2012-12-18 15:59:19
Cara Backup Data Hard Disk

Cara Backup Data Hard Disk

Ditulis oleh Febri tanggal 18 December 2012

Hard disk merupakan tempat kita menyimpan data-data pada komputer. Karena hard disk adalah barang elektronik, maka ada kemungkinan terjadi kerusakan yang tidak terduga. Apabila hard disk rusak, tentunya data-data yang ada di dalamnya bisa jadi hilang. Nah, untuk melindungi data yang tersimpan di hard disk, maka kamu perlu melakukan backup secara teratur.

Melakukan backup data tidaklah sulit, kamu cukup menggunakan softwareMacrium Reflect Free Edition yang dapat kamu download dan install gratis dari JalanTikus.

Macrium Reflect Free Edition adalah program utility yang cukup bagus untuk melakukan backup dan restorasi/ mengembalikan data pada hard disk. Kamu bisa melakukan backup hard disk secara keseluruhan (clone disk) atau backup terhadap salah satu partisi hard disk yang kamu inginkan kedalam bentuk file image.Fitur Macrium Reflect Free Edition :

  • Membuat disk image dari sebuag partisi atau hard disk
  • Proses pembuatan disk image dapat dijalankan saat Windows sedang digunakan
  • File Image dapat dilihat menggunakan Windows Explorer
  • Backup data yang dapat dilakukan secara terjadwal (scheduled)
  • Dapat membuat Linux Rescue CD yang support network untuk restore data
  • Support Windows XP, Windows Vista dan Windows 7, baik versi 32 bit atau 64 bit

Cara Backup Data dengan Macrium Reflect Free Edition

  • Download aplikasi Macrium Free dari JalanTikus.com dan jalankan proses instalasi.
  • Setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasi Macrium Reflect. Klik Backup > <Create Image.
  • Â Jendela Welcome to the create image wizard akan terbuka, klik Next
  • Selanjutnya pada menu Partition Selection, pilih drive atau partisi yang ingin kamu backup. Dalam contoh, backup dilakukan pada partisi C: (SYSTEM) pada Disk 2. Klik Next untuk melanjutkan.
  • Tentukan lokasi tempat penyimpanan file image (Backup Destination). Pada contoh, lokasi penyimpanan diatur pada drive E: BACKUP pada Disk1. Klik Next untuk melanjutkan.
  • Pada jendela selanjutnya, Complete > Imaging operation, kamu bisa langsung menekan tombol Finish, atau untuk melakukan pengaturan lebih lanjut klik tombol Advanced.[/img]
  • Dalam menu Advanced setting ini kamu bisa melakukan pengaturan bagaimana tingkat kompresi file image dibuat, disini terdapat 2 pilihan, yaitu:
  • - Intellegent sector copy (Recommended), yang akan membuat image file dengan hanya membackup sektor disk yang digunakan oleh file system sehingga akan menghemat ukuran file image dan mempercepat waktu backup.-Make an exact copy (clone)of the partition(s), yang akan membackup seluruh partisi (cloning) kedalam file image.

[/li]

[li]Pengaturan lainnya adalah mengenai File Size, yaitu apabila kita berniat untuk memecah (split) file image menjadi beberapa bagian (sub file). Untuk opsi Automatic, file akan dibagi-bagi dengan ukuran yang sesuai dengan  ukuran maksimum file system yang digunakan oleh partisi yang akan dibackup, misalnya untuk FAT 32 maka file backup akan dibatasi sampai maksimum 4GB per file atau kalau menggunakan NTFS ukuran maksimum per filenya adalah 16 GB.

[/li]    [li] Apabila sudah selesai klik OK dan akan muncul jendela Save Option, untuk menentukan apakah backup akan dijalankan sekarang dan apakah backup job akan disimpan dalam bentuk XML Backup Definition File. Untuk opsi ini centang aja keduanya.[/li]    [li]Selanjutnya klik OK dan tunggu sampai proses pembuatan image file selesai. Apabila telah selesai klik OK sekali lagi dan lihatlah di folder E:IMAGE-C telah terdapat file dengan ekstention .MRIMG.[/li][/list]

Proses pembuatan image file telah selesai. Dengan menggunakan langkah-langkah diatas pada pengujian kali ini, Macrium Reflect dapat membackup data pada partisi drive C yang berukuran 15,4 GB dan menghasilkan image file dengan ukuran 11,5 GB dalam waktu 11.37 menit.

Melakukan Backup Secara TerjadwalJika kamu ingin mengaktifkan scheduled backup untuk membackup data secara otomatis, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Jalankan Aplikasi Macrium Reflect Free, klik tab XML Definition File, klik kanan pada file XML yang telah kita buat dalam langkah no 9 diatas, klik Schedule.
  • Pada jendela selanjutnya, kamu dapat menjadwalkan kapan scheduled backup akan dilaksanakan.
Apabila kamu tidak memiliki space hard disk yang cukup besar, lebih baik tidak usah dilakukan terlalu sering, karena Macrium Reflect Free Edition hanya dapat membackup data secara full per partisi atau hardisk saja (tidak bisa membackup per file atau folder).

Sumber : fastncheap.com

Komentar Anda