Apa Itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap + Cara Mendapatkannya | Bisa Gratis?

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 20 Maret 2021, 15:30
Apa itu Bitcoin dan bagaimana cara mendapatkannya? Semuanya bisa kamu cari tahu lewat pembahasan seputar Bitcoin berikut ini.

Kamu ingin memulai investasi Bitcoin? Memangnya sudah tahu apa itu Bitcoin (BTC)?

Sama halnya seperti saat memulai investasi saham, kamu harus belajar investasi Bitcoin dulu sebelum memulainya.

Apalagi, Bitcoin juga sama-sama memiliki risiko tinggi, sehingga kamu perlu lebih berhati-hati saat terjun ke dalamnya.

Nah, buat kamu yang tertarik, kali ini Jaka ingin membahas mengenai apa itu Bitcoin dan pembahasan terkait lainnya yang bisa kamu pelajari. Yuk, perhatikan baik-baik!

Apa Itu Bitcoin?

Sumber foto: CNN Indonesia

Bitcoin adalah salah satu jenis mata uang kripto (cryptocurrency) yang digunakan untuk bertransaksi secara virtual di internet, tanpa melalui pihak ketiga atau perantara seperti bank.

Sederhananya, Bitcoin merupakan versi digital dari uang tunai yang proses transaksinya berlangsung secara peer-to-peer (P2P), yaitu dari pengirim ke penerima.

Namun, setiap transaksi Bitcoin tetap dicatat dalam buku besar yang didistribusikan publik yang disebut blockchain. Blockchain adalah sistem pencatatan atau basis data yang tersebar luas di internet yang digunakan untuk mencatat transaksi cryptocurrency.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, walaupun berfungsi sebagai alat pembayaran, tetapi Bitcoin tidak memiliki wujud fisik seperti mata uang fiat. Bitcoin juga menggunakan kriptografi untuk menyediakan berbagai fungsi keamanan dasar.

Dengan begitu, mata uang digital satu ini hanya dapat digunakan oleh pemiliknya saja dan tidak dapat digunakan untuk lebih dari satu kali transaksi.

Selain itu, Bitcoin juga tidak diatur dan dipengaruhi oleh regulasi pemerintah atau lembaga keuangan manapun.

Bitcoin juga tidak bergantung pada satu penerbit utama seperti mata uang lain pada umumnya, melainkan menggunakan database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari jaringan P2P ke jurnal transaksi.

Menilik sejarahnya, Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto yang merupakan nama samaran dan diluncurkan ke publik secara open source pada tahun 2009 silam.

Transaksi pertama Bitcoin dilakukan oleh Satoshi ke seorang programmer bernama Hal Finney, yaitu sebesar 10 Bitcoin.

Hingga pada tahun 2010, Satoshi berhenti mengembangkan Bitcoin dan menyerahkannya ke Gavin Andersen yang saat ini merupakan pimpinan developer di Bitcoin Foundation.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Gimana, tertarik untuk memiliki Bitcoin sebagai salah satu aset digital dengan profit menjanjikan?

Berbicara soal ini, ada dua cara mendapatkan Bitcoin yang bisa kamu lakukan saat ini. Pertama, dengan melakukan Bitcoin mining. Kedua, dengan membelinya di ritel penjual Bitcoin.

1. Bitcoin Mining

Sumber foto: Sholarlyoa

Apa itu Bitcoin mining? Bitcoin mining adalah aktivitas menambang Bitcoin yang ada di dunia dengan cara memecahkan sandi-sandi rumit Bitcoin.

Seperti yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya, setiap transaksi Bitcoin berlangsung secara peer-to-peer yaitu dikirimkan langsung dari pembeli kepada penjual.

Dan setiap Bitcoin yang dikirimkan tersebut memiliki sandi rumit yang harus dipecahkan sebagai proses memverifikasi transaksi Bitcoin.

Pada saat itulah penambang (miners) bekerja dan mendapatkan imbalan berupa Bitcoin baru.

Akan tetapi, untuk menjadi miners Bitcoin diperlukan komputer berspesifikasi tinggi dengan hardware yang harganya mencapai ratusan juta. Jadi, nggak heran kalau imbalan berupa Bitcoin tersebut memang layak mereka dapatkan.

2. Membeli dari Exchanger Resmi

Sumber foto: Duwitmu

Selain dengan teknik Bitcoin mining, Bitcoin juga bisa didapat dengan membelinya langsung dari exchanger resmi atau ritel-ritel penjual Bitcoin.

Meskipun saat ini harga Bitcoin sedang melambung tinggi dan bahkan menyentuh sekitar Rp829 juta (19/03), tapi kamu bisa kok membeli Bitcoin dalam bentuk pecahan dengan modal mulai dari Rp100 ribu saja.

Saat ini, ada banyak aplikasi ataupun situs resmi yang memperdagangkan Bitcoin, termasuk salah satunya Bitcoin.co.id yang telah terdaftar di Bappebti dan Kominfo.

Namun, buat kamu yang nggak punya modal, kamu juga dapat berpotensi mendapatkan Bitcoin gratis lewat cara-cara yang sudah Jaka jelaskan di artikel berikut:

5 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis Di Android | Cepat & 100% Berhasil!
Mau tahu cara mining Bitcoin gratis dan bikin kamu mendadak kaya? Jaka sudah rangkum kumpulan cara menambang Bitcoin gratis di HP Android. Wajib coba!
LIHAT ARTIKEL

Karakteristik Bitcoin

Sumber foto: Majalah CSR

Selama ini mungkin ada sebagian dari kamu yang menganggap bahwa semua jenis mata uang digital sama saja. Padahal, hal tersebut tidaklah benar, lho!

Setiap mata uang digital pun memiliki karakteristik khusus, termasuk salah satunya Bitcoin. Nah, berikut adalah beberapa karakteristik Bitcoin yang bisa kamu pelajari.

Kelebihan dan Kelemahan Bitcoin

Sumber foto: Suara

Sama halnya seperti mata uang digital Ethereum, Bitcoin juga memiliki sejumlah kelebihan dan kelemahan. Hal ini cukup wajar, karena memang nggak ada mata uang jenis apa pun itu yang hanya menawarkan kelebihan tanpa kekurangan.

Namun, apa saja kelebihan dan kelemahan dari Bitcoin? Kamu bisa simak selengkapnya berikut ini.

Kelebihan Bitcoin

Bingung menentukan pilihan untuk berinvestasi pada instrumen mata uang Bitcoin atau jenis lainnya?

Daripada bingung terus, coba deh kamu kenali beberapa kelebihan Bitcoin berikut ini dan coba bandingkan dengan jenis kripto lainnya yang kamu incar.

Kelemahan Bitcoin

Nggak melulu soal kelebihan, Bitcoin juga memiliki sejumlah kelemahan yang perlu dijadikan bahan pertimbangan.

Misalnya saja beberapa kelemahan Bitcoin yang ada pada poin-poin berikut ini:

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan lengkap tentang apa itu Bitcoin hingga cara mendapatkannya yang bisa kamu coba lakukan.

Serupa dengan jenis mata uang kripto lainnya, ternyata Bitcoin juga memiliki kelebihan dan kelemahan yang patut kamu perhitungkan sebelum membelinya.

Apalagi, dengan tingkat risikonya yang juga tinggi, sehingga kurang bijak rasanya kalau kamu membeli Bitcoin karena hanya melihat dari sisi keuntungannya saja.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT

Ethereum: Pengertian, Sejarah Harga, & Cara Menambangnya: Bisa Cuan Besar?

Cryptocurrency: Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kelemahannya, Haram atau Halal?

Saingi Bitcoin, BI Akan Terbitkan Central Bank Digital Currency

15 Aplikasi Investasi Terbaik untuk Pemula, Mudah dan Terpercaya!

Hati-Hati! Inilah 7 Risiko & Keuntungan Investasi Saham

Pengertian Indeks Saham, Fungsi, dan Jenisnya | Sudah Tahu?

undefined
Kembali Keatas