarinya, berikut adalah cara cek tagihan PBB online di beberapa kota di Indonesia. Siapa tahu salah satunya ada kota tempat tinggalmu, geng.

1. Cek Tagihan PBB Online Jakarta

Bagi kamu warga DKI Jakarta, mengecek PBB online bisa dilakukan melalui website Pajak Online yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jakarta.

Berikut cara cek tagihan PBB online wilayah Jakarta:

  1. Akses website Pajak Online di alamat https://pajakonline.jakarta.go.id/esppt.
  2. Pilih menu Informasi SPPT PBB.
  3. Isi Nomor Objek Pajak (NOP) dan NIK.
  4. Kalau mau cetak SPPT PBB, pilih menu Daftar E-SPPT PBB online.
  5. Isi data wajib pajak, data objek pajak, dan data pengunduh.

2. Cek Tagihan PBB Online Depok

Sementara bagi kamu yang berdomisili di Kota Depok, kamu bisa mengunjungi website Sistem Informasi Cek Objek Pajak PBB Kota Depok.

Keuntungan dari website ini adalah tampilannya yang sederhana, sehingga semua pengunjung bisa menggunakannya dengan mudah. Berikut panduannya:

  1. Buka situs Sistem Informasi Cek Objek Pajak PBB Kota Depok yang dapat diakses di sini.
  2. Masukkan NOP, klik Menuju untuk cek PBB online Depok.

Selanjutnya, informasi yang kamu butuhkan pun akan muncul di layar. Mudah, bukan?

3. Cek Tagihan PBB Online Kabupaten Bogor

Bagi kamu yang ingin cek tagihan online Bogor, khususnya untuk wilayah Kabupaten Bogor, kunjungi saja alamat website Pelayanan Pajak Kabupaten Bogor, geng. Berikut panduan lengkapnya:

  1. Buka tab Pelayanan, pilih menu Pajak PBB.
  2. Klik pada opsi PBB Online. Nantinya, kamu tinggal ikuti petunjuk yang tertera.

4. Cek Tagihan PBB Online Yogyakarta

Bergeser ke wilayah Jawa Tengah, kali ini kamu bisa mengecek tagihan PBB online Yogyakarta melalui laman Informasi Pajak PBB milik Bank BPD DIY. Berikut panduan lengkapnya:

  1. Masukkan NOP, tahun pajak, dan kode verifikasi yang tertera di sana.
  2. Klik Proses.

5. Cek Tagihan PBB Online Surabaya

Ingin cek PBB online Surabaya? Bisa banget, geng. Kamu cukup mengakses website PBB Online yang dikelola oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Surabaya. Berikut panduannya:

  1. Kunjungi alamat http://pbb.bpkpd.surabaya.go.id/{:rel=nofollow}.
  2. Pilih menu e-SPPT untuk cetak SPPT PBB online.
  3. Untuk membayar tagihan PBB, buka tab Layanan, lalu klik menu Pembayaran Online.

Uniknya, kode CAPTCHA pada website ini bukan berupa kombinasi angka dan huruf seperti pada berbagai website lain, melainkan perhitungan perkalian. Bisa sekalian mengasah otak, nih.

Cek Tagihan PBB Online Lewat Aplikasi

Sumber foto: LinkedIn

Selain mengecek online melalui website pembayaran pajak yang disediakan oleh masing-masing pemerintah daerah, kamu juga bisa melakukannya melalui aplikasi di Play Store.

Beberapa pemerintah daerah memang sudah membuat aplikasi khusus untuk cek tagihan PBB, termasuk jika ada denda yang harus dibayar. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah iPBB.

Sayangnya, aplikasi yang dikembangkan oleh openSIPKD ini belum bisa digunakan untuk cek tagihan PBB online nasional. Hanya wajib pajak dengan objek pajak di wilayah-wilayah berikut yang bisa memanfaatkannya.

Nah, kalau kamu nggak tinggal di salah satu daerah di atas, jangan khawatir, geng. Tersedia banyak aplikasi serupa di Play Store yang juga memberikan layanan untuk melihat tagihan PBB online.

Misalnya, ePPB Kabupaten Bogor, e-PPB Kabupaten Sidoarjo, iPBB Kabupaten Bekasi, iPBB Kabupaten Tangerang, Sleman Mobile PBB, Layanan PBB P2 Kab. Malang, e-PBB Kab. Tegal, dan banyak lagi.

Kalau masih nggak menemukan aplikasi untuk wilayah tempat tinggalmu, maka kamu bisa cek PBB online melalui Tokopedia dan Traveloka.

Cek Tagihan PBB Lewat SMS

Sumber foto: The Red Ink

Solusi jika kamu nggak bisa mengecek tagihan PBB secara online adalah dengan melakukannya melalui SMS.

Oleh karena itu, jika kamu sedang nggak memiliki kuota internet, kamu tetap bisa mengecek tagihan PBB. Berikut panduannya:

  1. Ketik PBB<spasi>NomorObjekPajak<spasi>TahunPajak.
  2. Kirim ke nomor 081317872525.

Oh iya, sebelumnya, pastikan bahwa kamu punya pulsa yang mencukupi, ya.

BONUS: Cara Bayar PBB Secara Online

Saat ini, pembayaran pajak PBB sudah bisa kamu lakukan secara online, apalagi seiring berjalannya waktu, penyedia layanan bayar PBB via online makin menjamur seperti BCA, BRI, Mandiri, Indomaret, dan Tokopedia.

Semakin mudah dan banyak cara untuk bayar PBB secara online juga sangat membantu kamu bayar pajak PBB tepat waktu.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengecek artikel Jaka yang berjudul Cara Bayar PBB Online Terbaru & Terlengkap.

Cara Bayar PBB Online Terbaru & Terlengkap 2021 | Lewat Indomaret & Tokopedia Bisa!
Bebas pilih cara bayar PBB online lewat ATM, mobile banking, Indomaret, atau Tokopedia! Sini, Jaka kasih tahu cara bayar pajak PBB online terbaru dan terlengkap!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu dia cara cek tagihan PBB online yang bisa kamu lakukan melalui website resmi masing-masing daerah di Indonesia, atau melalui aplikasi di Play Store.

Kalau keduanya masih nggak tersedia untuk kota tempat tinggalmu, kamu bisa kirim SMS ke nomor yang sudah Jaka berikan di atas.

Dengan demikian, kamu nggak perlu bingung ketika harus cek tagihan PBB sekaligus melakukan pembayaran. Ingat, geng, jangan sampai telat membayar PBB supaya kamu nggak dikenai denda.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Berjualan di Shopee, Lazada, dan Tokopedia | Cocok Untuk Pemula!

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking | Lebih Aman Mana?

3 Cara Bayar BPJS yang Paling Mudah Dilakukan

Cara Membuat e-KTP Online 2020, Tutorial Lengkap dan Gampang!

Cara & Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja | Mudah!

undefined
Kembali Keatas