Cara Menyembunyikan File dalam File JPEG

Cara Menyembunyikan File dalam File JPEG

Ditulis oleh Febri tanggal 21 December 2012

Terdapat berbagai cara menyembunyikan file di komputer. Hal ini bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan file penting yang tidak ingin diketahui orang lain. Kamu bisa merubah atribut file agar tidak terlihat tanpa menggunakan metode tertentu. Selain merubah atribut file untuk menyembunyikan file, kamu juga bisa membuat password atau melakukan enkripsi data.

Cara lain untuk menyembunyikan file adalah dengan menyembunyikan file dalam gambar berformat JPG. Cara ini cukup sederhana dan mudah dilakukan. Kamu hanya memerlukan aplikasi kompresi file/ file compressor seperti WinZip, WinRAR atau 7-Zip dan perintah DOS dari sistem operasi Windows.

Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa menyembunyikan berbagai jenis file, mulai dari text, music, video, gambar dan sebagainya tanpa harus pusing menggunakan code program, enkripsi dan hal teknis lainnya.

Cara Menyembunyikan File Menggunakan 7-Zip dan DOS Command

  • Buat sebuah folder pada drive D dengan nama Tes (kamu bisa menggunakan nama folder apa saja).
  • Copy semua file yang ingin kamu sembunyikan dan copy sebuah file gambar berformat JPG pada folder yang baru saja kamu buat.
  • Perhatikan ukuran asli file-gambar.jpg.
  • Drag semua file kecuali file gambar, klik kanan file tersebut dan buat archive dari file-file tersebut. Pada contoh, JalanTikus menggunakan 7-Zip dan mengkompressnya dalam bentuk ZIP dengan nama test.zip. Kamu bisa menggunakan format lain seperti .RAR yang merupakan hasil kompresi default WinRAR.
  • Buka DOS Command dengan cara klik tombol Start, Run, kemudian ketik CMD dan tekan enter.
  • Ketik copy file-gambar.jpg + test.zip file-gambar.jpg</strong> dan kemudian tekan enter.
  • Lihat kembali folder test dan lihat kapasitas file-gambar.jpg yang sebelumnya hanya berkisar 6.05 KB sekarang menjadi 6.15 MB. Hal tersebut menunjukkan kalauu file-text.txt dan file-mp3.mp3 sudah ada di dalam file-gambar.jpg.
  • Sekarang, coba kamu buka file-gambar.jpg dengan menggunakan aplikasi 7-Zip.
  • Kamu dapat melihat didalam file tersebut terdapat dua file yang merupakan bagian lain dari gambar. Untuk kembali melihat isi file, ekstrak ke folder lain dan buka isinya.

Metode ini sangat efektif untuk menyembunyikan file text yang berukuran lebih kecil. Jika kamu menggunakan metode ini untuk menyembunyikan file dengan kapasitas yang besar seperti video atau music, kemungkinan orang lain akan curiga karena ada kejanggalan dengan kapasitas yang terlalu besar untuk sebuah file JPG.

Nah, dengan bantuan 7-Zip kamu bisa dengan mudah menyembunyikan file tanpa perlu menggunakan program enkripsi yang rumit.

INGIN POSTING ULANG ARTIKEL INI DI WEB/BLOG KAMU?
copied!

Komentar Anda