7 Tips Menggunakan WinRAR Secara Optimal

7 Tips Menggunakan WinRAR Secara Optimal

Ditulis oleh Febri tanggal 28 September 2012

WinRAR merupakan software kompresi file yang paling banyak digunakan untuk meminimalisir ukuran file sehingga kamu bisa lebih mudah mengirimkan file berukuran besar melalui email atau layanan file sharing di internet. JalanTikus punya beberapa tips untuk menggunakan WinRAR lebih optimal.

Aktifkan Tampilan Explorer Tampilan single panel merupakan pengaturan dasar yang kamu dapatkan ketika menjalankan WinRAR. Pada tampilan ini, kamu perlu mengakses folder satu persatu untuk membuka file yang kamu perlukan. Untuk mempermudah pengoperasian, kamu bisa mengaktifkan tampilan Explorer melalui Options > Folder Tree > Show Disk Folder. Tampilan akan berubah seperti Windows Explorer, sehingga lebih mudah bagi kamu menjelajah disk untuk mencari file.

Aktifkan Tampilan Detail Untuk mengaktifkan fungsi ini, gunakan menu Options > File List > Details.

Periksa Perhitungan Kompresi dan Waktu yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Proses Fitur yang ditawarkan WinRAR ini cukup unik. Jika kamu ingin mengkompresi struktur folder yang cukup besar, kamu bisa mengetahui perhitungan kompresi yang dilakukan dan berapa lama proses kompresi tersebut akan dijalankan oleh WinRAR.

    []Pilih satu atau beberapa file yang ingin kamu compress, kemudian cari tab Info. Klik tombol Info tersebut dan sebuah jendela dialog dengan 4 tab akan muncul.    []Pada tab pertama terdapat “
Estimate Button” yang akan memberikan perkiraan berapa persen data tersebut dikompresi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan proses kompresi.    
  • Fitur ini sangat berguna untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kompresi file yang berukuran besar.

Split File Menggunakan WinRAR Pada beberapa kasus, terdapat file yang tidak bisa dikompresi hingga kurang dari 90% ukuran aslinya dan ukuran file setelah di-compress ternyata masih terlalu besar untuk dikirim melalui email atau dimasukkan ke dalam CD. WinRAR dapat memberikan solusi untuk file ini melalui fitur split yang dapat membagi-bagi file tersebut menjadi beberapa file .rar berukuran lebih kecil. Cara Split File Menggunakan WinRAR

    []Klik kanan pada file atau folder yang ingin kamu split, kemudian pilih “
Add files to archives”.    []Di bagian bawah, terdapat menu drop-down “Split to file, bytes”. Disini, kamu bisa menentukan nilai dalam ukuran bytes, atau menggunakan format yang tersedia : 1.44 MB Floppy, CD Rom, DVD atau auto-detect. Fitur auto-detect akan memeriksa kapasitas disk yang kamu jadikan lokasi penyimpanan hasil kompresi  dan membagi (split) file/ folder  berdasarkan kapasitas yang tersedia.    
  • Sekarang, jalankan proses kompresi. Kamu bisa memilih format file sesuai dengan keinginan kamu.

Membuat Self Extracting archive Permasalahan yang mungkin sering ditemui ketika mengirimkan file dalam bentuk kompresi ke orang lain adalah jika orang tersebut ternyata tidak memiliki software untuk membuka file kompresi.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuat self extracting archive, dimana file kompresi tersebut nantinya akan menjadi semacam "file instalasi" yang dapat diakses dengan sekali klik.

    []Klik file yang ingin kamu compress, kemudian jalankan proses kompresi seperti biasa.    []Ketika proses kompresi selesai, klik pada file tersebut, kemudian klik
Tools > Convert archive to SFX    
  • Kamu juga bisa membuat file SFX dari pilihan format file yang tersedia ketika akan menjalankan proses kompresi file.

Compress and Mail WinRAR juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan file hasil kompresi secara otomatis melalui email. File tersebut akan langsung di-attach pada email setelah proses kompresi selesai. Cara Mengaktifkan Compress and Mail :

    []Buka menu
Options > Settings.    []Klik pada tab Integration.    []Klik tombol Context Menus.    []Pada jendela ini, terdapat daftar fitur yang muncul ketika kamu menggunakan klik kanan pada sebuah file.    []Centang pilihan Compress and Mail.    []Menu Compress and Mail dapat diakses melalui klik kanan. [/list]

Tentukan Folder Temporary WinRAR membutuhkan tempat sementara saat akan menjalankan kompresi file. Pada pengaturan dasar, folder ini biasanya terletak di drive C. Jika kapasitas drive C kamu terbatas, kamu bisa merubah pengaturan ini. Cara Mengganti Folder Temporary WinRAR :

    []Klik
Options > Settings.    []Buka tab Paths.    
  • Klik "Choose folder for temporary files" dan isikan folder yang kamu inginkan.

Membuat Installer untuk Windows WinRAR juga dapat membantu kamu membuat program installer mirip dengan konsep file installer untuk menginstall apapun. Fitur ini sangat berguna untuk membuat program sederhana menggunakan file dan folder yang kamu miliki sehingga tampak lebih professional.

Uji File Kompresi Sebelum di-Extract Pilihan uji file kompresi sebelum di-extract dapat kamu akses melalui klik kanan pada file yang dimaksud, kemudian klik pilihan Test Archived Files. Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin menguji apakah terdapat masalah dalam proses extract file kompresi, terutama jika file tersebut berukuran besar. Jika kamu menemukan corrupt pada file kompresi, kamu bisa coba memperbaikinya dengan klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih Repair Archive.

Komentar Anda