2012-10-29 14:58:18
Cara Menghapus Virus Autorun.inf

Cara Menghapus Virus Autorun.inf

Ditulis oleh Febri tanggal 29 October 2012

Pernahkah kamu menerima pesan error "Autorun.exe not found" ketika membuka folder gambar atau video dari kartu memori? Hal ini berarti kartu memori dan komputer kamu terinfeksi virus autorun.inf.

Masalah ini sangat umum ditemui ketika kamu ingin mengkses kartu memori, baik pada kamera digital, handycam dan perangkat lainnya melalui komputer.

Ketika membuka My Computer, pada folder USB drive yang kamu miliki, akan terdapat folder yang lengkap dengan ukurannya, namun tidak dapat dibuka. Virus ini dapat masuk ke dalam kartu memori kamu melalui komputer lain yang sudah terinfeksi virus.

Virus autorun.inf cukup umum ditemui dan solusinya juga tidak sulit. Ada beberapa scanner system gratis (freeware), salah satunya yang paling populer adalah Autorun Eater. Sesuai namanya, Autorun Eater dapat menghilangkan virus autorun.inf sehingga kamu tidak akan mendapatkan pesan error ketika membuka folder kartu memori menggunakan komputer.

Setelah software Autorun Eater diinstall pada komputer kamu, maka akan terdapat ikon berwarna oranye di system tray (pojok kanan bawah). Setelah ikon ini muncul, hubungkan kartu memori, kamera digital atau handycam ke USB komputer. Autorun Eater akan memindai drive USB secara otomatis dan melaporkan jika virus autorun.inf terdeteksi. Untuk menghapus virus autorun.inf dari kartu memori, kamu hanya perlu klik tombol “Hapus semua” pada jendela yang disediakan.

Setelah proses penghapusan virus dilakukan, kamu dapat melanjutkan dan menelusuri folder USB drive. Jika kamu dapat melihat folder dan file yang terdapat di dalam kartu memori atau kamera digital kamu, berarti virus berhasil dihapus. Namun, terkadang Autorun.inf mengubah atribut folder dan file sehingga menjadi tersembunyi. Bahkan terkadang pilihan "show/ hide file dan folder" dalam “Folder Option” juga tidak bekerja. Kamu harus mengubah atribut melalui Command Prompt.

Cara Mengubah Atribut Folder/ File dari Command Prompt Jalankan Command Prompt dengan mengetikkan "cmd" di kotak pencarian dari Menu Start pada Windows 7. Pada command prompt, ketik [usb drive]: untuk masuk ke dalam drive tersebut. Sebagai contoh, f: masuk ke dalam drive F (dalam kasus ini drive USB drive F). Jika kamu mengetahui nama folder yang ingin kamu ubah atributnya, maka kamu perlu mengetikkan :

attrib-r-a-s-h *. * Ini akan mengubah atribut untuk setiap folder dan setiap dan file dalam drive. Jika kamu mengetahui nama folder yang ingin kamu ubah atributnya, maka kamu juga dadapat langsung menyertakan nama folder tersebut. Sebagai contoh, jika folder yang ingin dirubah atributnya bernama “DICM”, maka kamu perlu mengetikkan

attrib-r-a-s-h dicm Sekarang folder DICM akan mulai muncul dalam drive USB dan kamu dapat menelusuri data di dalam folder itu.

Ini adalah cara untuk menghapus virus autorun.inf di komputer atau kartu memori.

Jangan lupa, kamu harus selalu waspada dan mengambil tindakan keamanan yang tepat ketika akan mengakses kartu memori atau kamera digital untuk mencegah hal seperti ini terjadi. Pastikan kamu melindungi komputer kamu dengan menggunakan software antivirus.

Komentar Anda