Cara Menghapus Program yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Program yang Tidak Bisa Dihapus

Ditulis oleh Deasy tanggal 27 November 2012

Apakah kamu pernah menemui software atau program yang mengganggu pada komputer kamu? Â Program atau software semacam ini bukan hanya mengganggu kinerja komputer, namun juga dapat mengganggu proses kerja yang kamu lakukan.

Terkadang, software semacam ini tidak dapat dihapus begitu saja. Kamu tidak bisa menghapus software ini dari Add/ Remove Programs secara langsung. Untuk mengoptimalkan kinerja komputer, sebaiknya software semacam ini dihapus secara total dari komputer kamu. Untuk menghapus software yang tidak dapat dihapus dengan cara biasa, silakan ikuti langkah – langkah di bawah :

Malware atau Bukan?

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pemeriksaan apakah software yang dimaksud merupakan software atau program yang mengganggu atau malahan berbahaya bagi komputer kamu. Gunakan software anti malware gratis seperti SpyBot Search & Destroy atau Malwarebytes’ Anti-Malware yang direkomendasikan oleh JalanTikus.

Download SpyBot Search & Destroy disini. Dowload Malwarebytes’ Anti-Malware disini.

Gunakan Software Uninstaller

Windows memiliki aplikasi uninstaller bawaan yang bisa kamu akses melalui Control Panel. Namun, software uninstaller dapat membersihkan keseluruhan data dan file yang mungkin tersisa dari proses uninstall biasa. Bahkan terkadang terdapat software yang tidak bisa dihapus menggunakan Add/ Remove Programs.

Software uninstaller yang direkomendasikan adalah Revo Uninstaller.

Download Revo Uninstaller disini.

Bersihkan Sisa File yang Tertinggal Sistem uninstall atau penghapusan program yang kamu jalankan kemungkinan masih meninggalkan temporary file dan registry yang tersisa. Untuk membersihkan file ini secara total, gunakan software pembersih seperti CCleaner.

CCleaner merupakan software pembersih paling populer.

Penting : Berhati – hatilah ketika melakukan pembersihan registry. Jangan berharap perubahan kecepatan komputer yang drastic setelah menjalankan CCleaner dan jangan gunakan sembarang software, gunakan hanya software terkemuka untuk menjalankan proses ini.

Pembersihan temporary file memang dapat membantu meningkatkan kinerja komputer. Namun jika komputer kamu memiliki masalah lain, penghapusan registry tidak akan banyak membantu. Selain itu, disarankan juga untuk tidak terlalu sering melakukan penghapusan/ pembersihan registry.

Download CCleaner disini.

Bersihkan Sisanya secara Manual Langkah terakhir untuk menghapus program mengganggu dari komputer kamu, yaitu dengan melakukannya secara manual. Tentu saja terdapat beberapa lokasi yang perlu kamu bersihkan. Umumnya, lakukan pembersihan secara manual didalam folder AppData, Documents atau Programs. Gunakan fitur Windows Search untuk membantu kamu menemukan sisa -sisa file yang perlu dibersihkan.

Untuk memudahkan proses ini, kamu bisa menggunakan program Everything yang dapat melakukan pencarian data pada komputer kamu.

Kesimpulan 4 langkah di atas adalah cara untuk menghapus program yang tidak bisa dihapus dengan cara biasa menggunakan Add/ Remove Programs. Umumnya, kamu cukup menggunakan Revo Uninstaller dan CCleaner saja, namun kamu juga dapat melakukan langkah terakhir untuk memastikan program tersebut sudah terhapus bersih.

Komentar Anda