Cara Memutar File .MKV Menggunakan Windows Media Player

Cara Memutar File .MKV Menggunakan Windows Media Player

Ditulis oleh Febri tanggal 28 November 2012

Video dengan format .MKV cukup populer belakangan ini. Format ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus dengan ukuran file yang kecil. Windows Media Player yang merupakan software pemutar media bawaan Windows umumnya dapat memutar berbagai format video dengan baik, namun sayangnya Microsoft belum menambahkan dukungan untuk MKV.

Untuk dapat memutar video dengan format MKV menggunakan Windows Media Player pada Windows 8, kamu perlu menambahkan codec yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan software pemutar media lain seperti VLC Media Player atau GOM Player yang cukup populer. Namun jika kamu tidak ingin menggunakan software selain Windows Media Player, maka kamu perlu melakukan instalasi codec untuk dapat memutar file MKV.

Ikuti link ke Windows Store, dimana kamu bisa menemukan berbagai aplikasi yang dapat mendukung file .MKV.

Untuk dapat memutar file .MKV menggunakan Windows Media Player, buka file .MKV sekali lagi dan klik “More Options”.

Pilih Windows Media Player dari daftar yang muncul.

Sebuah pesan peringatan akan muncul. Klik “Yes” untuk mengetahui apakah file .MKV tersebut dapat diputar atau tidak. Proses ini diperlukan agar Windows Media Player mengetahui bahwa file tersebut tidak dapat dijalankan sehingga membutuhkan codec tambahan.

Download codec Windows 8 untuk melanjutkan.

Tunggu hingga proses download selesai, kemudian jalankan file tersebut. Akan terdapat berbagai aplikasi tambahan yang muncul saat kamu melakukan instalasi. Kamu bisa memilih untuk menginstallnya atau tidak. Silakan tentukan pilihan sesuai keinginan kamu.

Setelah proses instalasi selesai, sebuah halaman website dan jendela pengaturan akan terbuka. Lakukan pengaturan yang sesuai dengan spesifikasi sistem operasi kamu. Jika kamu menggunakan Windows 8 64-bit, pastikan kamu menginstall komponen x64 setelah menginstall codec.

Selanjutnya, kamu bisa melakukan pengaturan codec. Bagi pengguna basic, disarankan untuk menggunakan pengaturan yang direkomendasikan dengan mencentang pilihan “Shark007 SUGGESTED settings”.

Sekarang, periksa file .MKV pada komputer kamu kembali. Icon WMP sekarang muncul pada thumbnail video tersebut, artinya file .MKV dapat diputar menggunakan Windows Media Player.

Silakan putar video .MKV untuk memastikan Windows Media Player kamu mendukung file .MKV.

INGIN POSTING ULANG ARTIKEL INI DI WEB/BLOG KAMU?
copied!

Komentar Anda